5 Striker Termahal Serie A Italia yang Dilepas ke EPL, Ada Højlund!

Hojlund jad penjualan termahal Atalanta sepanjang sejarah

Serie A Italia dikenal dengan gaya sepak bola bertahan atau catenaccio. Banyak bek berkualitas dunia kemudian terlahir dari kultur sepak bola ini, seperti Paolo Maldini, Fabio Cannavaro, dan Alessandro Nesta. Meski begitu, tidak sedikit juga Serie A melahirkan para striker berbahaya.

Potensi para striker tersebut langsung memikat klub raksasa Eropa, khususnya dari English Premier League (EPL). Tidak tanggung-tanggung, para pemain ini dibeli dengan harga fantastis. Rasmus Hojlund jadi striker terbaru yang bakal menjajal EPL setelah ditebus Manchester United dari Atalanta dengan harga tinggi. Termasuk sang pemain, berikut lima striker termahal Serie A yang dilepas ke klub EPL.

1. Romelu Lukaku

5 Striker Termahal Serie A Italia yang Dilepas ke EPL, Ada Højlund!Romelu Lukaku (instagram/romelulukaku)

Karier Romelu Lukaku sejatinya tidak berjalan mulus ketika bermain di EPL. Tampil impresif di West Bromwich Albion dan Everton, sinar sang pemain meredup kala bergabung MU. Namun, dia menemukan kembali ketajamannya saat hijrah ke Inter Milan pada musim panas 2019.

Lukaku mencetak 64 gol dari 94 pertandingan dan membawa Inter Milan meraih Scudetto musim 2020/2021. Torehan tersebut membuat Chelsea tergoda memulangkan eks pemainnya itu. The Blues rela memecahkan rekor transfer kala itu dengan nilai 113 juta euro atau Rp1,8 triliun.

Ironisnya, performa sang striker justru jauh dari harapan. Lukaku malah membuat onar di dalam tubuh tim. Sempat dipinjamkan ke Inter Milan pada musim panas 2022, nasibnya kini di Chelsea malah terkatung-katung.

2. Rasmus Højlund

5 Striker Termahal Serie A Italia yang Dilepas ke EPL, Ada Højlund!Rasmus Höjlund (instagram/rasmus.hoejlund)

Rasmus Hojlund baru berkostum Atalanta selama semusim. Dia diboyong dari klub Austria, Sturm Graz, pada musim panas 2022 dengan biaya 17 juta euro atau Rp283 miliar. Penampilan musim perdananya cukup mengesankan. Striker berusia 20 tahun mencetak 10 gol dan 4 assist dari 34 laga.

Bakat besarnya langsung tercium klub-klub raksasa Eropa pada musim panas 2023. Manchester United akhirnya jadi pemenang perburuan pemain asal Denmark tersebut. Menurut laporan Fabrizio Romano, MU menebus sang pemain dengan mahar 70 juta euro atau Rp1,2 triliun dengan durasi kontrak 5 tahun. Transfer ini pun jadi penjualan termahal Atalanta sepanjang sejarah.

Baca Juga: Rasmus Hojlund Ditebus Mahal MU, Memangnya Layak?

3. Andriy Shevchenko

5 Striker Termahal Serie A Italia yang Dilepas ke EPL, Ada Højlund!Andriy Shevchenko (twitter.com/ChelseaFC)

Andriy Shevchenko dianggap sebagai salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki AC Milan. Dia sukses meraih hampir semua gelar di level klub saat berkostum Rossoneri selama 7 musim. Nama besarnya dilirik Chelsea pada musim panas 2006 di awal era kepemilikan Roman Abramovich.

The Blues merogoh kocek 43,9 juta euro atau Rp732 miliar untuk mendaratkan striker asal Ukraina. Sayangnya, transfer ini terbilang flop. Ketajaman Shevchenko menurun drastis di klub barunya ini. Dia mencetak 22 gol dari 77 pertandingan. Kariernya bahkan tak lagi berjalan mulus sejak itu.

4. Gianluca Scamacca

5 Striker Termahal Serie A Italia yang Dilepas ke EPL, Ada Højlund!Gianluca Scamacca (whufc.com)

Dianggap sebagai salah satu talenta terbaik di Serie A, Gianluca Scamacca memutuskan untuk menerima pinangan West Ham United pada musim panas 2022. Dia direkrut dari Sassuolo dengan biaya 36 juta euro atau Rp600 miliar. Namun, keputusan ini tak berjalan seperti yang diharapkan.

Scamacca sulit beradaptasi dengan gaya sepak bola EPL yang cepat dan keras. Cedera lutut pun membuat potensinya tak berkembang di West Ham. Dia hanya mencetak 8 gol dari 27 laga di semua ajang. Dampaknya, sang pemain kini dikabarkan bakal dilepas The Hammers pada musim panas 2023. AS Roma dan Inter Milan dilaporkan sedang bersaing dapatkan jasa pemain 24 tahun tersebut.

5. Mario Balotelli

5 Striker Termahal Serie A Italia yang Dilepas ke EPL, Ada Højlund!Mario Balotelli (twitter.com/ManCity)

Mario Balotelli sempat digadang-gadang sebagai calon bintang sepak bola Eropa. Dia memiliki semua kualitas sebagai striker yang berbahaya. Setelah meraih treble winner bersama Inter Milan, dia direkrut Manchester City dengan biaya 29,5 juta euro atau Rp491 miliar.

Sayang, bakat besarnya kerap diwarnai tindakan indisipliner yang merugikan tim. Dia hanya bertahan selama 2,5 tahun di Etihad Stadium. Balotelli menorehkan 30 gol dari 80 pertandingan untuk The Cityzens. Sang pemain lantas dilepas ke AC Milan pada Januari 2013. Dia sempat kembali ke EPL untuk berkostim Liverpool pada 2014. Namun, kariernya kembali tak berjalan mulus.

 

EPL memiliki atmosfer sepak bola yang jauh berbeda dengan Serie A Italia. Harga tinggi tidak menjadi jaminan seorang pemain bisa tampil sesuai harapan. Beberapa pemain di atas bahkan dinilai gagal saat hijrah dari Serie A ke EPL. Layak dinantikan kiprah Rasmus Hojlund bersama Manchester United pada musim 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario Balotelli

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya