4 Pelatih Berpotensi Gantikan Stefano Pioli di AC Milan pada 2024/2025

Rossoneri ingin pelatih dengan mentalitas juara

Masa depan pelatih AC Milan, Stefano Pioli, tengah menjadi perbincangan hangat di Italia. Rossoneri dilaporkan bakal memutus kontrak sang pelatih pada musim panas 2024. Kontrak Pioli sendiri sebenarnya baru akan berakhir pada Juni 2025.

Manajemen AC Milan menilai klub perlu sentuhan baru demi terus berkembang dan mengembalikan nama besar mereka di pesepakbolaan Eropa. Di sisi lain, Performa AC Milan di bawah asuhan Pioli tak begitu konsisten pada 2023/2024. Mereka tersingkir dari Liga Champions Eropa dan Coppa Italia serta kesulitan bersaing meraih scudetto musim ini.

Catatan kurang apik ini membuat manajemen AC Milan mulai mencari pelatih baru untuk musim depan. Empat nama pelatih top tengah dipertimbangkan secara matang sebagai kandidat allenatore AC Milan musim depan. Siapa saja mereka? Mari, kita simak ulasannya!

1. Antonio Conte jadi kandidat utama

4 Pelatih Berpotensi Gantikan Stefano Pioli di AC Milan pada 2024/2025Antonio Conte (premierleague.com)

Antonio Conte menjadi kandidat favorit untuk menangani AC Milan pada musim depan. Manajemen AC Milan, yang diwakili oleh Zlatan Ibrahimovic, dilaporkan sudah melakukan kontak dengan eks pelatih Inter Milan itu. Lebih jauh lagi, Conte kabarnya sudah sepakat secara verbal atas tawaran tersebut.

Namun, kesepakatan verbal bukanlah sebuah jaminan pasti. Pasalnya, Antonio Conte juga dikaitkan dengan beberapa klub besar, seperti Barcelona, Napoli, dan Manchester United. Conte masih memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkan setiap tawaran yang masuk.

Kapasitas Conte melatih klub Serie A tidak perlu diragukan lagi. Ia mengoleksi empat trofi Serie A Italia kala menukangi Juventus dan Inter Milan. Ia juga memiliki filosofi sepak bola menyerang yang dinilai bakal cocok dengan skuad AC Milan saat ini.

2. Thiago Motta sedang naik daun sebagai pelatih muda potensial

4 Pelatih Berpotensi Gantikan Stefano Pioli di AC Milan pada 2024/2025Thiago Motta (bolognafc.it)

Kandidat pelatih AC Milan lainnya adalah Thiago Motta. Ia sedang naik daun lantaran membawa Bologna bersaing di papan atas Serie A Italia musim ini. Sang pelatih mampu memaksimalkan potensi para pemain muda. Hal positif tersebut yang membuat AC Milan tertarik untuk mendatangkannya ke San Siro.

Tawaran melatih AC Milan tentunya sangat menarik bagi Thiago Motta. Ini akan menjadi langkah besar dalam kariernya sebagai pelatih. Sebelum menangani Bologna, ia tercatat baru melatih tiga klub saja, yaitu Spezia, Genoa, dan Paris Saint-Germain U-19.

AC Milan sendiri bukan satu-satunya klub yang dikaitkan dengan Thiago Motta. Ia juga kabarnya dilirik oleh Juventus dan Barcelona. Terlepas dari ketertarikan banyak klub, Thiago Motta terlebih dulu harus membuktikan kapasitasnya dengan membawa Bologna finis di zona kompetisi Eropa pada akhir musim.

Baca Juga: Pioli di Ujung Tanduk, Ibrahimovic Jadi Pelatih Milan?

3. Graham Potter masuk dalam radar AC Milan

4 Pelatih Berpotensi Gantikan Stefano Pioli di AC Milan pada 2024/2025Graham Potter (premierleague.com)

Graham Potter dilaporkan masuk dalam radar AC Milan sebagai calon pengganti Stefano Pioli. Kabar ini digaungkan talksport yang menyebutkan bahwa Graham Potter terbuka dengan peluang tersebut. Pelatih asal Inggris ini pun sedang menganggur usai dipecat Chelsea 10 bulan yang lalu.

Namun, peluang ini terbilang kecil. Apalagi, sang pelatih belum memiliki catatan mengesankan ketika melatih klub besar. Menunjuk Graham Potter sebagai pelatih akan menjadi perjudian besar bagi AC Milan.

Pasalnya, pelatih asal Inggris tidak memiliki jejak rekam bagus kala berkarier di Italia. Pelatih asal Inggris terakhir yang menangani klub Italia adalah Roy Hodgson pada 2001 silam. Kala itu ia melatih Udinese dan bertahan hanya 5 bulan saja.

4. AC Milan juga pertimbangkan nama Julen Lopetegui

4 Pelatih Berpotensi Gantikan Stefano Pioli di AC Milan pada 2024/2025Julen Lopetegui (wolves.co.uk)

AC Milan memiliki alternatif lainnya jika gagal mendatangkan target utama, yaitu Julen Lopetegui. Dilansir dari football italia, jajaran manajemen Rossoneri cukup terkesan dengan metode kepelatihan eks pelatih Real Madrid tersebut. Ia dinilai memiliki kemampuan untuk membangun mentalitas juara tim berbasis pemain muda.

Lopetegui sendiri baru saja mengundurkan diri dari kursi pelatih Wolverhampton pada musim panas 2023 kemarin. Alasannya adalah The Wolves sedang dilanda masalah finansial. Lopetegui sendiri memiliki rekam jejak yang cukup menjanjikan dalam kariernya.

Ia pernah membawa Timnas U-19 Spanyol menjuarai Piala Eropa 2012. Sedangkan di level klub, ia sukses meraih Liga Europa 2019/2020 bersama Sevilla. Ia juga pernah menangani klub top Eropa, seperti FC Porto dan Real Madrid.

Musim 2023/2024 akan menjadi musim kelima Stefano Pioli menangani AC Milan. Sang pelatih telah mempersembahkan gelar scudetto dan membawa Rossoneri tampil di Liga Champions Eropa. Pencapaian ini tidaklah buruk, tetapi manajemen inginkan peningkatan signifikan pada musim depan. Akankah ia digantikan oleh salah satu nama di atas?

Baca Juga: Mimpi Buruk AC Milan Lawan Napoli di San Siro Tumpas

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya