5 Pengguna Nomor 4 di Manchester United sebelum Sofyan Amrabat

Lebih banyak dipakai pemain belakang

Sofyan Amrabat menjadi pembelian terakhir Erik ten Hag untuk Manchester United pada bursa transfer musim panas 2023. Kedatangan gelandang asal Maroko tersebut dari Fiorentina bertujuan untuk memperkuat lini tengah Manchester United. Nama Amrabat mulai naik ketika ia tampil apik bersama Timnas Maroko pada Piala Dunia 2022.

Kedatangan Amrabat juga bisa mendongkrak performa Manchester United yang masih belum stabil pada awal musim 2023/2024. Amrabat akan memakai nomor punggung 4 di Manchester United. Sebelum Amrabat, berikut lima pemain Manchester United yang menggunakan nomor punggung 4.

1. Phil Jones baru dilepas Manchester United

5 Pengguna Nomor 4 di Manchester United sebelum Sofyan AmrabatPhil Jones (manutd.com)

Phil Jones pertama kali menginjakkan kaki di Old Trafford pada 2011 ketika dibeli Sir Alex Ferguson dari Blackburn Rovers. Jones didatangkan untuk menjadi penerus Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Jones langsung mengenakan nomor punggung 4 dan menjadi nomor yang selalu lekat dengannya di Manchester United.

Sayang, kariernya di Manchester United tak terlalu mulus karena sering diterpa cedera. Hal itulah yang membuatnya jarang mendapat kesempatan bermain sehingga posisinya mulai digeser oleh bek lain. Setelah 12 musim berada di Old Trafford, Jones akhirnya dilepas oleh Manchester United pada akhir musim 2022/2023.

2. Owen Hargreaves menggunakan nomor 4 selama bermain di Old Trafford

5 Pengguna Nomor 4 di Manchester United sebelum Sofyan AmrabatOwen Hargreaves (kanan) bersama Sir Alex Ferguson. (manutd.com)

Setelah menjalani musim-musim penuh kesuksesan bersama Bayern Munich, Owen Hargreaves merapat ke Manchester United pada 2007. Ia pun memilih nomor punggung 4 begitu tiba di Old Trafford. Nomor tersebut berbeda dengan yang ia pakai selama bermain bagi Bayern Munich, yakni nomor 23.

Sama seperti Jones, karier Hargreaves bersama Manchester United sering dilanda cedera. Ia bahkan hanya memainkan empat pertandingan EPL pada 2008/2010. Cedera yang tak kunjung mereda membuat Hargreaves kemudian dilepas ke Manchester City pada 2011.

Baca Juga: 6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024

3. Nemanja Vidic hanya semusim mengenakan nomor 4

5 Pengguna Nomor 4 di Manchester United sebelum Sofyan AmrabatNemanja Vidic (manutd.com)

Selama kariernya sebagai pesepak bola, nomor 4 menjadi nomor yang paling singkat dipakai oleh Nemanja Vidic. Nomor tersebut hanya ia gunakan selama semusim bersama Manchester United, yakni pada 2007/2008. Selebihnya, Vidic selalu menggunakan nomor 15 selama bermain di Old Trafford.

Nomor 15 juga masih ia pertahankan ketika Vidic hengkang ke Inter Milan. Selain kedua nomor tersebut, Vidic juga pernah memakai nomor 26 ketika masih berseragam Spartak Moscow dan Red Star Belgrade. Sementara itu, nomor 5 menjadi pilihannya ketika membela Timnas Serbia.

4. Jonny Evans kembali ke pangkuan Manchester United

5 Pengguna Nomor 4 di Manchester United sebelum Sofyan AmrabatJonny Evans (twitter.com/premierleague)

Jonny Evans merupakan didikan akademi Manchester United yang naik ke tim senior pada 2006. Pada musim pertamanya, Evans menggunakan nomor punggung 4. Ia kemudian sempat berganti ke nomor 23 dan 6 karena nomor 4 dipakai oleh pemain lain.

Pada 2015, Evans meninggalkan Old Trafford untuk membela West Bromwich Albion dan Leicester City. Pada 2023, Evans kembali ke pangkuan Manchester United setelah Leicester City terdegradasi. Kedatangan Evans diplot sebagai pelapis bagi Raphael Varane dan Lisandro Martinez. Namun, kali ini ia tak mengenakan nomor yang pernah ia pakai, melainkan nomor 35.

5. Nomor 4 identik dengan Gabriel Heinze selama berkostum Manchester United

5 Pengguna Nomor 4 di Manchester United sebelum Sofyan AmrabatGabriel Heinze (manutd.com)

Gabriel Heinze dikontrak Manchester United pada 2004 berkat penampilan apiknya bersama Paris Saint-Germain. Heinze pun dipercaya mengenakan nomor punggung 4 yang merupakan warisan rekan senegaranya, Juan Sebastian Veron. Pada musim pertamanya, Heinze tampil solid dalam mengawal sisi kiri pertahanan Manchester United.

Namun, pada musim keduanya, Heinze mulai dihinggapi cedera yang membuat menit bermainnya menurun. Ia pun kemudian dilepas ke Real Madrid pada 2007. Menariknya, Heinze tak pernah mengenakan nomor punggung 4 selain bersama Manchester United.

Sofyan Amrabat diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap performa Manchester United. Apalagi, mereka musim ini kembali tampil di Liga Champions Eropa.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 17 Manchester United sebelum Garnacho

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya