Comscore Tracker

UEFA Nations League: Kalahkan Prancis, Belanda Buka Peluang Lolos 

Laga terakhir akan melawan Jerman

Belanda akhirnya membuka peluang lolos ke babak semifinal Nations League setelah Sabtu dinihari tadi (17/11/2018) berhasil mengalahkan juara dunia, Prancis dengan skor 2-0 di De Kuip Stadium. Dua gol The Orange dicetak oleh Georginio Wijnaldum (44') dan tendangan penalti Memphid Depay di akhir laga.

Dengan hasil ini, kini Belanda hanya terpaut satu angka dari Prancis yang memimpin klasemen dengan 7 poin, namun Belanda masih memiliki satu pertandinan tersisa.

1. Jalannya pertandingan

UEFA Nations League: Kalahkan Prancis, Belanda Buka Peluang Lolos twitter.com/UEFAEURO

Dalam laga ini Prancis menurunkan skuad terbaiknya seperti saat menjuarai Piala Dunia 2018 dengan trio Mbappe-Giroud-Griezmann. Sedangkan Belanda turun dengan formasi 4-2-3-1 dengan mengandalkan mantan pemain Man United, Memphis Depay sebagai striker.

Kedua tim sudah saling bertukar serangan sejak sepuluh menit pertama, apalagi Prancis sebenarnya hanya butuh hasil imbang agar mampu lolos ke babak semifinal. Namun Belanda yang bermain di depan suporternya sendiri tampil lebih perkasa di pertengahan babak pertama.

Hasilnya terlihat saat Wijnaldum berhasil mencetak gol di akhir babak pertama setelah berhasil memanfaatkan bola pantul Hugo Lloris. Di babak kedua Prancis mencoba menyamakan kedudukan termasuk dengan memasukan Dembele, namun pertahanan Belanda yang dijaga Virgil van Dijk terlalu kokoh.

Alih-alih mencetak gol, Prancis kembali kebobolan di akhir laga melalui tendangan penalti Depay. Dengan hasil ini, kini Belanda telah mengumpulkan 6 poin. Tertinggal satu angka dari Prancis yang telah mengumpulkan 7 poin.

Dengan kekalahan ini, rekor tak terkalahkan Prancis dalam 15 laga terakhir akhirnya terputus di tangan Belanda.

Baca Juga: Inggris Vs Kroasia: Laga Penentu Tiket Lolos Semifinal Nations League 

2. Nasib Prancis berada di tangan Jerman

UEFA Nations League: Kalahkan Prancis, Belanda Buka Peluang Lolos twitter.com/UEFAEURO

Meskipun masih memimpin klasemen sementara Grup 1 Liga A, nasib Prancis akan bergantung pada laga terakhir Belanda melawan Jerman yang akan digelar tanggal 20 Nopember.

Jerman sendiri telah dipastikan terdegradasi karena hanya mampu mengumpulkan satu poin dari tiga laga yang telah dijalani. Hal ini tentunya akan menjadi laga berat bagi Belanda karena Jerman akan bermain tanpa beban.

Sedangkan beban terberat ada di pundak Belanda, karena minimal mereka harus menahan imbang Jerman di kandangnya sendiri. Meskipun poin Belanda nantinya sama dengan Prancis, mereka unggul head-to-head karena di pertemuan pertama Prancis hanya unggul 2-1.

Bagi Prancis, saat ini mereka hanya bisa menggantunggkan nasibnya kepada Jerman agar bisa mengalahkan Belanda..

3. Kebangkitan Belanda di Eropa

UEFA Nations League: Kalahkan Prancis, Belanda Buka Peluang Lolos Koen van Weel/EPA

Performa timnas Belanda dalam dua tahun terakhir sangatlah buruk. Mereka gagal berpartisipasi di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Setelah kegagalan Louis Van Gaal dan Dany Blind, Belanda pun kini ditangani oleh mantan pelatih Everton, Ronald Koeman.

Secara perlahan Koeman mampu mengembalikan performa Belanda yang dikenal memiliki sepak bola menyerang terbaik. UEFA Nations League akan menjadi ajang pembuktian kebangkitan Memphis Depay dkk.

Di fase grup mereka berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 3-0, dan kini berhasil membalaskan kekalahan atas Prancis dengan skor 2-0 setelah di laga sebelumnya kalah dengan skor 2-1.

Target selanjutnya The Orange adalah menahan imbang tim tuan rumah Jerman. Namun pastinya mereka tak mau ambil resiko hanya menargetkan hasil imbang. Tentunya mereka akan bermain habis-habisan untuk meraih kemenangan agar bisa lolos ke semifinal Nations League.

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/FhY56gdKSCs

Belanda (4-2-3-1): Jasper Cillessen, Daley Blind, Virgil van Dijk, Danzel Dumfries, Matthijs de Light, Ryan Babel, Georginio Wijnaldum, Marten de Roon, Frankie de Jong, Memphis Depay, Steven Bergwijn 

Prancis: (4-3-3): Hugo Lloris, Lucas Digne, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Benjamin Pavard, Blaise Matuidi, Steven Nzonzi, N'Golo Kante, Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe.

Baca Juga: Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris Muda

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You