7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024

Rata-rata disebabkan cedera ACL

English Premier League (EPL) 2023/2024 baru berjalan. Namun, beberapa pemain penting terpaksa absen pada awal musim. Faktor cedera serius menjadi alasan utama sehingga mereka menepi untuk pemulihan.

Absennya para pemain ini juga berpotensi berjalan lama. Hal tersebut bergantung kepada tindakan yang diambil, termasuk yang harus sampai naik meja operasi. Siapa saja para pemain yang cedera tersebut?

Berikut pemain Premier League yang cedera pada awal musim 2023/2024.

1. Christopher Nkunku menderita cedera lutut dan harus operasi

7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024Christopher Nkunku (chelseafc.com)

Nasib tidak beruntung dialami rekrutan anyar Chelsea, Christopher Nkunku. Pemain yang didatangkan dari RB Leipzig ini bermain dengan mengesankan selama pramusim. Penampilan tajamnya menjadi harapan baru lini serang The Blues. Sayangnya, Nkunku mengalami cedera lutut saat Chelsea bertemu Borussia Dortmund. 

Pihak Chelsea telah mengonfirmasi Nkunku sukses menjalani operasi. Sang pemain akan absen cukup lama untuk rehabilitasi. Pemain asal Prancis ini diprediksi tidak akan tersedia hingga akhir 2023. Ia berpotensi pulih dan kembali pada 2024 mendatang.

2. Gabriel Jesus mengalami masalah dengan lututnya

7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024Gabriel Jesus (arsenal.com)

Gabriel Jesus mengalami cedera lutut pada laga pramusim Arsenal kontra AS Monaco. Cedera tersebut kambuh dan membutuhkan tindakan kecil dengan pembedahan. Hal tersebut membuatnya harus absen untuk membela The Gunners pada awal musim 2023/2024.

Cedera lututnya merupakan bekas yang didapatkannya saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 lalu. Ia sampai harus menjalani operasi pada lututnya saat itu. Akibatnya, Jesus melewatkan sebagian besar musim 2022/2023 bersama Arsenal. Ia sedang berpacu dengan waktu agar bisa segera kembali ke skuad Meriam London.

3. Wesley Fofana mengalami cedera ACL

7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024Wesley Fofana (premierleague.com)

Wesley Fofana harus berhadapan lagi dengan cedera. Kali ini ia mengalami robek pada anterior cruciate ligament (ACL). Cedera tersebut didapatkannya saat menjalani latihan pramusim bersama Chelsea. 

Akibat cedera tersebut, ia tidak terlibat dalam tur pramusim Chelsea di Amerika Serikat. Fofana diprediksi baru bisa kembali pada 2024 mendatang. Pemulihan dalam waktu lama akan dilakukan dengan pihak medis klub. The Blues pun bergerak cepat dan merekrut Axel Disasi sebagai pengganti Fofana selama cedera.

Baca Juga: 4 Pemain yang Bisa Dibeli Manchester City Usai Kevin De Bruyne Cedera

4. Kevin De Bruyne menderita cedera hamstring

7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024Kevin De Bruyne (premierleague.com)

Kevin De Bruyne harus menepi usai menderita cedera hamstring. Hal tersebut terjadi saat Manchester City melawan Burnley pada laga perdana Premier League 2023/2024. Ia hanya bermain selama 23 menit pada babak pertama, lalu ditarik keluar.

Pelatih Pep Guardiola mengungkapkan, absennya De Bruyne merupakan kehilangan besar. Pasalnya, ia merupakan motor serangan Manchester City. Pihak medis klub mengambil tindakan untuk melakukan operasi kepadanya. Ia diperkirakan absen hingga akhir 2023. Manajemen pun menjajaki kemungkinan untuk mencari gelandang pengganti.

5. Jurrien Timber harus operasi akibat cedera ACL

7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024Jurrien Timber terduduk kesakitan dengan memegangi kakinya. (premierleague.com)

Jurrien Timber mengalami nasib malang bersama Arsenal. Baru bergabung dengan The Gunners, ia harus menepi akibat cedera ACL. Cedera ini menimpanya saat menghadapi Nottingham Forest pada laga perdana Premier League 2023/2024.

Setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, cedera yang diderita Timber ternyata lebih buruk dari dugaan awal. Pihak Arsenal telah mengonfirmasi Timber akan menjalani operasi. Hal tersebut membuatnya absen dalam waktu lama. Periode rata-rata penyembuhan 6–9 bulan.

6. Emiliano Buendia juga mengalami cedera ACL saat latihan

7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024Emiliano Buendia (premierleague.com)

Aston Villa kehilangan Emiliano Buendia saat sang pemain menjalani latihan. Pihak klub mengonfirmasi, terjadi cedera serius yang menimpa ligamen pada lututnya. Ia terpaksa absen dari The Villans selama 8 bulan.

Kehilangan pemain tajam seperti Buendia sangat berpengaruh terhadap lini serang Aston Villa. Hal tersebut terbukti ketika mereka dibekuk Newcaslte United pada laga perdana Premier League 2023/2024. The Villans dipermalukan lewat kekalahan 1-5 dari The Magpies. Ketiadaan penyerang tajam membuat skuad asuhan Unai Emery kesulitan mencetak gol.

7. Tyrone Mings berpotensi mengakhiri musim lebih cepat, lagi-lagi karena cedera ACL

7 Pemain Premier League yang Cedera pada Awal Musim 2023/2024Tyrone Mings (twitter.com/TyroneMings)

Tyrone Mings harus masuk ke ruang perawatan Aston Villa pada awal musim 2023/2024. Ia menderita cedera ACL pada laga perdana Premier League melawan Newcastle United. Sang bek ditarik keluar ketika permainan baru berjalan 30 menit.

Pemeriksaan lanjutan dilakukan pusat medis Aston Villa. Mereka mengonfirmasi Mings akan melakukan operasi dan absen dalam waktu lama untuk penyembuhan. Bek internasional Inggris ini diperkirakan menepi 7–9 bulan.

Para pemain di atas harus pasrah terhadap musibah yang dialami. Cedera mereka kebanyakan memakan waktu pemulihan yang lama. Banyak yang baru bisa berlaga lagi pada 2024 mendatang. Mereka harus berusaha melakukan rehabilitasi dengan tepat agar kembali merumput dengan performa yang baik.

Baca Juga: Jurrien Timber Cedera Lutut, Bakal Absen Lama? 

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya