6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!

Chukwueze dikontrak selama 5 tahun

LaLiga dianggap sebagai liga terbaik kedua setelah English Premier League (EPL). Bukan hanya karena keberadaan Barcelona dan Real Madrid, tetapi juga banyaknya pemain-pemain dengan bakat besar. Tidak mengherankan banyak klub besar Eropa kerap belanja pemain di LaLiga, tidak terkecuali AC Milan.

Mereka bergerak aktif pada bursa transfer musim panas 2023 ini. Rossoneri sudah mendatangkan tujuh pemain baru. Samuel Chukwueze jadi rekrutan terbaru yang didatangkan dari Villarreal. Termasuk sang pemain, berikut ini enam rekrutan termahal AC Milan dari klub LaLiga.

1. Carlos Bacca didatangkan dengan mahar Rp551 miliar

6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!Carlos Bacca (uefa.com)

Carlos Bacca datang ke AC Milan pada musim panas 2015. Dia jadi rekrutan termahal musim tersebut usai ditebus dari Sevilla dengan mahar 33,3 juta euro atau Rp551 miliar. Di bawah asuhan Sinisa Mihajlovic, Bacca mencetak 34 gol dari 77 laga untuk AC Milan.

Sayang, kariernya di San Siro tak berjalan mulus. Striker asal Kolombia hanya bertahan 2 musim sebelum dipinjamkan ke Villarreal pada 2017 dan dipermanenkan pada akhir musim. Dia dijual dengan biaya total hanya 9 juta euro atau Rp149 miliar.

2. Periode pertama Zlatan Ibrahimovic gabung AC Milan terjadi pada 2010

6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!Zlatan Ibrahimovic (twitter.com/Ibra_official)

Setelah menjalani masa sulit di Barcelona, Zlatan Ibrahimovic dipinjamkan ke AC Milan pada musim panas 2010 dengan biaya 6 juta euro atau Rp99 miliar. Musim perdananya itu berjalan fantastis. Dia membawa AC Milan meraih Scudetto dengan menorehkan 14 gol dan 12 assist dari 29 laga Serie A.

Itu merupakan trofi Serie A terakhir AC Milan sebelum kembali juara 1 dekade kemudian pada 2021/2022. Rossosneri pun mempermanenkan statusnya dengan membayar 24 juta euro atau Rp398 miliar. Sayang, AC Milan dilanda krisis finansial dan terpaksa melepas Ibrahimovic ke Paris Saint-Germain pada 2012. Namun, sang bintang kembali pulang ke AC Milan pada Januari 2020 dan sukses persembahkan trofi Scudetto kedua sebelum gantung sepatu pada 2023.

3. Ronaldinho direkrut dari Barcelona pada 2008

6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!Ronaldinho (uefa.com)

Ronaldinho secara mengejutkan meninggalkan Barcelona pada musim panas 2008. Konflik internal kabarnya jadi alasan sang pemain pergi setelah jalani karier gemilang di Camp Nou. Ronaldinho kemudian direkrut AC Milan dengan harga 24,1 juta euro atau Rp399 miliar untuk kontrak 3 tahun.

Pada era tersebut, AC Milan memiliki lini serang ikonik yang dihuni Ronaldinho, David Beckham, Andrea Pirlo, Clarance Seedorf, dan Kaka. Ronaldinho mencatatkan 95 laga dengan menorehkan 26 gol dan 29 assist untuk AC Milan. Selama 2,5 tahun di San Siro, dia gagal mempersembahkan gelar untuk Rossoneri. Sang pemain akhirnya pulang kampung ke Brasil untuk membela Flamengo pada Januari 2011.

Baca Juga: Fakta Theo Hernandez, Bek Serba Bisa dan Bintang AC Milan

4. Theo Hernandez jadi salah satu rekrutan terbaik AC Milan

6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!Theo Hernandez (twitter.com/TheoHernandez)

Paolo Maldini ditunjuk menjadi direktur teknik AC Milan pada musim panas 2019. Di bawah pengawasannya, AC Milan berhasil mendatangkan sederet pemain muda bertalenta. Rekrutan terbaiknya tak lain adalah Theo Hernandez. Sang pemain direkrut dari Real Madrid pada musim panas 2019 dengan biaya 22,8 juta euro atau Rp378 miliar.

Tak butuh waktu lama bagi Theo untuk jadi pemain kunci Rossoneri. Dia bahkan berkembang menjadi salah satu bek kiri terbaik dunia saat ini. Pemain asal Prancis telah mengoleksi 167 laga dengan mencetak 24 gol dan 28 assist.

5. Samu Castillejo didatangkan dari Villarreal

6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!Samu Castillejo (instagram.com/samucastillejo)

Samu Castillejo didatangkan AC Milan era kepemilikian pengusaha China, Li Yonghong, pada musim panas 2018. Dia direkrut dari Villarreal dengan harga 21,3 juta euro atau Rp353 miliar. Karier pemain asal Spanyol tak berjalan mulus di San Siro.

Dia kerap jadi pemain lapis kedua di bawah tiga pelatih berbeda, yaitu Gennaro Gattuso, Marco Giampaolo, dan Stefano Pioli. Selama 4 tahun di San Siro, dia memainkan 113 laga dengan koleksi 10 gol dan 15 assist. Kontraknya di AC Milan berakhir pada musim panas 2022 lalu. Sang pemain melanjutkan kariernya di Spanyol dengan gabung Valencia.

6. Samuel Chukwueze ditebus dengan mahar Rp331 miliar

6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!Samuel Chukwueze (acmilan.com)

Setelah negosiasi yang alot, AC Milan akhirnya berhasil mendaratkan Samuel Chukwueze dari Villarreal pada musim panas 2023. Pemain asal Nigeria ditebus dengan biaya 20 juta euro atau Rp331 miliar untuk kontrak berdurasi 5 tahun. Dia bakal diplot sebagai winger kanan dalam skema permainan Stefano Pioli.

Sisi tersebut selama ini dinilai sebagai titik lemah AC Milan di lini serang. Hadirnya Chukwueze bakal membentuk trio mematikan di lini serang AC Milan bersama Rafael Leao dan Olivier Giroud. Sang pemain dinilai memiliki kempiripan dengan gaya bermain Arjen Robben. Dia memiliki kecepatan, olah bola mumpuni dan umpan yang akurat. Selama berkostum Villarreal, Chukwueze menorehkan 37 gol dan 31 assist dari 207 pertandingan.

 

Jika menilik sejarahnya, para rekrutan dari klub Spanyol kerap memberikan pengaruh positif di skuad AC Milan. Biaya yang dikeluarkan Rossoneri pun tidak terbuang percuma demi mendatangkan mereka. Hadirnya Samuel Chukwueze pun memberikan optimisme besar bagi fans agar sang pemain membawa AC Milan kembali meraih trofi pada musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dipermanenkan AC Milan dari Klub EPL

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya