4 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Thomas Tuchel di Bayern Munich

Bayern Munich baru saja alami tiga kekalahan beruntun

Nasib Thomas Tuchel sebagai pelatih Bayern Munich sedang di ujung tanduk. Dalam tiga laga terakhir di semua ajang, Die Bavaria menelan kekalahan. Dampaknya, Bayern Munich terancam gagal meraih satu pun gelar pada musim ini.

Berbagai laporan menyebutkan jika Thomas Tuchel cepat atau lambat akan dilengserkan dari kursi pelatih Bayern Munich. Beberapa nama pelatih pun mulai dikaitkan sebagai calon pengganti eks pelatih Chelsea tersebut. Siapa saja keempat nama pelatih yang berpotensi menggantikan Thomas Tuchel sebagai pelatih Bayern Munich nantinya?

1. Xabi Alonso jadi rebutan banyak klub besar Eropa, termasuk Bayern Munich

4 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Thomas Tuchel di Bayern MunichXabi Alonso (bundesliga.com)

Karier Xabi Alonso sebagai pelatih masih seumur jagung. Namun, apa yang ia tunjukkan bersama Bayer Leverkusen sangatlah luar biasa. Mereka tampil perkasa di Bundesliga 2023/2024 dengan rekor tanpa kekalahan hingga pekan ke-22. Xabi Alonso mampu menampilkan filosofi sepak bola yang dikagumi banyak pihak.

Hal ini lantas membuat ia dinilai layak menangani klub lebih besar. Bayern Munich kabarnya tertarik untuk mendatangkan mantan pemainnya itu sebagai pengganti Thomas Tuchel. Namun, peluang mereka sangat berat. Pasalnya, Liverpool juga menginginkannya sebagai suksesor Jurgen Klopp. Xabi Alonso pun kabarnya lebih tertarik kepada Liverpool jika meninggalkan Bayer Leverkusen pada musim depan. Apalagi, ia memiliki ikatan tersendiri dengan Liverpool karena ia pernah membela The Reds selama 5 musim saat berkarier sebagai pemain.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar yang Pernah Diraih Thomas Tuchel, Bantai Lawan!

2. Hansi Flick berpotensi pulang ke Bayern Munich

4 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Thomas Tuchel di Bayern MunichHansi Flick (bundesliga.com)

Hansi Flick saat ini tengah berstatus pengangguran usai dilengserkan dari kursi kepelatihan Timnas Jerman. Bayern Munich kabarnya membuka peluang untuk memulangkan mantan pelatihnya itu. Flick adalah sosok yang mempersembahkan treble winner bagi Bayern Munich pada 2019/2020.

Peluang ini cukup terbuka. Apalagi, jika Bayern Muncih memecat Thomas Tuchel di tengah kompetisi. Namun, Bayern Munich bukan satu-satunya yang menginginkan Hansi Flick. Sang pelatih juga tengah dikaitkan dengan Barcelona dan Liverpool.

3. Ole Gunnar Solskjaer masuk dalam radar Bayern Munich

4 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Thomas Tuchel di Bayern MunichOle Gunnar Solskjaer (manutd.com)

Laporan terbaru menyebutkan jika Ole Gunnar Solskjaer juga masuk dalam radar Bayern Munich. Ia diperhitungkan karena memiliki hubungan baik dengan Direktur Olahraga Bayern Munich saat ini, Christoph Freund. Solskjaer dinilai sebagai sosok pelatih yang bisa menjalin hubungan baik dengan pemain.

Karakter tersebut tampaknya yang dibutuhkan skuad Bayern Munich saat ini. Pasalnya, ruang ganti Bayern Muncih kerap memanas dalam beberapa musim terakhir. Namun, Solksjaer bukannya tanpa cela. Ia belum memiliki prestasi luar biasa dalam menanangani  klub besar. Ia pun sudah menganggur cukup lama setelah dipecat Manchester United pada 2021 silam.

4. Zinedine Zidane memiliki jejak rekam luar biasa melatih klub bermental juara

4 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Thomas Tuchel di Bayern MunichZinedine Zidane (uefa.com)

Bayern Munich juga dilaporkan menjadikan Zinedine Zidane sebagai kandidat pengganti Thomas Tuchel. Pelatih asal Prancis ini dinilai memiliki jejak rekam hebat kala menangani Real Madrid. Ia mengoleksi 3 gelar juara Liga Champions, 2 FIFA Club World Cup, dan 2 trofi  LaLiga.

Di sisi lain, Zidane pun telah mengungkapkan jika dirinya ingin segera kembali melatih klub. Ia telah menganggur cukup lama setelah mengundurkan diri sebagai pelatih Real Madrid pada 2021. Bayern Munich bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Zidane. Klub ini memiliki kualitas pemain bintang dan sejarah besar dalam pesepakbolaan Eropa.

Sementara itu, Zinedine Zidane adalah sosok mantan pemain dan pelatih yang luar biasa. Dua hal ini bakal membuat dirinya bisa lebih dihormati para pemain bintang Bayern Munich. Begitu juga ia bisa memahami kondisi pemain dalam situasi tekanan tinggi. Aspek inilah yang sedang dibutuhkan Bayern Munich.

Manajemen Bayern Munich mengungkapkan jika mereka masih akan mempertahankan Thomas Tuchel sebagai pelatih. Namun, publik meyakini jika sang pelatih bakal segera dipecat dalam waktu dekat. Apalagi, jika performa mereka tidak membaik dalam beberapa laga ke depan.

Baca Juga: Bayern Munich dan Kesialan Mereka dalam Meraih Gelar Juara 2023/2024

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya