Heboh, 5 Pembelian Pemain Barcelona ini Mengandung Kontroversi

Tukang tikung nih!

Jendela transfer pemain selau mampu menampilkan drama yang menarik. Perpindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya menyimpan cerita-cerita tersendiri. Mulai dari berita mengejutkan pindahnya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus, hingga rumor-rumor perpindahan bintang lainnya.

Satu yang cukup menarik perhatian di bursa transfer kali ini mengaitkan Barcelona. Secara kontroversial klub Catalan tersebut 'menikung' AS Roma yang telah setuju untuk mendatangkan Malcolm dari Bordeaux.

Namun kisah kontroversial Barcelona dalam bursa transfer tidak hanya terjadi kali ini saja. Bahkan sebelumnya pun mereka pernah tersangkut kasus hingga mendapatkan hukuman dari UEFA. Berikut adalah transfer pemain Barcelona yang berbuah kointroversi, dilansir dari Sportskeeda.com dan Skysports.com.

1. Philippe Coutinho

Heboh, 5 Pembelian Pemain Barcelona ini Mengandung Kontroversien.as.com

Transfer saga Coutinho musim lalu sangatlah panjang dan berliku. Liverpool yang menjadi klubnya saat itu tak ingin melepaskan aset berharganya tersebut. Di sisi lain, sang pemain sudah berkeinginan untuk hijrah menuju Barcelona.

Coutinho di plot sebagai pengganti Neymar yang hengkang ke PSG. Namun demi mempertahankan sang pemain, The Kopp mengeluarkan pernyataan resmi jika Coutinho tidak untuk dijual.

Akibat sikap klubnya tersebut, Coutinho marah. Awal musim 2017/2018 dia tidak bergabung bersama pasukan Liverpool. Jurgen Klopp menyatakan jika sang pemain sedang mengalami cidera. Namun publik meyakini jika Coutinho menolak untuk bermain dan minta untuk segera pindah.

Barcelona sendiri menawarkan harga yang fantastis pada tahun 2017, namun Liverpool tetap tak bergeming dengan pendiriannya. Mantan pemain Inter Milan itu pun kembali bermain untuk Liverpool dan tampil cemerlang.

Namun secara mengejutkan, Barcelona tiba-tiba berhasil membawa Coutinho ke NOu Camp pada transfer musim dingin dengan harga 120 juta Euro. Hal itu menjadikannya pemain termahal ketiga dunia saat ini.

2. Arda Turan

Heboh, 5 Pembelian Pemain Barcelona ini Mengandung Kontroversichelseanews24

Transfer Arda Turan bisa jadi menjadi hal yang paling sia-sia dalam 5 tahun terakhir bagi Barcelona. Meskipun sebelumnya tampil apik bersama Atletico Madrid, Turan tak mampu berkontibusi banyak bagi Barcelona.

Pemain asal Turki tersebut didatangkan pada tahun 2015, saat Barca terkena larangan melakukan aktifitas transfer. Sehinga Turan tak bisa dimainkan selama 6 bulan.

Sang pemain sendiri tampaknya tak diinginkan di Barcelona. Turan hanya menjadi objek kampanye Maria Bartomeu yang saat itu mengikuti kembali pemilihan presiden Barcelona.

Hal lainnya yang menjadi kontroversi adalah isi kesepakatan dari kontak sang pemain. Turan disebutkan bisa dikembalikan ke Atletico Madrid sebelum tanggal 20 Juli 2015. Syaratnya adalah uang yang telah dibayarkan Barcelona akan dipotong 10%.

Transfer yang berliku tersebut tampaknya tak setimpal dengan kontribusi yang diberikan sang pemain. Akibatnya, kini dia dipinjamkan ke klub Turki, Basaksehir hingga tahun 2020.

3. Ousmane Dembele

Heboh, 5 Pembelian Pemain Barcelona ini Mengandung Kontroversigivemesport.com

Semenjak kehilangan Neymar, Barcelona sibuk mencari pemain pengganti yang sepadan.Salah satu targetnya adalah, pemain Dortmund, Ousmane Dembele. Pemain asal Prancis itu memiliki skill dan kecepatan yang dianggap tepat untuk Barca.

Sebagai pemilik, Dortmund tak ingin melepasnya, bahkan menyuruh sang pemain untuk tidak berkomunikasi dengan Barcelona. Namun secara mengejutkan, Dembela absen dalam sesi latihan Dortmund dan pergi ke Spanyol agar bisa melakukan trannsfer.

Akibat tidakannya tersebut, Dortmund menghukum sang pemain dengan membekukannya dari tim utama. Mereka pun mengatakan jika sang pemain tidak akan dijual.

Namun pada akhirnya mereka pun melentur, dan mengijinkan sang pemain untuk pergi ke Barcelona dengan harga fantastis, 105 juta Euro. Dortmund melepas sang pemain karena menganggap tak ada gunanya lagi menahan pemain yang hatinya sudah tak disana lagi.

4. Neymar Jr

Heboh, 5 Pembelian Pemain Barcelona ini Mengandung KontroversiDavid Ramos/Getty Images

Barcelona mendatangkan Neymar pada tahun 2013 dari klub Brazil, Santos. Namun beberapa bulan kemudian, sebuah investigasi dijalankan untuk melacak harga yang dibayarkan Barcelona untuk sang pemain. Sehingga terkumpul dokumen yang menyatakan terdapat informasi berbeda tentang transfer tersebut.

Beberapa hari kemudian, pada tanggal 23 Januari 2014, Presiden Barcelona saat itu, Sandro Rosell mengundurkan diri. Sebuah kabar mengejutkan kemudian muncul jika harga sebenarnya atas transfer Neymar adalah mendekati 100 juta Euro. Padahal sebelumnya dilaporkan bahwa transfer tersebut berharga 57,1 juta Euro.

Dalam transfer tersebut, Barcelona memberikan 40 juta Euro kepada orang tua Neymar sebagai bagian dari kesepakatan. Kontroversi lainnya adalah Barcelona dan Bartomeu dianggap melakukan pelanggaran pajak.

Tak cukup itu, mantan klub Neymar, Santos pun kemudian mengajukan sebuah tuntutan untuk meminta kompensasi atas pelanggaran transfer tersebut.

5. Malcolm

Heboh, 5 Pembelian Pemain Barcelona ini Mengandung Kontroversiforzaitalianfootball.com

Kontroversi transfer Malcolm menjadi kasus yang paling terbaru. Mantan pemain Bordeaux tersebut secara mengejutkan hengkang menuju Nou Camp. Padahal beberapa jam sebelumnya dia telah konfirmasi akan bergabung bersama AS Roma.

Pada tanggal 23 Juli, sang pemain telah disiapkan untuk terbang menuju Roma untuk melaksanakan tes medis dan perkenalan. Bahkan dia telah ditunggu oleh Romanisti di bandara. Namun pada nyatanya sang pemain tidak datang.

Secara mengejutkan, Malcolm justru datang ke Barcelona. El Barca dikabarkan 'menikung' AS Roma dengan memberikan harga yang lebih tinggi. Bordeaux pun kemudian menyetujuinya. Alih-alih diterbangkan ke Roma, pemain asal Brazil itu hijrah ke NOu Camp.

Akibat kejadian ini pun, pihak AS Roma akan melakukan tidakan hukum kepada Bordeaux. Sementara itu, AS Roma pun menuduh Barceloa melakukan tindakan tidak etis dengan mengganjal transfer sang pemain.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya