Comscore Tracker

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemain

Bakal mulai berlaku tanggal 1 Juli 2022

Pinjam-meminjam pemain merupakan skema yang lazim dilakukan oleh klub sepak bola. Bagi klub peminjam, mereka bisa memperkuat tim tanpa harus banyak mengeluarkan biaya. Sementara bagi tim yang meminjamkan, langkah ini biasanya menjadi salah satu cara agar memiliki ruang untuk mendatangkan pemain lain.

Namun, pada, Kamis (20/2/22), FIFA dalam situs resminya merilis sebuah berita soal aturan baru terkait peminjaman pemain. Nantinya, klub pun tidak lagi bisa terlalu bebas dalam melakukan skema ini. Lalu, bagaimana detailnya? Berikut 10 detail terkait aturan baru tersebut yang perlu kamu simak.

1. Per 1 Juli 2024, klub hanya boleh meminjam dan meminjamkan maksimal 6 pemain

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Conor Gallagher yang dipinjamkan Chelsea ke Crystal Palace (twitter.com/CPFC)

2. Namun, sebelum itu akan ada masa transisi di mana sejak 1 Juli 2022—30 Juni 2023 jumlah tersebut dibatasi hingga 8 pemain

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Philipe Coutinho yang dipinjam Aston Villa dari Barcelona (twitter.com/AVFCOfficial)

3. Selanjutnya, dari 1 Juli 2023—30 Juni 2024 jumlah tersebut berkurang menjadi 7 pemain

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Antoine Griezmann yang dipinjam Atletico Madrid dari Barcelona (twitter.com/Atleti)

4. Durasi peminjaman kini dibatasi maksimal hanya setahun saja

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Nuno Mendes yang dipinjam Paris Saint-Germain dari Sporting Lisbon (twitter.com/PSG_Inside)

5. Klub hanya boleh meminjam maksimal tiga pemain dari satu klub yang sama

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Saul Niguez yang dipinjam Chelsea dari Atletico Madrid (twitter.com/ChelseaFC)

Baca Juga: 5 Rumor Transfer Terbaru di Sisa Bursa Transfer Musim Dingin 2021/2022

6. Begitupun sebaliknya, klub hanya boleh meminjamkan maksimal tiga pemain ke satu klub yang sama

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Moise Kean yang dipinjam Juventus dari Everton (twitter.com)

7. Pemain yang telah dipinjamkan dilarang untuk kembali dipinjamkan ke klub ketiga

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Cristian Romero yang dipinjam Tottenham Hotspur dari Atalanta (twitter.com/CutiRomero2)

8. Aturan ini tidak akan berlaku bagi pemain usia 21 tahun atau lebih muda dan mereka yang merupakan pemain tim akademi

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Joaquin Correa yang dipinjam Inter dari Lazio (twitter.com/Inter)

9. Tiga tujuan utama dari diberlakukannya aturan ini adalah demi pengembangan pemain muda, mempromosikan keseimbangan kompetisi, dan mencegah penumpukan pemain

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Hector Bellerin yang dipinjam Real Betis dari Arsenal (twitter.com/HectorBellerin)

10. Aturan ini sejatinya sudah akan diberlakukan pada Juli 2020 lalu. Namun, terpaksa harus ditunda karena dampak dari COVID-19

10 Detail Aturan Baru FIFA Terkait Peminjaman Pemainpotret Brahim Diaz yang dipinjam AC Milan dari Real Madrid (twitter.com/Brahim)

Perlu dicatat bahwa aturan ini belum resmi berlaku karena masih harus menunggu persetujuan dari anggota dewan FIFA dalam rapat selanjutnya. Jika disepakati, seperti yang telah disebutkan di atas, maka aturannya pun akan mulai berlaku sejak 1 Juli 2022 nanti.

Baca Juga: 5 Transfer Pinjaman Top Sesama Klub Serie A pada Bursa Transfer 21/22

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya