Kalahkan Genoa, AC Milan Rebut Posisi Empat Besar

Forza Milan!

AC Milan akhirnya kembali masuk posisi empat besar setelah berhasil kalahkan tuan rumah Genoa dengan skor 0-2 Selasa dinihari (22/01). Dua gol Rossoneri diceploskan oleh Fabio Borini dan Suso di babak kedua.

Berkat kemenangan tersebut, AC Milan berhasil menggeser posisi AS Roma di posisi 4 dengan 34 poin, hanya unggul satu poin. Kemenangan ini menjadi sangat penting dalam upaya mereka meraih tiket Liga Champions untuk musim depan.

1. Jalannya pertandingan

Kalahkan Genoa, AC Milan Rebut Posisi Empat Besaracmilan.com

AC Milan harus bertandang ke Luigi Ferraris tanpa didampingi oleh pelatih mereka, Gennaro Gattuso yang mendapatkan suspensi akibat berkonfrontasi dengan wasit pada final Supercoppa yang lalu. Tak hanya itu, mereka pun bermain tanpa striker utama Gonzalo Higuain yang santer akan segera hengkang menuju Chelsea.

Meski dengan segala keterbatasan tersebut, AC Milan justru berhasil menampilkan performa yang impresif. Kedua tim memainkan permainan terbuka sejak awal laga. Genoa mampu tampil lebih garang di 30 menit awal melalui serangan-serangan Goran Pandev dan Daniel Bessa, namun penampilan Gianluigi Donnaruma di bawah mistar gawang membuat tuan rumah gigit jari.

AC Milan sempat mengejutkan tuan rumah melalui tendangan voli Lucas Paqueta, namun tendangannya meleset tipis ke pinggir gawang. AC Milan mampu tampil lebih menyerang di babak kedua. Namun gol pembuka baru tercipta di menit ke-72 melalui Fabio Borini setelah menerima umpan Andrea Conti.

Sebelas meit kemudian Suso memastikan keunggulan Milan atas Genoa usai menerima umpan jauh Cutrone. Gol tersebut pun menjadi penutup laga dan membuat posisi Milan naik ke peringkat 4.

Baca Juga: AC Milan Kedatangan Lucas Paqueta, Calhanoglu Akan Dijual?

2. AC Milan justru lebih baik tanpa Gonzalo Higuain

Kalahkan Genoa, AC Milan Rebut Posisi Empat Besarsoccerladuma.co.za

Gonzalo Higuain datang ke Milan di awal musim sebagai pemain pinjaman dari Juventus dan langsung diplot sebagai bomber utama di musim ini. Higuain tampil cikup meyakinkan di awal musim dengan mencetak 5 gol di Serie A. Namun sebuah penurunan performa hadir usai sang pemain melawan mantan klubnya Juventus. Dalam laga tersebut dia gagal mengeksekusi penalti dan menerima kartu merah.

Usai laga tersebut, Higuain tampak gagal move on dan tak lagi tajam. Dia bahkan harus absen dalam beberapa laga. Meski performanya menurun, Chelsea justru dikabarkan akan memboyongnya di Januari ini. Itulah yang menjadi alasan Higuain tak tampil dalam laga melawan Genoa semalam.

Uniknya. AC Milan justru tampil lebih baik saat bermain tanpa striker asal Argentina tersebut. Dari 20 laga yang telah dijalani, AC Milan bermain lima kali tanpa Higuain. Dari laga tersebut mereka memiliki catatan 3 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Rossoneri rata-rata mampu memetik 2,2 poin per laga tanpa kehadiran Higuain dengan catatan total 10 gol (rataan 2 gol per partai). Sementara itu rekor mereka justru cukup buruk saat diperkuat El Pipita. Dalam 15 pertandingan, Rossoneri cuma mendapatkan rata-rata 1,5 poin per partai dengan hasil 6 kemenangan, 5 imbang, dan 4 kali kalah. Mereka pun hanya mencatatkan rata-rata 1,8 gol per laga dengan hadirnya Higuain.

Dengan catatan tersebut, Milan seharusnya tak begitu khawatir akan kehilangan sang bomber di Januari ini.

3. Akan hadapi laga berat melawan Napoli di pekan ke-21

Kalahkan Genoa, AC Milan Rebut Posisi Empat Besarhadalsame.com

Usai menghadapi Genoa, AC Milan akan dihadapkan laga-laga berat dalam beberapa waktu ke depan. Minggu depan mereka akan menjamu tim peringkat kedua Napoli di San Siro. Laga ini akan menjadi laga yang sangat berat karena Napoli pastinya akan mengincar kemenangan demi mendekati Juvenus di puncak klasemen.

Di pertemuan pertama sendiri AC Milan harus menyerah di tangan Napoli dengan skor 3-2. Uniknya, AC Milan akan berhadapan dengan Napoli sebanyak dua kali dalam empat hari. Usai di laga Serie A, Milan akan kembali menjamu Napoli di babak perempat final Coppa Italia.

Bagi Milan sendiri, Coppa Italia adalah satu-satunya trofi yang tersisa untuk bisa mereka dapatkan di musim ini. Jika tak ingin hampa gelar di akhir musim, Milan tak punya pilihan lain selain memenangkan laga menghadapi Napoli.

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/8PJyPfIS-IY

Susunan pemain:

GENOA (4-4-2): Radu; Biraschi (73' Pereira), Zukanovic, Romero, Criscito; Romulo, Rolon, Veloso (84' Dalmonte), Bessa, Lazovic; Kouamé, Pandev (58' Favilli). 

AC MILAN (4-3-3): Donnarumma ; Abate, Musacchio, Zapata (13' Conti), Rodriguez; Paquetá, Bakayoko, Calhanoglu; Suso (88' Castillejo), Cutrone, Borini.

Baca Juga: Takluk dari Olympiakos, AC Milan Dipastikan Gagal ke Babak 32 Besar

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya