5 Tim Championship Terakhir yang Promosi ke EPL Lewat Jalur Playoff

Luton Town kembali ke kasta teratas Liga Inggris

Terdapat tiga tiket bagi tim Championship untuk promosi ke English Premier League (EPL). Dua tiket otomatis diperoleh oleh tim teratas, sementara satu tiket lainnya diperebutkan oleh penghuni posisi 3—6. Mereka akan menjalani babak playoff untuk menentukan siapa yang merebut tiket terakhir ke EPL.

Pada 2022/2023, Luton Town berhasil naik ke kasta teratas sepak bola Inggris usai memenangi final playoff Championship. Coventry City mereka taklukan melalui adu penalti. Berikut lima tim Championship terakhir yang promosi ke EPL lewat jalur playoff.

1. Aston Villa

5 Tim Championship Terakhir yang Promosi ke EPL Lewat Jalur PlayoffAston Villa (premierleague.com)

Aston Villa asuhan Dean Smith mendapat satu tiket ke babak playoff usai finis di urutan kelima pada 2018/2019. Pada babak semifinal, mereka menghadapi peringkat keempat, West Bromwich Albion. Kedua tim memiliki agregat sama kuat (2-2) dalam dua leg yang sudah dijalani.

Aston Villa akhirnya lolos setelah menang lewat adu penalti. Kemudian, mereka harus menghadapi Derby County pada babak final. Derby sendiri sebelumnya mengalahkan Leeds United. Pada pertandingan yang berlangsung di Wembley tersebut, Aston Villa menang 2-1 berkat gol Anwar El Ghazi dan John McGinn.

2. Fulham

5 Tim Championship Terakhir yang Promosi ke EPL Lewat Jalur PlayoffFulham (premierleague.com)

Fulham yang baru saja terdegradasi dari English Premier League 2018/2019 tak ingin berlama-lama bermain di Championship. Mereka pun mengunci posisi keempat pada klasemen akhir 2019/2020. Pada babak semifinal, The Cottagers sudah ditunggu Cardiff City selaku pemilik posisi kelima.

Dalam laga tersebut, Fulham lolos dengan agregat 3-2 usai menang 2-0 pada leg pertama dan kalah 1-2 pada leg kedua. Sementara, partai final melawan Brentford berlangsung ketat hingga memasuki babak perpanjangan waktu. Dua gol dari Joseph Bryan yang hanya mampu dibalas sekali oleh Henrik Dalsgaard mengantar Fulham lolos ke EPL.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Aston Villa yang Diboyong dari Klub LaLiga

3. Brentford

5 Tim Championship Terakhir yang Promosi ke EPL Lewat Jalur PlayoffBrentford (premierleague.com)

Usai kalah pada babak final playoff Championship 2020, Brentford kembali ke final semusim berselang. Sebelumnya, mereka gagal mendapat tiket otomatis usai menduduki peringkat ketiga. Brentford tertinggal dari Norwich City dan Watford sehingga harus melalui jalur playoff.

Kegagalan yang sama tak ingin mereka ulangi dua kali. Brentford sukses menekuk Bournemouth dengan agregat 3-2 pada babak semifinal. Mereka akhirnya sukses tampil di English Premier League untuk pertama kalinya dalam sejarah klub usai membekuk Swansea City 2-0 di laga final.

4. Nottingham Forest

5 Tim Championship Terakhir yang Promosi ke EPL Lewat Jalur PlayoffNottingham Forest (premierleague.com)

Nottingham Forest yang merupakan pemilik dua trofi Liga Champions Eropa sudah cukup lama tak bermain di kasta teratas Liga Inggris. Mereka kemudian mendapat peluang besar setelah finis keempat pada 2021/2022. Sheffield United yang menghuni peringkat kelima sudah menunggu pada babak semifinal.

Dalam laga tersebut, Nottingham Forest lolos ke final melalui adu penalti setelah imbang agregat 3-3. Pada partai final, mereka sukses menjinakkan Huddersfield Town dengan skor tipis 1-0. Nottingham Forest mengakhiri penantian panjang mereka tampil di EPL setelah terakhir kali terjadi pada 1998/1999.

5. Luton Town

5 Tim Championship Terakhir yang Promosi ke EPL Lewat Jalur PlayoffLuton Town (premierleague.com)

Luton Town memastikan diri bermain di English Premier League usai menang melawan Coventry City di final playoff Championship 2023. Luton Town menang lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1. Sebelumnya, mereka lebih dahulu mengalahkan Sunderland dengan agregat 3-2.

Prestasi ini sungguh hebat bagi tim yang sempat bermain di kasta kelima Liga Inggris. Terakhir kali tim ini tampil di kasta tertinggi sepak bola Inggris terjadi pada 1991/1992. Luton Town sendiri menemani Burnley dan Sheffield United yang lebih dahulu mendapat tiket promosi otomatis ke EPL.

Keempat tim pemenang playoff Championship sebelum Luton Town masih bertahan di English Premier League. Lantas, mampukah tim berjuluk The Hatters tersebut bertahan lama atau justru kembali terdegradasi musim depan? Kita lihat saja!

Baca Juga: 7 Pemain Fulham yang Bakal Hengkang pada Musim Panas 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya