5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing Day

Harry Kane berdiri di puncak

Memasuki akhir Desember, para pemain English Premier League (EPL) tak akan mendapat jatah libur. Mereka justru harus bekerja lebih keras karena menghadapi Boxing DayLaga ini akan menguras tenaga karena jadwal yang lebih padat dari biasanya. Tak heran beberapa tim kerap tergelincir ketika memasuki Boxing Day.

Meski melelahkan, ada pula pemain yang tetap tampil tajam ketika menjalani Boxing DayJadwal padat dan hawa dingin tak membuat insting gol mereka menumpul. Berikut lima pencetak gol terbanyak Premier League di Boxing Day.

1. Thierry Henry punya koleksi tujuh gol di Boxing Day

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing DayThierry Henry (twitter.com/EuropaLeague)

Thierry Henry merupakan penyerang terbaik yang pernah dimiliki Arsenal pada era English Premier League. Pemain asal Prancis tersebut merupakan top skor Arsenal dengan koleksi 175 gol di EPL. Tak heran Henry juga masuk dalam lima daftar teratas pencetak gol di Boxing Day.

Salah satu momen terbaik Henry tercipta pada 2000 ketika Arsenal menghadapi Leicester City di Boxing Day. Dalam laga tersebut, Henry tampil apik dengan membukukan hattrick dalam kemenangan Arsenal 6-1 atas Leicester City. Henry sendiri berhasil mengemas total tujuh gol bersama Arsenal di Boxing Day.

2. Alan Shearer mampu mengemas delapan gol di Boxing Day

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing DayAlan Shearer (twitter.com/premierleague)

Alan Shearer memang tak pernah membela tim besar selama kariernya di Premier League. Namun, ia punya catatan delapan gol selama bermain di Boxing DayShearer membukukan dua gol bersama Blackburn Rovers pada 1994 dan 1995. Keduanya dicetak ketika menghadapi Manchester City. 

Sementara itu, sisa enam gol lainnya ia bukukan ketika membela Newcastle United. Shearer merupakan penyerang kelas atas pada masanya dengan koleksi 260 gol di EPL. Ia juga pernah meraih gelar juara kasta teratas Liga Inggris pada 1994/1995 bersama Blackburn Rovers.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Boxing Day 26-27 Desember 2023

3. Robbie Keane juga mengoleksi delapan gol ketika tampil di Boxing Day

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing DayRobbie Keane (twitter.com/premierleague)

Sama seperti Alan Sheaerer, Robbie Keane juga memiliki catatan delapan gol di Boxing DayPerforma terbaik penyerang asal Irlandia tersebut terjadi ketika berseragam Tottenham Hotspur. Keane merupakan top skor kelima sepanjang masa The Lilywhites dengan koleksi 122 gol.

Namun, gol pertama Keane di Boxing Day terjadi ketika masih berseragam Coventry City pada 1999. Menghadapi tim kuat Arsenal, Keane mencetak satu gol untuk membantu timnya menang dengan skor ketat 3-2. Setelah itu, penyerang yang punya selebrasi ikonik tersebut menambah 7 gol untuk melengkapi catatan 8 golnya di Boxing Day.

4. Robbie Fowler tampil tajam di Boxing Day dengan lesakkan sembilan gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing DayRobbie Fowler (liverpoolfc.com)

Robbie Fowler memiliki catatan yang cukup menarik selama bermain di Boxing DayFowler justru lebih sering mencetak gol di laga tandang daripada ketika bermain di kandang sendiri. Ada total 7 dari 9 gol yang dicetak Fowler di Boxing Day terjadi di kandang lawan.

Meski lebih dikenal ketika berseragam Liverpool, salah satu momen terbaik Fowler di Boxing Day justru terjadi ketika berseragam Leeds United. Pada Boxing Day 2001, Fowler sukses mencetak hattrick untuk mengantarkan The Whites meraih kemenangan 3-0 atas Bolton Wanderers. Fowler bahkan punya kesempatan mencetak gol keempat jika berhasil mengeksekusi penalti.

5. Harry Kane menjadi top skor Boxing Day dengan sepuluh gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing DayHarry Kane (premierleague.com)

Harry Kane merupakan top skor Boxing Day dengan koleksi sepuluh gol. Penyerang utama Timna Inggris tersebut punya catatan impresif dengan selalu mencetak gol dalam tujuh pertandingan Boxing DayKane melewati catatan Robbie Fowler ketika mencetak satu gol ke jala Brentford pada Boxing Day 2022.

Kane juga pernah mencetak hattrick ketika memborong tiga gol Tottenham Hotspur dalam laga melawan Burnley pada 2017. Sayang, kane tak bisa menambah catatan golnya karena telah meninggalkan Premier League pada musim panas 2023. Saat ini, Kane tampil di Bundesliga Jerman bersama Bayern Munich.

Dari kelima pemain dengan gol terbanyak di Boxing Daytak ada satu pun pemain yang masih bermain di Premier League. Hal tersebut membuat rekor milik Harry Kane sepertinya akan bertahan cukup lama.

Baca Juga: Asal-Usul Boxing Day di Premier League, Ada yang Tahu?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya