5 Pemain Portugal di Skuad PSG 2023/2024, Goncalo Ramos Terbaru!

Goncalo Ramos baru saja mendarat

Dalam beberapa tahun terakhir Paris Saint-Germain (PSG) cukup akrab dengan pemain-pemain yang berasal dari Portugal. Fakta tersebut tidak terlepas dari prestasi apik Selecao das Quinas di kancah sepak bola internasional. Dalam sedekade terakhir, Timnas Portugal berhasil meraih gelar juara Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019.

Proses pengembangan pemain muda klub-klub Portugal juga dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Eropa. Sebagai salah satu klub elite Eropa, PSG pun baru saja menambah aroma Portugal di dalam skuadnya. Les Parisiens merekrut striker muda Benfica, Goncalo Ramos, dengan biaya yang tak murah pada bursa transfer musim panas 2023. Termasuk Goncalo Ramos, berikut lima pemain asal Portugal yang membela PSG 2023/2024.

1. Nuno Mendes direkrut dari Sporting Lisbon pada 2021

5 Pemain Portugal di Skuad PSG 2023/2024, Goncalo Ramos Terbaru!Nuno Mendes (psg.fr)

Nuno Mendes merupakan produk asli akademi Sporting Lisbon. Dia sukses menembus tim utama pada 2019 ketika masih berusia 17 tahun. Bakat besarnya semakin terasah dengan memainkan 47 laga selama 2 musim di tim utama Sporting Lisbon. PSG asuhan Mauricio Pochettino pun kepincut dengan sang pemain.

Dia didatangkan sebagai pemain pinjaman dengan opsi permanen pada musim panas 2021. Bermain sebagai bek kiri, Nuno Mendes menunjukkan performa impresif. Dia memainkan 40 laga dengan torehan 3 assist. Berkat performa tersebut, PSG pun tidak segan mengaktifkan klausul permanen dengan total biaya transfer 45 juta euro atau Rp752 miliar untuk durasi kontrak 4 tahun. Sejak itu, posisinya di bek kiri tak tergoyahkan, bahkan saat PSG sudah ditangani Christophe Galtier.

2. Vitinha ditebus dari FC Porto dengan biaya Rp691 miliar

5 Pemain Portugal di Skuad PSG 2023/2024, Goncalo Ramos Terbaru!Vitinha (psg.fr)

Vitinha sempat dipinjamkan Porto ke Wolverhampton pada 2020/2021. Sayang, performanya tidak memuaskan tim asal Inggris tersebut. Opsi permanen pun tidak diaktifkan dan sang pemain kembali pulang ke Porto. Momen tersebut jadi titik balik kebangkitan sang pemain.

Ketika kembali Vitinha berhasil membawa Porto menjuarai Liga Portugal. Performa apiknya membuat PSG berani menebus sang pemain dengan biaya 40 juta euro atau Rp668 miliar pada musim panas 2022. Gelandang yang kini berusia 23 tahun tersebut langsung memiliki peran sentral di lini tengah arahan Christophe Galtier musim 2022/2023. Vitinha memainkan 48 laga dengan koleksi 2 gol dan 4 assist pada musim perdananya di PSG.

3. Danilo Pereira dipinjam dari FC Porto sebelum dipermanenkan pada musim panas 2021

5 Pemain Portugal di Skuad PSG 2023/2024, Goncalo Ramos Terbaru!Danilo Pereira (twitter.com/iamDaniloP)

Danilo Pereira jadi salah satu pemain paling senior di skuad PSG saat ini. Sang bek berusia 31 tahun ini gabung pada musim panas 2020 dengan status pinjaman dari Porto. Puas dengan performanya, Les Parisiens segera memermanenkan status Danilo di akhir musim dengan biaya 16 juta euro atau Rp267 miliar.

Kini, eks pemain Parma ini sudah mengoleksi 123 laga dengan torehan 9 gol dan 2 assist. Perannya di skuad PSG cukup penting. Sang pemain mampu bermain di dua posisi sama baiknya, yaitu gelandang bertahan dan bek tengah. 

4. Renato Sanches lebih memilih gabung PSG daripada AC Milan

5 Pemain Portugal di Skuad PSG 2023/2024, Goncalo Ramos Terbaru!Renato Sanchez (psg.fr)

Setelah jadi bagian penting LOSC Lille meraih gelar Ligue 1 2020/2021, Renato Sanches jadi incaran banyak klub besar Eropa. Namun, sang pemain baru memutuskan hengkang saat kontraknya tersisa 1 tahun lagi. Jadi incaran utama AC Milan, kala itu dia justru lebih memilih gabung PSG.

Sanches ditebus PSG dengan biaya 15 juta euro atau Rp250 miliar pada musim panas 2022. Sayang, musim perdananya tak berjalan mulus. Dia lebih sering absen karena faktor cedera. Pada musim debut, ia hanya memainkan 23 laga di Ligue 1, 6 kali di antaranya sebagai starter. Nasibnya pun kini dikabarkan tak menentu. AS Roma dilaporkan ingin mendatangkan sang pemain di sisa waktu bursa transfer musim panas 2023.

5. Goncalo Ramos ditebus dengan biaya fantastis Rp1,3 triliun

5 Pemain Portugal di Skuad PSG 2023/2024, Goncalo Ramos Terbaru!Goncalo Ramos (twitter.com/Goncalo88Ramos)

Di tengah huru-hara kontrak Kylian Mbappe, PSG tampaknya sudah bersiap kehilangan sang bintang. Hal tersebut mereka buktikan dengan mendatangkan dua pemain depan dalam waktu berdekatan, yaitu Ousmane Dembele dan Goncalo Ramos. Nama terakhir didatangkan dari Benfica dengan status pinjaman selama semusim.

Menurut laporan Fabrizio Romano, transfer ini memiliki klausul kewajiban membeli di akhir musim dengan total biaya 80 juta euro atau Rp1,3 triliun. Langkah ini diambil agar tak melanggar aturan Financial Fair PlayGoncalo Ramos sendiri baru saja membawa Benfica menjuarai Liga Portugal 2022/2023. 

Meski usianya masih 22 tahun, Goncalo Ramos sudah teruji. Sang pemain mengoleksi 41 gol dan 16 assist dari 106 laga bersama Benfica. Namanya juga sempat jadi perbincangan saat mencetak hattrick di babak 16 besar Piala Dunia 2022 saat Portugal bersua Swiss.

PSG bakal memiliki lima pemain asal Portugal di skuad inti pada musim 2023/2024. Kondisi ini cukup menguntungkan, lantaran proses adaptasi pemain baru bakal terbantu dengan kehadiran rekan senegara. Para pemain ini pun memiliki talenta yang besar. Di bawah asuhan Luis Enrique, sederet pemain Portugal di skuad PSG ini diyakini bakal memberikan dampak sesuai harapan.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal Rekrutan PSG sebelum Goncalo Ramos

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya