5 Rekrutan AS Roma pada Musim Panas 2023, Diisi Gelandang Top!

AS Roma datangkan dua gelandang PSG

Persiapan AS Roma menghadapi Serie A Italia musim 2023/2024 membuat mereka layak diwaspadai. Jose Mourinho melakukan perombakan cukup signifikan di dalam skuadnya. Sembilan pemain inti telah dijual pada musim panas 2023.

Il Giallorossi mendapatkan pemasukan sekitar 70 juta euro atau Rp1,2 triliun dari penjualan tersebut. Sebagai gantinya, lima pemain baru didatangkan dengan biaya yang cukup ekonomis. Kendati begitu, mereka adalah pemain dengan kualitas top. Siapa saja rekrutan AS Roma pada bursa transfer musim panas 2023 ini?

1. Houssem Aouar didapatkan secara gratis dari Olympique Lyon

5 Rekrutan AS Roma pada Musim Panas 2023, Diisi Gelandang Top!Houssem Aouar (twitter.com/ASRomaEN)

Houssem Aouar memutuskan tidak memperpanjang kontraknya di Olympique Lyon yang berakhir Juni 2023. Sempat dikaitkan dengan AC Milan, AS Roma berhasil membajak transfer pemain asal Prancis ini. Sosok Jose Mourinho jadi alasan Aouar lebih memilih Il Giallorossi.

Sang pemain didapatkan secara gratis. Ia lantas disodori kontrak panjang berdurasi 5 tahun. AS Roma akan menjadi klub kedua dalam kariernya. Aouar merupakan produk asli akademi Lyon. Dia telah menorehkan 233 laga dengan koleksi 41 gol dan 36 assist untuk mantan klubnya tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari PSG

2. Evan Ndicka direkrut dari Eintracht Frankfurt dengan status free agent

5 Rekrutan AS Roma pada Musim Panas 2023, Diisi Gelandang Top!Evan Ndicka (asroma.com)

Selain Aouar, AS Roma juga menelikung target AC Milan lainnya, yaitu Evan Ndicka. Bek asal Pantai Gading ini direkrut dengan status free agent dari Eintracht Frankfurt. Dia juga diberikan kontrak panjang berdurasi 5 tahun. 

Transfer ini sangat menguntungkan AS Roma. Ndicka adalah salah satu bek terbaik di Bundesliga. Baru berusia 23 tahun, permainan Ndicka sudah cukup teruji. Dia mengoleksi 183 laga untuk Frankfurt dan jadi bagian penting klub saat meraih trofi Liga Europa 2022/2023.

3. Rasmus Kristensen dipinjam dari Leeds United

5 Rekrutan AS Roma pada Musim Panas 2023, Diisi Gelandang Top!Rasmus Kristensen (asroma.com)

Lini pertahanan jadi salah satu fokus pembenahan Jose Mourinho di AS Roma. Demi meningkatkan kedalaman, Giallorossi mendatangkan Rasmus Kristensen dari Leeds United dengan status pinjaman. Pemain asal Denmark ini berposisi asli sebagai bek kanan. Namun, dia adalah pemain bertipe versatile.

Pemain berusia 26 tahun ini bisa juga bermain di pos bek tengah, gelandang bertahan, dan bek kiri. Kelebihan inilah yang dibutuhkan oleh Jose Mourinho di dalam skuadnya. Pasalnya, cedera kerap menjadi musuh AS Roma gagal tampil maksimal di Serie A.

4. Leandro Paredes ditebus dengan biaya Rp67 miliar dari PSG

5 Rekrutan AS Roma pada Musim Panas 2023, Diisi Gelandang Top!Leandro Paredes (psg.fr)

Nasib Leandro Paredes di Paris Saint-Germain terkatung-katung. Dia sudah tak lagi masuk dalam rencana klub sejak musim lalu. Kondisi ini pun dimanfaatkan AS Roma untuk memulangkan eks pemainnya tersebut. Menurut laporan Fabrizio Romano, Paredes ditebus AS Roma hanya dengan mahar 4 juta euro atau Rp67 miliar.

Ini akan jadi periode kedua sang pemain berkostum Giallorossi. Dia sempat bermain untuk AS Roma pada periode 2014--2017. Serie A Italia tentu tak lagi asing bagi gelandang asal Argentina tersebut. AS Roma jadi klub Italia keempat dalam kariernya setelah Chievo Verona, Empoli, dan Juventus.

5. Renato Sanches dipinjam dari PSG dengan opsi permanen

5 Rekrutan AS Roma pada Musim Panas 2023, Diisi Gelandang Top!Renato Sanchez saat berseragam PSG (psg.fr)

Seperti Leandro Paredes, Renato Sanches juga masuk dalam daftar jual PSG pada musim panas 2023. AS Roma dilaporkan telah merampungkan dua transfer ini sekaligus. Namun, Renato Sanches didatangkan dengan status pinjaman dengan opsi permanen di akhir musim.

Menurut laporan Fabrizio Romano, klausul permanen tersebut akan bernilai 15 juta euro atau Rp252 miliar. Tidak hanya itu, transfer ini juga akan bersifat kewajiban membeli jika sang pemain memainkan 60 persen laga sepanjang musim 2023/2024. Sang pemain sendiri didatangkan untuk menggantikan peran Nemanja Matic yang dilepas ke klub Prancis, Stade Rennes.

Jose Mourinho memang gagal membawa AS Roma menembus empat besar Serie A dalam 2 musim terakhir. Hasil tersebut membuat manajemen klub berbenah pada musim panas 2023. Hadirnya lima pemain di atas diharapkan bisa membawa AS Roma bersaing memperebutkan gelar Scudetto musim 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Digaet AS Roma dari Klub Ligue 1, Siapa Saja?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya