Rapor 5 Striker Termahal EPL Musim 2022/2023, Siapa Terbaik? 

Ada yang flop

English Premier League (EPL) musim kompetisi 2022/2023 telah usai. Manchester City berhasil mempertahankan gelar juara dengan catatan luar biasa. Telah banyak rekor tercipta sepanjang musim ini, salah satunya rekor transfer termahal para striker top.

Namun, harga tinggi tidak menjadi jaminan seorang pemain tampil sesuai ekspektasi. Beberapa pemain berbanderol mahal justru dinilai sebagai flop. Lalu, bagaimana dengan performa lima striker termahal di EPL 2022/2023? Berikut ulasannya.

1. Darwin Nunez  

Rapor 5 Striker Termahal EPL Musim 2022/2023, Siapa Terbaik? Darwin Nunez (liverpoolfc.com)

Darwin Nunez menjadi striker termahal EPL musim 2022/2023. Liverpool harus merogoh kocek sebesar 80 juta euro atau Rp1,3 triliun untuk eks Benfica tersebut. Ironisnya, dia menjalani musim yang tidak mulus. Dia kerap mendapatkan kritikan karena performa yang tak sesuai ekspektasi.

Darwin Nunez sempat diganjar kartu merah pada pekan ketiga EPL karena melakukan tindakan tak perlu saat melawan Manchester United. Striker asal Uruguay ini menorehkan 15 gol dan 4 assist dari 48 laga. Catatan tersebut terbilang buruk untuk seorang pemain dengan status striker termahal Liverpool.

2. Alexander Isak 

Rapor 5 Striker Termahal EPL Musim 2022/2023, Siapa Terbaik? Alexander Isak (instagram/alex_isak)

Newcastle United memecahkan rekor transfer klub saat datangkan Alexander Isak dari Real Sociedad pada musim panas 2022. Dia ditebus dengan harga 70 juta euro atau Rp1,1 triliun. Striker 23 tahun menunjukkan performa menjanjikan. Sayang, dia harus absen cukup panjang pada pekan kesembilan karena menderita cedera betis.

Kendati begitu, dia bangkit pasca cedera tersebut. Sang pemain kemudian menorehkan 10 gol dan 2 assist dari 28 penampilan di semua ajang. Seluruh gol itu dia cetak di ajang EPL. Kontribusinya ini berhasil membawa The Maggpies finis di urutan keempat EPL dan membawa mereka lolos ke Liga Champions.

Baca Juga: 5 Striker Paling Sering Membuang Peluang di EPL 2022/2023

3. Erling Haaland 

Rapor 5 Striker Termahal EPL Musim 2022/2023, Siapa Terbaik? Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland menjadi rekrutan termahal Manchester City musim 2022/2023. Dia ditebus Manchester City dengan harga 60 juta euro atau Rp953 miliar dari Borussia Dortmund. Namun, harga tersebut terbilang kecil jika melihat kontribusi yang dia berikan. Dia meraih gelar top skor EPL dan Liga Champions pada musim perdananya berkostum The Cityzens.

Striker asal Norwegia mencatatkan 52 gol dari 52 pertandingan di semua ajang. Dia juga berhasil persembahkan gelar EPL dan FA Cup pada musim perdananya. Rekor lainnya menunggu di depan mata saat menghadapi Inter Milan di final Liga Champions nanti.

4. Richarlison  

Rapor 5 Striker Termahal EPL Musim 2022/2023, Siapa Terbaik? Chelsea vs Tottenham (chelseafc.com)

Richarlison didatangkan Tottenham Hotspurs dengan harga 58 juta euro atau Rp922 miliar dari Everton pada musim panas 2022. Dia diplot sebagai tandem bagi Harry Kane. Ironis bagi Spurs, harga mahal tersebut seolah sia-sia. Sang pemain hanya menorehkan 3 gol dan 4 assist dari 35 pertandingan.

Pemain asal Brasil ini lebih sering tampil sebagai pemain pengganti. Faktor cedera dan posisi yang tak sesuai dinilai jadi sebab dia gagal menunjukkan permainan terbaiknya. Berposisi asli sebagai striker jangkar, dia kerap ditempatkan di posisi winger bahkan gelandang. Banyak pihak menilai jika sang pemain merupakan pembelian gagal The Lylywhites.

5. Gabriel Jesus 

Rapor 5 Striker Termahal EPL Musim 2022/2023, Siapa Terbaik? Gabriel Jesus (twitter.com/gabrieljesus9)

Sulit dapatkan tempat utama di Manchester City, Gabriel Jesus putuskan terima pinangan Arsenal pada musim panas 2022. Dia ditebus dengan harga 52 juta euro atau Rp826 miliar. Sang pemain seolah menemukan tempat yang tepat baginya di Arsenal. Dia sukses mencetak 2 gol dan 2 assist pada pekan kedua EPL.

Performanya pada paruh pertama musim sangat luar biasa, tetapi nasib buruk menimpa dirinya di Piala Dunia 2022. Dia menderita cedera lutut yang membuatnya absen hampir 3 bulan. Kendati begitu, dia bangkit dan menemukan kembali ketajamannya. Gabriel Jesus berhasil mengoleksi 11 gol dan 8 assist dari 33 penampilan. Sayangnya, itu belum cukup membawa Arsenal juara EPL dan harus puas keluar sebagai runner up.

Striker termahal EPL musim 2022/2023 ini belum memberikan jaminan bakal menjadi pencetak gol ulung. Dibutuhkan mentalitas dan kualitas skuad utama yang mumpuni untuk menunjang performa mereka. Apalagi EPL merupakan kompetisi yang keras dan membutuhkan konsistensi yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Striker Termahal yang Dibeli Klub EPL pada Musim Panas 2022

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya