5 Pemain Diganjar Kartu Merah pada Pekan Kedua EPL 2023/2024

Alexis Mac Allister dapat kartu merah kontroversial

Para wasit yang bertugas pada pekan kedua English Premier League (EPL) 2023/2024 memimpin dengan tegas. Pasalnya, terdapat lima kartu merah yang keluar dari saku wasit-wasit yang bertugas pada pekan tersebut. Jumlah ini meningkat tajam dari pekan pertama, di mana saat itu hanya Anass Zaroury (Burnley) saja yang mendapat kartu merah.

Catatan ini pun turut menjadi perbincangan utama di samping gol-gol serta aksi-aksi memukau yang disuguhkan. Keputusan para wasit tersebut memunculkan kontroversi karena banyak pihak yang menggugat kelayakan dari hukuman yang mereka berikan. Siapa saja pemain yang diganjar kartu merah pada pekan kedua EPL 2023/2024 beserta kronologi masing-masing?

1. Alexis Mac Allister - Liverpool

5 Pemain Diganjar Kartu Merah pada Pekan Kedua EPL 2023/2024Alexis Mac Allister (Instagram.com/alemacallister)

Sabtu (19/8/2023), Liverpool bertanding melawan AFC Bournemouth di Anfield. Ketika tengah nyaman unggul 2-1, The Reds seketika berada dalam tekanan gara-gara Alexis Mac Allister diganjar straight red card oleh wasit Thomas Bramall pada menit 58. 

Hukuman tersebut diterima sang juara Piala Dunia 2022 karena ia dianggap menginjak kaki Ryan Christie dalam sebuah situasi bola liar. Bramall sempat mengambil waktu cukup lama sebelum memutuskan untuk memberinya kartu merah. Ketika melihat warna kartu, pemain yang baru dibeli dari Brighton & Hove Albion tersebut pun terkejut.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menilai hukuman ini terlalu keras. Menurutnya, Allister memang melakukan pelanggaran tetapi itu merupakan kontak normal sehingga tidak seharusnya diganjar kartu merah. Liverpool segera mengajukan banding atas hukuman ini. Setelah melakukan uji ulang, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) akhirnya menggugurkan hukuman kartu merah yang didapat Alexis Mac Allister.

Baca Juga: 7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024

2. Matheus Nunes - Wolverhampton Wanderers

5 Pemain Diganjar Kartu Merah pada Pekan Kedua EPL 2023/2024Adam Webster (kiri) dan Matheus Nunes (kanan) (Twitter.com/Wolves)

Matheus Nunes menerima dua kartu kuning pada menit 76 dan 90+5 saat Wolverhampton Wanderers melawan Brighton & Hove Albion pada, Sabtu (19/8/2023). Wasit Andrew Madley memberikan dua kartu kuning tersebut karena Nunes melakukan kesalahan yang sama, yaitu perilaku tidak sportif.

Kartu kuning kedua ia terima akibat mendorong dua pemain Brighton, Adam Webster dan Pervis Estupinan. Aksi ini dilakukan oleh gelandang asal Portugal tersebut akibat rasa frustrasi. Pasalnya, Wolves dibantai oleh Brighton dengan skor 1-4 di kandang sendiri, Molineaux Stadium.

3. Tim Ream - Fulham

5 Pemain Diganjar Kartu Merah pada Pekan Kedua EPL 2023/2024Tim Ream (fulhamfc.com)

Fulham menelan kekalahan dengan skor 0-3 ketika menjamu Brentford di Craven Cottage, Sabtu (19/8/2023). Momen krusial di laga ini terjadi pada menit 64. Kapten Fulham, Tim Ream, melanggar Yoanne Wissa di kotak penalti. 

Tidak hanya menunjuk titik putih, wasit Darren Bond juga memberikan kartu kuning kedua untuk Ream atas pelanggaran tersebut. Kartu kuning pertama ia terima pada menit 45+3 karena melanggar pemain yang sama. Bryan Mbeumo sukses mengeksekusi hadiah penalti tersebut sekaligus mencetak gol kedua Brentford.

Pelatih Fulham, Marco Silva, menilai bahwa insiden tersebut menjadi penyebab kekalahan timnya. Dari tayangan ulang, Ream tampak melakukan kontak yang sangat lemah. Silva menyindir bahwa jika aksi demikian dinyatakan pelanggaran dan dihukum dengan kartu kuning, maka dalam 10 pekan ke depan akan terdapat 200 kartu kuning di Premier League.

4. Nayef Aguerd - West Ham United

5 Pemain Diganjar Kartu Merah pada Pekan Kedua EPL 2023/2024Nayef Aguerd (Instagram.com/nayefaguerd)

Nayef Aguerd keluar lapangan pada menit 67 ketika bersua Chelsea pada, Minggu (20/8/2023). Bek asal Maroko tersebut menerima kartu kuning kedua karena melanggar Nicolas Jackson. Kartu kuning pertamanya didapat pada menit 13 karena menghentikan Raheem Sterling yang tengah melakukan manuver serangan balik.

Seperti Matheus Nunes, kartu merah yang diterima oleh Aguerd memang terbilang layak. Meski begitu, ia bisa tersenyum karena West Ham tetap meraih kemenangan dengan skor 3-1. Di laga ini, Aguerd bahkan menjadi sosok pencetak gol pertama The Hammers. Momen itu terjadi ketika ia sukses menanduk umpan sepak pojok James Ward-Prowse pada menit ketujuh.

5. Takehiro Tomiyasu - Arsenal

5 Pemain Diganjar Kartu Merah pada Pekan Kedua EPL 2023/2024Takehiro Tomiyasu (arsenal.com)

Arsenal mengalahkan Crystal Palace dengan skor 1-0 pada, Selasa (22/8/2023) dini hari WIB. Hasil ini didapat dengan susah payah oleh The Gunners karena mereka harus bermain dengan sepuluh orang pemain sejak menit 67 setelah Takehiro Tomiyasu diganjar kartu kuning kedua. Saat itu, Arsenal memang sudah mencetak gol lewat tendangan penalti Martin Odegaard pada menit 53.

Kartu kuning pertama yang didapat oleh Tomiyasu menjadi bahan perbincangan. Pemain asal Jepang tersebut menerimanya karena dianggap membuang-buang waktu saat akan melakukan lemparan ke dalam. Seperti diketahui, mulai musim ini Premier League memang menerapkan aturan yang lebih ketat soal wasting time.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengaku bisa menerima aturan baru ini. Namun, ia hanya meminta kepada para wasit agar bersikap konsisten. Dibumbui sarkasme, Arteta lantas mengusulkan bahwa mulai saat ini lebih baik seluruh tim bermain menggunakan stopwatch agar bisa mengikuti aturan tersebut.

Sepak bola memang tidak bakal lepas dari subjektivitas karena dimainkan dan dipimpin oleh manusia, bukan robot. Teknologi seperti Video Assistant Referee (VAR) hadir hanya untuk membantu kinerja wasit agar bisa lebih adil. Namun, seperti diketahui, VAR pun tetap dioperasikan oleh seorang manusia sehingga kontroversi akan tetap menjadi bumbu yang meliputi pertandingan sepak bola, tak terkecuali perihal kartu merah.

Baca Juga: 5 Pemain MU yang Pernah Mendapat 2 Kartu Merah dalam 1 Musim

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya