5 Pertemuan Manchester United dan Bayern Munich di Old Trafford

Manchester United wajib meraih tiga poin

Manchester United akan menghadapi laga hidup mati di partai keenam Liga Champions 2023/2024 melawan Bayern Munich, Rabu (13/12/2023). Manchester United wajib mendulang kemenangan jika masih ingin menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Namun, mereka juga berharap hasil imbang di laga Kopenhagen melawan Galatasaray.

Jelang pertemuan keduanya, baik Manchester United maupun Bayern Munich baru saja mendapat hasil negatif. Manchester United dihajar Bournemouth dengan skor 0-3 di Old Trafford. Sementara itu, Bayern Munich harus mengakui keunggulan Eintracht Frankfurt dengan skor telak 1-5.

Manchester United sejatinya punya rekor cukup apik ketika menjamu Bayern Munich di Old Trafford. The Red Devils baru menuai 1 kekalahan dari 5 pertemuan sebelumnya yang semuanya terjadi di ajang Liga Champions. Berikut lima hasil pertemuan Manchester United dan Bayern Munich di Old Trafford.

1. Kedua tim bermain imbang 1-1 di fase grup Liga Champions 1998/1999 di Old Trafford

5 Pertemuan Manchester United dan Bayern Munich di Old TraffordManchester United melawan Bayern Munich di fase grup Liga Champions 1998/1999. (fcbayern.com)

Manchester United pertama kali menjamu Bayern Munich di Old Trafford terjadi pada partai keenam fase grup Liga Champions 1998/1999. Manchester United mencetak gol terlebih dahulu melalui sontekan Roy Keane pada menit ke-43. Bayern Munich membalas pada menit ke-55 berkat aksi Hasan Salihamidzic. Setelah itu, tak ada yang mampu menambah pundi-pundi gol sehingga membuat laga berakhir imbang 1-1.

Pada musim tersebut, kedua tim bertemu sebanyak tiga kali. Pertemuan pertama menghasilkan hasil imbang 2-2 ketika Bayern Munich menjamu Manchester United di Olympiastadion pada laga kedua fase grup. Sementara itu, pertemuan ketiga terjadi di babak final ketika Manchester United menang dramatis dengan skor 2-1, sekaligus melengkapi treble winner mereka musim itu.

2. Bayern Munich menang 1-0 di babak perempat final Liga Champions 2000/2001 di Old Trafford

5 Pertemuan Manchester United dan Bayern Munich di Old TraffordManchester United melawan Bayern Munich di perempat final Liga Champions 2000/2001. (fcbayern.com)

Manchester United bertemu Bayern Munich di babak perempat final Liga Champions 2000/2001. Sebelumnya, Manchester United lolos sebagai runner up  grup A fase grup kedua di bawah Valencia. Sementara itu, Bayern Munich lolos sebagai pemuncak grup C fase grup kedua.

Old Trafford menjadi tempat yang pertama menggelar partai perempat final. Meski bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Manchester United justru takluk dengan skor tipis 0-1. Gol tunggal Paulo Sergio pada menit ke-86 tak mampu dibalas oleh anak asuhan Sir Alex Ferguson hingga pertandingan selesai.

Hasil tersebut memaksa Manchester United wajib menang pada leg kedua di Olympiastadion. Namun, lagi-lagi The Red Devils gagal menundukkan kedigdayaan raksasa Bavaria tersebut. Bayern Munich menang dengan skor 2-1 untuk melaju ke babak semifinal. Bayern Munich pada akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan Valencia di partai puncak.

Baca Juga: 6 Pemain Bayern Munich yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024

3. Skor kacamata menghiasi babak fase grup Liga Champions 2001/2002 di Old Trafford

5 Pertemuan Manchester United dan Bayern Munich di Old TraffordManchester United melawan Bayern Munich di fase grup Liga Champions 2001/2002. (fcbayern.com)

Manchester United dan Bayern Munich kembali bertemu di ajang Liga Champions 2001/2002. Kali ini, keduanya tergabung dalam grup yang sama pada fase grup kedua. Selain kedua tim tersebut, masih ada Boavista dan Nantes yang memperebutkan dua tiket ke babak perempat final.

Pada pertemuan pertama, Manchester United berhasil menahan imbang Bayern Munich 1-1 di Olympiastadion. The Red Devils unggul terlebih dahulu berkat aksi Ruud van Nistelrooy. Die Roten kemudian membalas lewat gol telat Paulo Sergio yang membuat keduanya berbagi poin.

Pada pertemuan kedua di Old Trafford, kedua tim kembali bermain imbang setelah tak ada gol selama 90 menit laga berjalan. Meski tak ada yang berhasil meraih kemenangan dalam dua pertemuan tersebut, kedua tim berhasil lolos ke babak perempat final. Manchester United tampil sebagai juara grup diikuti Bayern Munich di tempat kedua.

4. Manchester United menang 3-2 di babak perempat final Liga Champions 2009/2010

5 Pertemuan Manchester United dan Bayern Munich di Old TraffordLuis Nani melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Bayern Munich di babak perempat final Liga Champions 2009/2010. (fcbayern.com)

Pertandingan leg kedua antara Manchester United dan Bayern Munich di babak perempat final Liga Champions 2009/2010 berlangsung dramatis. Manchester United sempat unggul tiga gol terlebih dahulu melalui Darron Gibson serta dua gol Luis Nani. Bayern Munich kemudian menecetak dua gol melalui sontekan Ivica Olic dan Arjen Robben yang membuat skor akhir menjadi 3-2 bagi Manchester United.

Dua gol Bayern Munich membuat kemenangan Manchester United tak ada artinya. The Red Devils gagal lolos ke babak semifinal karena kalah agresivitas gol tandang meski agregat sama kuat 4-4. Hal itu karena Bayern Munich menang dengan skor 2-1 pada pertandingan pertama di Allianz Arena.

5. Hasil imbang 1-1 mewarnai babak perempat final Liga Champions 2013/2014 di Old Trafford

5 Pertemuan Manchester United dan Bayern Munich di Old TraffordNemanja Vidic mencetak satu gol ke gawang Bayern Munich di leg pertama perempat final Liga Champions 2013/2014. (manutd.com)

Manchester United dan Bayern Munich lagi-lagi bertemu di babak perempat final Liga Champions 2013/2014. The Red Devils menjadi tim pertama yang menjadi tuan rumah. Sayang, Manchester United gagal memanfaat keuntungan bermain di kandang karena hanya mampu bermain imbang 1-1. Gol dari Nemanja Vidic berhasil dibalas oleh Bastian Schweinsteiger.

Hasil imbang tersebut membuat mereka harus menang di leg kedua ketika bertandang ke Allianz Arena. Manchester United kembali unggul terlebih dahulu berkat aksi Patrice Evra. Namun, Die Roten mampu mebalas tiga gol melalui Mario Mandzukic, Thomas Mueller, dan Arjen Robben. Hasil tersebut membuat Bayern Munich lolos ke babak semifinal, sementara Manchester United pulang dengan kepala tertunduk.

Manchester United wajib meraih tiga poin untuk menjaga asa lolos ke fase gugur. Hasil imbang atau kekalahan akan membuat mereka menjadi juru kunci. Sementara itu, hasil apapun tak akan memengaruhi Bayern Munich yang sudah dipastikan keluar sebagai juara grup.

Baca Juga: 3 Pemain Bintang Manchester United Berpotensi Pergi pada Januari 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya