Comscore Tracker

6 Pemain yang Pernah Lakukan Tendangan Panenka di Piala Dunia

Achraf Hakimi bawa Maroko pulangkan Spanyol

Tendangan panenka merupakan salah satu teknik ikonik ketika mengeksekusi penalti. Meskipun terlihat lemah, arahnya yang menuju tengah gawang sering membuat penjaga gawang terkecoh.

Butuh keberanian besar dari seorang pemain untuk melakukan tendangan panenka, terutama di ajang sebesar Piala Dunia. Berikut enam pemain yang pernah lakukan tendangan panenka di Piala Dunia.

1. Michal Bilek jadi orang pertama yang lakukan tendangan panenka di Piala Dunia

6 Pemain yang Pernah Lakukan Tendangan Panenka di Piala DuniaMichal Bilek melakukan tendangan panenka pada Piala Dunia 1990. (fifa.com)

Tendangan panenka pertama kali dipopulerkan oleh pemain asal Cekoslovakia, Antonin Panenka, pada laga final Piala Eropa 1976. Teknik tersebut kemudian diikuti kompatriotnya, Michal Bilek, pada Piala Dunia 1990 ketika Cekoslovakia bertemu Amerika Serikat.

Sayang, Bilek gagal memperdaya Tony Meola yang sukses memprediksi arah tendangannya. Beruntung, Cekoslovakia ketika itu sudah unggul empat gol terlebih dahulu. Itu juga merupakan percobaan panenka pertama di Piala Dunia.

2. Artem Milevskiy lakukan panenka saat Ukraina bertemu Swiss pada 16 besar Piala Dunia 2006

6 Pemain yang Pernah Lakukan Tendangan Panenka di Piala DuniaArtem Milevskiy (uefa.com)

Laga yang berlangsung 0-0 hingga 120 menit waktu berjalan antara Ukraina dan Swiss membuat adu penalti menjadi penentu siapa yang lolos ke perempat final. Andriy Shevchenko yang tampil sebagai penendang pertama Ukraina gagal menjalankan tugasnya.

Beruntung, Artem Milevskiy yang jadi penendang kedua Ukraina mengecoh Pascal Zuberbuhler dengan teknik panenka. Pada akhirnya Ukraina lolos ke perempat final setelah ketiga penendang Swiss gagal membobol gawang Oleksandr Shovkovskyi.

3. Tendangan panenka Zinedine Zidane membuat Prancis ungguli Italia di final Piala Dunia 2006

Prancis mendapat hadiah penalti di final Piala Dunia 2006 setelah Florent Malouda dilanggar Marco Materazzi di kotak terlarang. Zinedine Zidane yang tampil sebagai eksekutor dengan tenang mengecoh Gianluigi Buffon dengan menjadi pemain yang pernah lakukan tendangan panenka di Piala Dunia.

Selain dikenang karena tendangan panenkanya, Zidane juga diingat karena mendapat kartu merah setelah menanduk Marco Materazzi. Prancis akhirnya harus takluk dari Italia lewat drama penalti.

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Terciptanya Tendangan Panenka, Sebuah Seni Penalti!

4. Sebastian Abreu jadi penentu Uruguay vs Ghana pada babak perempat final Piala Dunia 2010

6 Pemain yang Pernah Lakukan Tendangan Panenka di Piala DuniaSebastian Abreu jadi penentu lolosnya Uruguay ke babak semifinal Piala Dunia 2010. (conmebol.com)

Momen yang tak bisa dilupakan dari pertandingan Ghana melawan Uruguay pada perempat final Piala Dunia 2010 adalah saat Luis Suarez menepis bola dengan tangannya tepat di garis gawang. Beruntung, Asamoah Gyan gagal mengeksekusi penalti sehingga laga berlanjut ke adu penalti.

Saat adu penalti, muncul momen ikonik lainnya dari Sebastian Abreu. Tampil sebagai penendang terakhir sekaligus penentu bagi Uruguay, Abreu dengan percaya diri melakukan teknik panenka untuk membawa Uruguay lolos ke semifinal.

5. Fyodor Smolov gagal ketika Rusia bertemu Kroasia di perempat final Piala Dunia 2018

6 Pemain yang Pernah Lakukan Tendangan Panenka di Piala DuniaDanijel Subasic menepis tendangan panenka Fyodor Smolov pada perempat final Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Tampil sebagai tuan rumah, Rusia mengejutkan dunia dengan menembus perempat final setelah memulangkan Spanyol lewat adu penalti. Momen tersebut harus kembali dilalui Rusia ketika bertemu Kroasia di perempat final.

Fyodor Smolov yang menjadi penendang pertama bagi Rusia gagal mengecoh Danijel Subasic. Tendangan panenka yang ia lakukan dengan mudah ditepis sang kiper. Kegagalan lainnya dari Mario Fernandes membuat langkah Rusia terhenti.

6. Ketenangan Achraf Hakimi bawa Maroko tekuk Spanyol pada 16 besar Piala Dunia 2022

6 Pemain yang Pernah Lakukan Tendangan Panenka di Piala DuniaSelebrasi Achraf Hakimi usai memastikan langkah Maroko ke babak perempat final Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Maroko menunjukkan mereka menjadi salah satu kuda hitam dengan mengalahkan Belgia sekaligus memuncaki Grup F untuk menantang Spanyol. Permainan solid yang mereka tampilkan mampu membuat La Furia Roja tak mampu menjebol gawang Maroko.

Pertandingan pun terpaksa diselesaikan melalui adu penalti. Achraf Hakimi yang merupakan eksekutor keempat Maroko menjadi penentu kemenangan setelah tendangan panenka darinya tak mampu ditepis Unai Simon.

Pahlawan sebenarnya dari pertandingan tersebut adalah sang kiper, Yassine Bounou. Bounou secara heroik mampu menepis tiga penendang Spanyol untuk membawa The Atlas Lion melaju ke perempat final menantang Portugal.

Butuh keberanian bagi seorang pemain untuk melakukan tendangan panenka di ajang sebesar Piala Dunia. Bahkan, tak semua tendangan panenka berhasil mengecoh penjaga gawang lawan. Namun, ada juga pemain yang pernah lakukan tendangan panenka di Piala Dunia berhasil menjadi penentu kemenangan.

Baca Juga: Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala Dunia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya