Rekor Sempurna Juergen Klopp di Boxing Day Masih Berlanjut

Liverpool benamkan Burnley 2-0 di Boxing Day 2023

Liverpool berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 atas Burnley di Boxing Day, Rabu (27/12/2023) dini hari. Kemenangan ini membuat Liverpool untuk sementara menghuni puncak klasemen English Premier League (EPL). Hasil ini terbilang positif karena dalam dua pertandingan EPL sebelumnya Liverpool hanya mampu bermain imbang kontra Arsenal dan Manchester United.

Selain mendapat tiga poin, kemenangan ini juga menjadi catatan spesial bagi sang pelatih, Juergen Klopp. Pelatih asal Jerman tersebut selalu berhasil meraih kemenangan di Boxing Day selama menjadi juru taktik Liverpool. Rekor tersebut bahkan tak mampu disamai oleh pelatih lain di EPL.

1. Liverpool tampil dominan atas Burnley

Rekor Sempurna Juergen Klopp di Boxing Day Masih BerlanjutLiverpool menang 2-0 atas Burnley di Boxing Day. (liverpoolfc.com)

Bertandang ke Turf Moor, markas Burnley, Liverpool unggul cepat pada menit keenam melalui tendangan keras Darwin Nunez dari luar kotak penalti. Liverpool yang terus menekan mendapat dua peluang emas dari Mohamed Salah yang gagal dikonversi menjadi gol. Peluang pertama berhasil digagalkan penjaga gawang Burnley, James Trafford. Sementara itu, satu peluang lain hanya membentur mistar gawang.

Pada menit ke-28, Cody Gakpo sempat menggetarkan gawang Burnley. Sayang, gol tersebut dianulir karena Darwin Nunez dianggap melakukan pelanggaran sebelum terjadi gol. Pada menit ke-55, gol Liverpool yang dicetak Harvey Elliott kembali dianulir oleh wasit. Kali ini, Mohamed Salah dianggap berada dalam posisi offside.

The Reds akhirnya benar-benar mencetak gol kedua jelang pertandingan berakhir melalui aksi Diogo Jota yang masuk dari bangku cadangan. Menerima umpan backheel dari Luis Diaz, Jota mencetak gol melalui sudut sempit. Gol ini menjadi kado manis bagi penyerang asal Portugal tersebut setelah sempat absen karena cedera.

2. Juergen Klopp selalu meraih kemenangan di Boxing Day

Rekor Sempurna Juergen Klopp di Boxing Day Masih BerlanjutJuergen Klopp (liverpoolfc.com)

Kemenangan 2-0 atas Burnley membuat catatan apik Juergen Klopp di Boxing Day terus berlanjut. Sejak menukangi Liverpool pada 2015, Klopp selalu meraih kemenangan ketika bermain pada tanggal 26 Desember. Rentetan tujuh kemenangan ini merupakan yang terbaik dalam sejarah tim. Kali terakhir Liverpool takluk di Boxing Day terjadi pada 2014 dari Manchester City ketika masih diasuh Brendan Rodgers.

Tak hanya meraih kemenangan, anak asuhan Klopp juga selalu tampil apik. Tercatat, Liverpool berhasil menjebol gawang lawan sebanyak 19 kali dan hanya 1 kali kebobolan. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang mereka dicetak Aston Villa pada 2022. Kemenangan terbesar Klopp di Boxing Day terjadi pada 2017 ketika menang 5-0 atas Swansea City. Tak ada pelatih lain yang mempunyai rekor lebih baik dari Klopp.

Daftar kemenangan Juergen Klopp di Boxing Day:

2015: Liverpool 1-0 Leicester City

2017: Liverpool 5-0 Swansea City

2018: Liverpool 4-0 Newcastle United

2019: Liverpool 4-0 Leicester City

2022: Liverpool 3-1 Aston Villa

2023: Liverpool 2-0 Burnley.

3. Beberapa pemain menorehkan catatan impresif

Rekor Sempurna Juergen Klopp di Boxing Day Masih BerlanjutDiogo Jota mencetak gol di Boxing Day melawan Burnley. (liverpoolfc.com)

Darwin Nunez tampil sebagai Man of the Match berkat lesakkan satu golnya. Gol tersebut juga membuka keran golnya yang sempat terhenti dalam 12 pertandingan di semua kompetisi. Kali terakhir Nunez mencetak gol terjadi pada 2 November 2023 lalu ketika menghadapi Bournemouth di babak 16 besar Piala Liga Inggris.

Diogo Jota tak hanya mengamankan kemenangan Liverpool atas Burnley. Gol tersebut merupakan gol ke-50 bagi Jota bersama Liverpool sejak bergabung pada 2020. Jota kembali dari cedera di saat yang tepat sebab Mohamed Salah dipastikan akan absen karena membela Mesir di Piala Afrika 2023.

Pertandingan melawan Burnley juga merupakan laga ke-250 bagi Mohamed Salah di EPL. Pemain asal Mesir tersebut tampil sebanyak 237 pertandingan bagi Liverpool. Sebelumnya, Salah sudah bermain dalam 13 pertandingan bersama Chelsea.

Cody Gakpo juga menjalani malam spesial karena pertandingan menghadapi Burnley. Selain memberi assist untuk gol pertama Liverpool yang dicetak Darwin Nunez, laga tersebut merupakan laga ke-50 bersama Liverpool di semua kompetisi. Sejak dibeli pada Januari 2022, Gakpo menjadi opsi di lini depan dengan koleksi 14 gol.

Satu pemain lain yang cukup menarik perhatian adalah Jarell Quansah. Pemain didikan akademi Liverpool tersebut dipasang di lini pertahanan sejak menit awal. Duetnya bersama Virgil van Dijk berhasil membuat jala Liverpool tak kemasukan gol hingga akhir pertandingan. Kehadiran Quasah dapat menggantikan posisi Joel Matip yang mengalami cedera.

Liverpool berhasil meraih tiga poin atas Burnley dengan skor 2-0 di Boxing Day. Kemenangan tersebut juga melanjutkan rekor impresif Juergen Klopp yang selalu meraih kemenangan ketika bermain pada 26 Desember.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing Day

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya