Asal-Usul Boxing Day di Premier League, Ada yang Tahu?

Ada dua teori mengenai Boxing Day di Premier League

Jakarta, IDN Times - Selain umat Kristiani, Natal juga ditunggu-tunggu pencinta sepak bola di seluruh dunia, khususnya Inggris. Itu karena Premier League justru sibuk ketika mayoritas kompetisi di Eropa lainnya libur selama Natal dan Tahun Baru.

Premier League dan kompetisi kasta di bawahnya tetap berlanjut, untuk melakoni tradisi Boxing Day. Memang, ini bak buah simalakama karena Boxing Day bisa jadi hiburan fans, namun menyiksa para pemain karena gak punya waktu istirahat.

Jadwalnya begitu padat, karena sedikitnya sebagian besar klub harus main tiga kali selama sepekan selama periode Boxing Day. 

Itu karena para pemain harus melewati jadwal yang begitu padat. Sebagian besar klub Inggris setidaknya tiga kali berlaga dalam sepekan saat memasuki Boxing Day.

Belakangan, tradisi Boxing Day malah diikuti sejumlah kompetisi, tapi hanya terjadi saat masa Tahun Baru. Lantas sebenarnya dari mana asal-usul ide Boxing Day? Dilansir dari berbagai sumber, berikut IDN Times ulas agar kamu lebih kenal dengan Boxing Day!

1. Sejarah Boxing Day di sepak bola Inggris

Asal-Usul Boxing Day di Premier League, Ada yang Tahu?logo Premier League (premierleague.com)

AS melansir, Boxing Day pertama kali dimainkan pada 1888 silam. Ada alasan khusus mengapa dinamakan Boxing Day, bukan Football Day.

Itu karena Boxing Day yang dimaksud bukan hari bertinju, melainkan waktunya membungkus hadiah untuk Natal. Nama ini diambil dari tradisi keluarga kaya pada abad pertengahan di Inggris. Di masa lalu, para pelayan harus bekerja saat Hari Natal.

Mereka baru mendapat libur sehari setelah Natal, yakni 26 Desember. Nah, pada hari libur itu, keluarga kaya memberikan hadiah yang dibungkus rapi dalam sebuah kotak untuk para pelayannya.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Boxing Day 26-27 Desember 2023

2. Ada versi lain, apa itu?

Asal-Usul Boxing Day di Premier League, Ada yang Tahu?Erling Haaland dan pemain Manchester City saat melakukan selebrasi gol dalam duel laga pertama melawan Bunley yang berakhir dengan skor 0-3. (Twitter/@ManCity)

Kehadiran Boxing Day di sepak bola Inggris juga banyak versinya. Ada pula yang menyatakan, Boxing Day berawal dari momen gencatan senjata antara tentara Inggris dan Jerman, selama Perang Dunia pertama di perbatasan Belgia, pada 1914 silam.

Kedua belah pihak sepakat untuk gencatan senjata untuk menghabiskan momen Hari Natal bersama. Bermain sepak bola menjadi salah satu cara mereka untuk menghibur diri, pada hari spesial tersebut.

Sumber lain menyebut, Boxing Day bertepatan dengan kampanye Football League yang memulai debutnya. Kala itu, Preston North End menggilas Derby County lima gol tanpa balas.

3. Boxing Day musim 2023/24 seru?

Asal-Usul Boxing Day di Premier League, Ada yang Tahu?Liverpool ditahan imbang MU 0-0, Minggu (17/12/2023). (premierleague.com).

Pada musim ini, Boxing Day juga menyajikan sederet partai seru. Salah satunya Manchester United yang mendapat ujian berat dari Aston Villa, Rabu (27/12/2023) dini hari WIB.

Kendati berlaga di Old Trafford, mengalahkan The Villans bukan perkara mudah buat Setan Merah. Tim besutan Unai Emery dalam performa yang konsisten dan duduk di peringkat tiga klasemen sementara.

Sejauh ini, baru Liverpool selaku anggota The Big Six yang mampu mengalahkan Ollie Watkins dan kolega. Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Arsenal, menyerah dengan selisih satu gol.

Baca Juga: Aston Villa Mau Bikin Manchester United Malu Lagi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya