Manchester City Panen Cuan dari Tim Akademi pada Musim Panas 2023

Manchester City raup keuntungan Rp787 miliar dari akademi

Manchester City meraih uang sebesar Rp695,27 miliar dari hasil penjualan pemain pada bursa transfer musim panas kali ini. Mereka melepas Riyad Mahrez ke Al-Ahli dengan harga Rp608,36 miliar dan Yangel Herrera ke Girona dengan harga Rp86,91 miliar. Menariknya, nilai lebih besar justru mereka raup dari tim akademi.

Tercatat, The Cityzens telah menjual empat pemain akademi yang menghasilkan keuntungan total sebesar Rp787,39 miliar. Hasil ini jelas boleh dibilang sebagai kesepakatan bisnis yang masif karena mampu mendongkrak neraca keuangan Manchester City secara signifikan. Siapa saja pemain akademi Manchester City yang penjualannya efektif memberi keuntungan klub pada bursa transfer musim panas 2023 ini?

1. James Trafford dijual ke Burnley dengan harga Rp300,7 miliar

Manchester City Panen Cuan dari Tim Akademi pada Musim Panas 2023James Trafford (Twitter.com/BurnleyOfficial)

James Trafford menjadi penyumbang keuntungan terbesar dalam daftar ini. Kiper berusia 20 tahun tersebut dibeli oleh Burnley dengan harga sekitar Rp300,7 miliar. Nilai Trafford memang melejit usai membawa Inggris menjadi juara Piala Eropa U-21.

Sepanjang turnamen, kiper setinggi 1,92 meter itu tidak kebobolan sama sekali. Di partai final melawan Spanyol, ia bahkan bisa menggagalkan satu tendangan penalti yang membuat Inggris menang dengan skor 1-0. Semakin heroik, penyelamatan tersebut dibuat oleh Trafford beberapa saat sebelum laga usai.

Trafford sendiri sudah membela akademi Manchester City sejak 2015 saat masih berusia 12 tahun. Namun, ia belum pernah mencatatkan penampilan untuk tim senior. Bahkan, sejak 2021, Trafford pun tidak berada di lingkungan klub karena dipinjamkan ke Accrington Stanley dan Bolton Wanderers. 

Baca Juga: 5 Pemain Muda Manchester City yang Dijual dengan Potensi Tinggi 

2. Ajax Amsterdam beli Carlos Forbs Rp243,34 miliar dan bisa meningkat hingga Rp318,5 miliar

Manchester City Panen Cuan dari Tim Akademi pada Musim Panas 2023Carlos Forbs (Instagram.com/carlos.forbs)

Carlos Forbs menjadi nama selanjutnya dalam daftar ini. Pada 2 Agustus 2023, dalam situs resminya Ajax Amsterdam mengumumkan bahwa mereka telah membeli penyerang asal Portugal tersebut seharga 14 juta euro (Rp243,34 miliar). Ajax bahkan menyebut bahwa nilainya bisa meningkat menjadi 19 juta euro (Rp318,5 miliar) jika sang pemain memenuhi beberapa syarat tertentu.

Pada 2022/2023, Forbs memang tampil cemerlang bersama Manchester City U-21 di Premier League 2. Pemain kidal yang bergabung dari Sporting CP pada 2014 tersebut membawa mereka juara dengan catatan 21 gol dan 11 assist. Jumlah tersebut membuatnya terpilih sebagai top skor sekaligus pemain terbaik.

3. Shea Charles digaet Southampton dengan harga Rp212,93 miliar

Manchester City Panen Cuan dari Tim Akademi pada Musim Panas 2023Shea Charles (Instagram.com/shea.charles)

Nasib terdegradasi dari Premier League membuat Southampton bergerak cermat pada bursa transfer 2023. Shea Charles menjadi salah satu pemain yang mereka rekrut untuk memperkuat tim mengarungi Championship 2023/2024. Gelandang yang juga bisa bermain sebagai bek tengah tersebut dibeli dari akademi Manchester City seharga Rp212,93 miliar.

Seperti Forbs, Charles juga merupakan bagian dari skuad yang menjadi juara Premier League 2. Ia yang memiliki tinggi 1,89 meter mencatatkan 26 penampilan, 1 gol, dan 1 assist. Namun, berbeda dengan dua nama sebelumnya, Charles yang bergabung dengan akademi City sejak berusia 7 tahun sempat tampil bersama tim senior sebelum hengkang.

Pada 2022/2023, Pep Guardiola memberinya dua kali kesempatan. Pertama dalam pertandingan babak pertama Piala Carabao melawan Gillingham FC. Charles bermain penuh pada pertandingan berakhir dengan kekalahan 1-3 untuk City. Kemudian, penampilan terakhirnya terjadi pada laga pamungkas Premier League 2022/2023 melawan Brentford. Saat itu, ia masuk pada menit 63 menggantikan Nathan Ake. Namun, ia pun kembali menelan kekalahan dalam laga ini dengan skor 0-1.

4. KVC Waterlo akuisisi Adedire Medibure seharga Rp30,42 miliar

Manchester City Panen Cuan dari Tim Akademi pada Musim Panas 2023Adedire Mebude (Instagram.com/diremebue)

Adedire Mebude menjadi nama terakhir dan juga termurah dalam daftar ini. Pemain sayap berusia 19 tahun itu dibeli oleh klub Belgia, KVC Westerlo, seharga Rp30 miliar. Mebude sendiri bergabung dengan akademi Manchester City pada 2020 dari akademi Glasgow Rangers.

Di Premier League 2 2022/2023, ia merupakan top skor kedua tim di bawah Forbs dengan torehan 11 gol. Tidak hanya itu, ia juga menjadi pencetak assist terbanyak kedua (13) di belakang Oscar Bobb (16). Sebagai catatan, Mebude yang lahir di London kini membela tim nasional Skotlandia junior.

Sebagai catatan, 2023 menjadi bursa transfer musim panas kedua secara beruntun Manchester City mendulang keuntungan yang begitu tinggi dari tim akademi. Musim panas sebelumnya, mereka berhasil meraih Rp818 miliar dari hasil menjual lima pemain. Ini pun menjadi semacam pembuktian dari Manchester City bahwa mereka bukan hanya mampu membeli pemain bintang, tetapi juga bisa menciptakan mereka.

Baca Juga: 4 Pemain yang Bisa Dibeli Manchester City Usai Kevin De Bruyne Cedera

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya