Comscore Tracker

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich yang Diboyong dari Klub EPL

Hanya ada lima rekrutan dalam 30 tahun terakhir

Bayern Munich bukan hanya klub tersukses di Bundesliga tetapi juga klub paling kaya raya. Mereka kerap dengan mudah mencaplok para pemain dari sesama klub Jerman. Meski demikian, Die Bavarian bukan klub yang mudah menggelontorkan dana besar begitu saja.

Mereka jarang memboyong pemain dari luar Jerman, apalagi English Premier League. Namun, beberapa musim terakhir Bayern Munich mulai berburu pemain top dari Premier League.

Terbaru, ada Sadio Mane berhasil didatangkan dari Liverpool. Nah, berikut ini adalah rekrutan termahal Bayern Munich dari Premier League. Siapa saja?

1. Leroy Sane

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich yang Diboyong dari Klub EPLpotret Leroy Sane (twitter.com/leroy_sane)

Membela Manchester City selama empat tahun, Leroy Sane bertransformasi menjadi salah satu winger terbaik di Premier League. Dia sukses mempersembahkan dua gelar Premier League di bawah arahan Pep Guardiola. Dia juga mencetak 39 gol dan 45 assists dari 135 penampilan.

Performa apiknya ini menarik minat Bayern Munich. Mereka telah memburu sang pemain cukup lama. Namun, transfer baru terwujud pada musim panas 2020 karena dia sempat dibekap cedera panjang. Leroy Sane ditebus dengan harga 60 juta euro atau sekitar Rp940 miliar.

Dia diplot sebagai suksesor Frank Ribery yang telah habis masa baktinya. Bundesliga pun sudah tak asing karena Leroy Sane memulai karier profesional bersama FC Schalke.

2. Sadio Mane

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich yang Diboyong dari Klub EPLpotret Sadio Mane (twitter.com/premierleague)

Banyak pihak menilai jika Sadio Mane adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Dia tampil konsisten untuk Liverpool sejak bergabung pada musim panas 2016 lalu. Dia juga sukses persembahkan gelar Liga Champions dan Premier League untuk The Reds, serta Piala Afrika bersama Senegal.

Meski demikian, dia mendambakan sebuah petualangan baru dalam kariernya. Dia menolak perpanjangan kontrak dari Liverpool dan menerima pinangan Bayern Munich musim panas 2022 ini.

Sadio Mane ditebus dengan harga 32 juta euro atau sekitar Rp500 miliar. Ini sebuah keuntungan besar bagi Dia Bavarian dengan nilai pasar sang pemain yang bernilai 70 juta euro atau Rp1,1 triliun.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Bayern Munchen ke Klub Premier League

3. Jerome Boateng

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich yang Diboyong dari Klub EPLpotret Jerome Boateng (fcbayern.com)

Karier Jerome Boateng di Premier League tidak berjalan mulus. Dia hanya bertahan satu musim saja di Manchester City dengan tampil dalam 24 laga di semua ajang. Dia kemudian hengkang ke Bayern Munich pada musim panas 2011 dengan harga 13,5 juta euro atau sekitar Rp211 miliar.

Dia menerima pinangan Bayern Munich dengan alasan demi dapatkan tempat reguler di Timnas Jerman. Tujuan ini terwujud, bahkan dia pun sukses besar di Bayern Munich.

Selama 10 musim di Allianz Arena, dia merasakan 2 trofi Liga Champions, 9 gelar Bundesliga, dan 5 DFB Fokal. Saat ini, dia masih aktif dengan membela klub Prancis, Olympique Lyon.

4. Pepe Reina

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich yang Diboyong dari Klub EPLpotret Pepe Reina (twitter.com/SuperSportTV)

Pepe Reina bergabung dengan Liverpool pada 2005 dari Villarreal. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menggeser Jerzy Dudek sebagai kiper utama pada waktu itu. Dia menorehkan catatan apik dengan melakukan 177 clean sheets dari 394 penampilan untuk The Reds.

Namun, kabar tentang dirinya bakal pergi ke Barcelona menjadi akhir kariernya di Liverpool. Ironisnya, dia gagal berlabuh di Barcelona pada musim panas 2013.

Di sisi lain, Liverpool telah mendatangkan Simon Mignolet. Pepe Reina pun dipinjamkan ke Napoli selama semusim, sebelum dilepas permanen ke Bayern Munich pada musim panas 2014 seharga 3 juta euro.

Namun, dia hanya menjadi pelapis bagi Manuel Neuer. Pepe Reina hanya mencatatkan tiga laga saja dan akhirnya memutuskan gabung kembali dengan Napoli pada akhir musim.

5. Jurgen Klinsmann

5 Rekrutan Termahal Bayern Munich yang Diboyong dari Klub EPLpotret Jurgen Klinsmann (futbolretro.es)

Jurgen Klinsmann adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Timnas Jerman. Sepanjang kariernya, dia pernah bermain di empat liga top Eropa. Pada musim panas 1994 dia bergabung dengan Tottenham Hotspur dari AS Monaco.

Dia tampil impresif dengan mencetak 38 gol dan 15 assists dari 66 penampilan. Performanya langsung menarik minat Bayern Munich musim berikutnya. Dia ditebus seharga 1,4 juta euro. Selama dua musim, dia sukses persembahkan gelar UEFA Cup alias Liga Europa dan trofi Bundesliga.

Dia juga tampil tajam dengan mengoleksi 48 gol dari 83 penampilan untuk Bayern Munich. Dia kemudian pergi ke Sampdoria dengan status bebas transfer.

 

Saat ini, Bayern Munich memiliki beberapa pemain alumni English Premier League. Kualitas mereka sudah tak perlu diragukan lagi. Ambisi klub sebesar Die Bavarian musim mendatang adalah Liga Champions dan potensi ini sangat mungkin terjadi dengan kualitas skuad yang saat ini dimiliki.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich yang Berasal dari Benua Afrika

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya