5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Derbi d'Italia

Ada yang mencetak gol bagi kedua kubu

Laga panas dengan tajuk Derbi d'Italia yang mempertemukan Juventus dan Inter Milan akan tersaji pada Senin (27/11/2023). Pertandingan ini cukup penting karena siapa pun yang mengamankan kemenangan akan menjadi pemuncak klasemen Serie A. Pertemuan Juventus dan Inter Milan juga selalu dinantikan karena sejarah keduanya yang merupakan tim tersukses di Italia.

Meskipun Italia terkenal akan pertahanan gemboknya, kedua tim juga mempunyai deretan penyerang kelas atas. Lantas Siapakah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Derbi d'Italia?

1. Alessandro Del Piero tampil tajam dengan sembilan gol bagi Juventus

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Derbi d'ItaliaAlessandro Del Piero (twitter.com/ChampionsLeague)

Alessandro Del Piero mengawali karier sepak bola bersama Padova pada 1991. Namun, keputusannya untuk membela Juventus pada 1993 benar-benar membawa Del Piero mencapai puncak kejayaannya. Bersama La Vecchie Signora, Del Piero berhasil merengkuh 6 Scudetto, 1 Coppa Italia, dan 1 Liga Champions.

Dari sekian tim Serie A yang pernah dilawan Del Piero, gawang Inter Milan menjadi salah satu yang paling sering ia jebol, yakni sebanyak 8 gol. Gol pertama Del Piero ke gawang Inter Milan tercipta pada 1997/1998. Sementara itu, gol terakhirnya dibukukan pada 2011/2012 yang juga menjadi musim terakhirnya berkostum Juventus.

2. Pietro Anastasi punya catatan sembilan gol bersama Juventus

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Derbi d'ItaliaPietro Anastasi (juventus.com)

Pietro Anastasi mencapai potensi terbaiknya sebagai penyerang ketika berseragam Juventus pada 1968--1976. Salah satu bukti ketajamannya ia tunjukkan ketika menghadapi sang rival, Inter Milan. Anastasi mampu membukukan 9 gol dari 24 pertandingan derbi d'Italia.

Ia juga pernah mencatatkan tiga kali brace yang salah satunya tercipta di ajang Coppa Italia 1974/1975 ketika Juventus menang telak dengan skor 6-2. Menariknya, Anastasi justru memilih bergabung dengan Inter Milan pada 1976. Namun, pemain berjuluk Petruzzu 'u Turcu tersebut tak pernah mencetak gol bagi Inter Milan ketika menghadapi mantan timnya tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter Milan

3. Roberto Boninsegna punya koleksi 12 gol selama tampil di Derbi D'Italia

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Derbi d'ItaliaRoberto Boninsegna (juventus.com)

Sama seperti Pietro Anastasi, Roberto Boninsegna juga memiliki catatan 12 gol dalam Derbi d'Italia. Boninsegna juga sama-sama pernah membela kedua raksasa Italia tersebut. Bahkan, keduanya bertukar klub pada 1976 saat Boninsegna menyeberang ke Juventus, sementara Anastasi bergabung dengan Inter Milan.

Ketajaman Boninsegna memang lebih terlihat ketika ia berkostum Inter Milan. Boninsegna pernah menjadi top skor Serie A sebanyak dua kali pada 1970/1971 dan 1971/1972. Bersama Inter Milan, Boninsegna mampu membukukan sembilan gol ke gawang Juventus.

Sementara itu, ketika membela Juventus, Boninsegna mampu mencatatkan tiga gol ke jala mantan timnya. Bersama kedua tim tersebut, Boninsegna mampu merengkuh total 3 Scudetto, 1 Coppa Italia, dan 1 Piala UEFA.

4. Giueseppe Meazza mencetak 12 gol bagi Inter Milan dan Juventus

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Derbi d'ItaliaGiuseppe Meazza (figc.it)

Giuseppe Meazza merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Inter Milan. Bahkan, namanya diabadikan menjadi stadion yang saat ini menjadi kandang Inter Milan. Meazza juga merupakan pemain yang berjasa membawa Italia merengkuh dua gelar juara Piala Dunia pada 1934 dan 1938.

Di level klub, prestasinya bersama Inter Milan juga terbilang baik dengan raihan 3 Scudetto dan 1 Coppa Italia. Meskipun namanya besar bersama Inter Milan, Meazza juga merupakan pemain yang pernah membela Juventus dalam Derbi d'Italia. Total, Meazza mampu membukukan 12 gol dalam Derbi d'Italia dengan rincian 10 gol bagi Inter Milan dan 2 gol untuk Juventus.

5. Omar Sivori menjadi top skor Derbi D'Italia dengan koleksi 13 gol

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Derbi d'ItaliaOmar Sivori (transfermarkt.com)

Omar Sivori merupakan top skor sepanjang masa dalam derbi d'Italia dengan torehan 13 gol yang semuanya ia buat bersama Juventus. Inter Milan juga merupakan tim kedua yang paling sering ia bobol setelah Vicenza. Penampilan terbaiknya dalam derbi d'Italia terjadi pada musim 1960/1961 ketika ia mencetak enam gol dalam kemenangan Juventus 9-1.

Peraih Ballon d'Or 1961 tersebut juga pernah mencetak satu gol di final Coppa Italia 1959 ketika Juventus menang dengan skor 4-1. Sivori total membukukan 165 gol dari 254 pertandingan bagi Juventus di semua kompetisi. Jumlah gol tersebut menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak kelima Juventus sepanjang masa.

Kelima pemain tersebut mampu tampil tajam dalam derbi d"italia. Menariknya, 3 dari 5 pemain tersebut pernah membela kedua kubu dalam salah satu pertandingan terpanas di kancah sepak bola Italia tersebut.

Baca Juga: Sambut Juventus, Tim dengan Gaji Tertinggi di Serie A

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya