Comscore Tracker

5 Kemenangan Paling Mengejutkan dalam Sejarah Pembukaan Piala Eropa

Italia pecahkan rekor baru, lho!

Piala Eropa 2020 akhirnya digelar setelah sempat diundur setahun akibat pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Edisi kali ini sangat spesial karena digelar di berbagai kota di Eropa dengan format baru, yakni 24 negara berpartisipasi. Piala Eropa 2020 sendiri dibuka dengan laga Italia melawan Turki di Roma pada 12 Juni lalu.

Dalam laga pembukaan tersebut, Italia keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0 yang merupakan sebuah rekor baru. Laga pembukaan sendiri dalam sejara Piala Eropa selalu meninggalkan kesan dan cerita sendiri. Berikut ini 5 laga pembukaan paling mengejutkan dalam sejarah Piala Eropa.

1. Jerman Barat 4-2 Yugoslavia (Piala Eropa 1976)

5 Kemenangan Paling Mengejutkan dalam Sejarah Pembukaan Piala EropaTimnas Jerman menghadapi Yugoslavia di Euro 1976 (uefa.com)

Format Piala Eropa 1976 hanya mencakup empat tim dengan memainkan dua semifinal sebelum final dan pertandingan playoff tempat ketiga. Turnamen ini menampilkan dua pertandingan pembukaan pada saat yang sama. Pertama, Jerman Barat unggul telak atas Yugoslavia.

Laga ini berjalan dengan dramatis ketika Yugoslavia unggul 0-2 terlebih dahulu. Namun, Jerman Barat berhasil menyamakan skor dan memaksa laga dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu. Gerd Mueller menjadi pahlawan dalam laga itu lewat hattrick-nya yang membawa Jerman Barat menang 4-2 dan lolos ke final.

2. Cekoslowakia 3-1 Belanda (Piala Eropa 1976)

5 Kemenangan Paling Mengejutkan dalam Sejarah Pembukaan Piala EropaTimnas Belanda menghadapi Cekoslowakia di Euro 1976 (uefa.com)

Bersamaan dengan laga Jerman Barat melawan Yugoslavia, Cekoslowakia juga berhadapan dengan Belanda di pertandingan pembukaan di Piala Eropa 1976. Itu juga merupakan pertandingan yang cukup mendebarkan. Anton Ondrus mencetak gol pertama untuk Cekoslowakia di menit ke-19. Namun, dia juga menjadi tokoh antagonis ketika melakukakn gol bunuh diri di babak kedua dan memaksa babak perpanjangan waktu.

Namun, Cekoslowakia bangkit kembali lewat gol Zdenek Nehoda dan Frantisek Vasely di enam menit terakhir perpanjangan waktu untuk melaju ke final. Mereka akhirnya mengalahkan Jerman Barat untuk memenangkan kompetisi ini.

Baca Juga: 5 Negara yang Absen di Piala Eropa Selamanya, Ada Uni Soviet!

3. Yunani 2-1 Portugal (Piala Eropa 2004)

5 Kemenangan Paling Mengejutkan dalam Sejarah Pembukaan Piala EropaYunani juara Euro 2004 (uefa.com)

Piala Eropa 2004 menjadi salah satu ajang yang paling mengejutkan ketika Yunani yang merupakan tim underdog menjuarai Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah usai mengalahkan tuan rumah, Portugal. Uniknya, laga ini juga merupakan laga pembukaan Piala Eropa 2004 dan Yunani juga memenangi laga atas Portugal.

Di babak pertama, Yunani unggul lewat gol Giorgios Karagounis dengan tendangan kerasnya ketika laga baru berjalan 7 menit. Angelos Basinas mencetak gol penalti di babak kedua untuk mengubah skor menjadi 2-0. Sementara Cristiano Ronaldo membalaskan satu gol di waktu tambahan, namun itu tidak cukup untuk melepaskan Portugal dari kekalahan.

4. Prancis 2-1 Rumania (Piala Eropa 2016)

5 Kemenangan Paling Mengejutkan dalam Sejarah Pembukaan Piala EropaGol kemenangan Prancis oleh Dimitri Payet (telegraph.co.uk)

Berstatus sebagai tuan rumah Piala Eropa 2016, Prancis memulai laga pembukaan menghadapi Rumania yang tampil mengejutkan. Laga ini berjalan dramatis dan menegangkan. Prancis unggul lebih dulu lewat gol Olivier Giroud pada menit ke-57, namun Rumania berhasil menyamakan angka delapan menit kemudian lewat gol penalti Bogdan Stancu.

Diprediksi bakal berakhir imbang, Dmitri Payet berhasil membuat gol kemenangan dramatis di menit ke-89 dengan indah. Prancis pada akhirnya berhasil lolos hingga final. Sayangnya mereka harus kalah dari Portugal dengan skor 1-0.

5. Italia 3-0 Turki (Piala Eropa 2020)

5 Kemenangan Paling Mengejutkan dalam Sejarah Pembukaan Piala EropaSelebrasi timnas Italia di laga pembuka (skysports.com)

Laga pembuka Piala Eropa 2020 merupakan pertandingan yang menghibur dengan Italia mendominasi semua penguasaan bola melawan Turki yang terlihat sangat defensif. Setelah babak pertama tanpa gol, Italia tampil garang di babak kedua. Ironisnya, gol bunuh diri Merih Demiral menjadi gol pertama turnamen tersebut.

Setelah itu, Azzurri mengambil alih dan mencetak dua gol lagi di babak kedua melalui Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne. Itu membantu mencatat kemenangan hari pembukaan terbesar dalam sejarah Piala Eropa dan menjadikan pasukan Roberto Mancini sebagai salah satu favorit untuk memenangkan turnamen ini.

 

Piala Eropa merupakan salah turnamen internasional paling bergengsi dan menghadirkan banyak pemain bintang dunia. Piala Eropa 2020 dimulai dengan laga pembuka yang menarik dan menjanjikan turnamen yang seru. Akankah terjadi kejutan di edisi kali ini?

Baca Juga: Mengenal Para Pelatih Tim Nasional Peserta Piala Eropa 2020

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya