6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024

Juan Mata memulai petualangan baru bersama Vissel Kobe

Sebagai salah satu klub top Inggris dan Eropa, skuad Manchester United selalu diisi para pemain top. Dari masa ke masa, sejumlah pemain top silih berganti membela The Red Devils. Keberadaan mereka tentu saja akan tercatat dalam sejarah klub yang bermarkas di Old Trafford ini.

Meski telah hengkang dari Manchester United, sejumlah pemain masih memiliki daya tarik tersendiri hingga direkrut klub dari berbagai benua. Pengalaman mereka berseragam klub dengan raihan trofi juara Liga Inggris terbanyak ini menjadi salah satu faktornya. Pada 2023/2024, Sebanyak enam mantan pemain Manchester United tercatat sedang berkarier di benua Asia. Kehadiran mereka membuat liga-liga di Benua Kuning semakin menarik untuk disaksikan. Lantas, siapa saja pemain tersebut dan bagaimana kiprah mereka sejauh ini?

1. Odion Ighalo sempat meraih gelar top skor Saudi Pro League pada 2021/2022

6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024Odion Ighalo (manutd.com)

Odion Ighalo menjadi bagian dari Manchester United ketika dipinjam dari Shanghai Shenhua selama 1 tahun pada 2020—2021. Kedatangannya ke Old Trafford bersamaan dengan Bruno Fernandes yang saat itu direkrut dari Sporting CP. Selama membela The Red Devils, Ighalo mencatatkan 23 pertandingan dan mencetak 5 gol dan 1 assist.

Setelah masa peminjamannya selesai, pemilik 16 gol bersama Timnas Nigeria ini memilih hengkang ke Arab Saudi setelah menerima pinangan dari Al-Shabab. Semusim berselang, ia hengkang ke Al-Hilal. Setelah sempat menjadi top skor Saudi Pro League pada 2021/2022, ia hengkang ke Al-Wehda dengan status bebas transfer pada musim panas 2023.

2. Alex Telles reuni dengan Cristiano Ronaldo di Al-Nassr

6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024Alex Telles (instagram.com/alnassr)

Alex Telles harus menerima kenyataan bahwa dirinya tersingkir dari skuad The Red Devils sejak 2022/2023. Sempat dipinjamkan ke Sevilla dan mengantarkan klub tersebut menjuarai Liga Europa, ia dijual ke klub Arab Saudi setelah masa peminjamannya selesai pada musim panas 2023. Oleh Al-Nassr, ia diboyong dengan nilai sebesar 4,6 juta euro atau sekitar Rp75 miliar.

Di klub yang telah mengoleksi sembilan trofi Liga Arab Saudi itu, ia reuni dengan Cristiano Ronaldo. Selain itu, ia juga bekerja sama dengan mantan bintang Liverpool, Sadio Mane. Hingga pekan kelima Saudi Pro League 2023/2024, pemain asal Brasil ini baru mencatatkan satu pertandingan.

3. Shinji Kagawa pulang kampung pada 2023 setelah berkarier di Eropa sejak 2010

6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024Shinji Kagawa (instagram.com/sk23.10)

Shinji Kagawa merupakan seorang gelandang yang membela Manchester United selama 2 musim pada 2012—2014. Ia turut mengantarkan The Red Devils meraih trofi Premier League 2012/2013. Pada musim itu, Kagawa cukup diandalkan sebagai pemain yang mampu bermain di berbagai posisi dan berhasil mencetak 6 gol dan 4 assist dari 20 pertandingan.

Setelah hengkang dari Old Trafford, ia sempat membela beberapa klub berbeda sebelum akhirnya kembali ke klub pertamanya sebagai pemain profesional. Cerezo Osaka memulangkan pemain berusia 34 tahun ini pada Februari 2023 setalah perjalanan panjangnya berkarier di Eropa sejak 2010. Selain Manchester United, ia juga pernah membela beberapa klub Eropa lain, seperti Real Zaragoza, Borussia Dortmund, dan Besiktas.

Baca Juga: Konflik Internal Hantam Manchester United: Ten Hag Vs Sancho

4. Cristiano Ronaldo dipercaya untuk menjadi pemimpin di skuad Al-Nassr

6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024Cristiano Ronaldo (manutd.com)

Cristiano Ronaldo membuat kejutan pada musim dingin 2023. Setelah sempat berstatus tanpa klub sejak berpisah dengan The Red Devils pada November 2022, ia diumumkan sebagai pemain Al-Nassr pada Januari 2023. Klub kaya raya asal Arab Saudi itu mengikatnya dengan kontrak hingga 2025.

Meski tak lagi muda, bintang Timnas Portugal ini masih dipercaya sebagai pemain andalan di lini depan Al-Nassr. Tak hanya itu, ia juga diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai kapten tim. Total dari 24 pertandingan selama berkarier di Arab Saudi, Ronaldo telah mencetak 20 gol dan 7 assist.

5. Marouane Fellaini telah berkarier di China sejak 2019

6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024Marouane Fellaini (instagram.com/fellaini)

Para pendukung Manchester United tentu tak lupa dengan Marouane Fellaini. Selain karena rambutnya yang khas kala berseragam The Red Devils, ia juga sering diandalkan untuk mencetak gol meski berposisi sebagai gelandang. Posturnya yang cukup tinggi membuatnya beberapa kali mampu mencetak gol pemecah kebuntuan dengan sundulan kepala.

Setelah lebih dari 5 musim membela The Red Devils, pemain asal Belgia ini hengkang ke Asia, tepatnya ke Chinese Super League pada Februari 2019. Shandong Taishan saat itu memboyongnya dari Old Trafford dengan biaya sebesar 7,2 juta euro atau sekitar Rp118 miliar. Oleh klub yang telah berlaga di kasta tertinggi selama 20 tahun ini, Fellaini ditunjuk sebagai kapten tim pada 2023.

6. Juan Mata direkrut mantan klub Andrés Iniesta, Vissel Kobe.

6 Eks Manchester United yang Merumput di Asia pada 2023/2024Juan Mata (manutd.com)

Juan Mata menjadi mantan pemain Manchester United terbaru yang berlabuh ke klub Asia. Mantan klub Andrés Iniesta, Vissel Kobe, merekrutnya setelah kontrak pemain berusia 35 ini habis bersama Galatasaray sejak akhir musim 2022/2023. Di J1 League, ia akan bertemu dengan Shinji Kagawa yang membela Cerezo Osaka.

Pemain asal Spanyol ini tercatat berseragam Manchester United pada 2014—2022. Selama lebih dari 8 musim, ia berhasil mencatatkan 285 pertandingan dan mencetak 51 gol dan 47 assist. Selain itu, ia juga berhasil memenangi beberapa gelar, salah satunya trofi Liga Europa 2016/2017.

Pamor sepak bola Asia bisa dibilang kalah ketimbang Eropa. Dengan kehadiran Juan Mata di Vissel Kobe, tentu akan meningkatkan pamor Asia, terutama liga sepak bola Jepang. Dengan usia yang tak lagi muda, mampukah juara dunia 2010 ini membuktikan kualitasnya bersama Vissel Kobe?

Baca Juga: 7 Bintang Aktif yang Ternyata Pernah Membela Valencia, Ada Juan Mata

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya