5 Fakta Alejandro Grimaldo, Bek Kiri Andalan Bayer Leverkusen

Bek dengan atribut lengkap

Bayer Leverkusen sedang berada dalam tren positif pada awal 2023/2024. Skuad asuhan Xabi Alonso itu belum terkalahkan dalam 12 laga di semua kompetisi.

Di balik performa mengesankan Leverkusen, ada sosok Alejandro Grimaldo yang turut tampil gemilang. Menariknya, Grimaldo baru datang pada musim panas 2023 dan langsung nyetel bersama skuad Die Werkself.

Nama Grimaldo sendiri bukanlah nama yang asing bagi penggemar sepak bola. Ia dikenal sebagai talenta muda berbakat saat masih menimba ilmu di akademi La Masia milik Barcelona.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang Alejandro Grimaldo, berikut lima fakta tentang bek kiri andalan Bayer Leverkusen itu!

1. Merupakan produk akademi La Masia Barcelona

5 Fakta Alejandro Grimaldo, Bek Kiri Andalan Bayer LeverkusenAlejandro Grimaldo merupakan produk akademi La Masia Barcelona. (fcbarcelona.com)

Alejandro Grimaldo Gracia lahir di Valencia, Spanyol, pada 20 September 1995. Ia sempat menimba ilmu di akademi Valencia pada medio 2016—2018 sebelum pindah ke akademi La Masia milik Barcelona. Di sana, bakat Grimaldo makin terasah dengan baik.

Pada September 2011, Grimaldo berhasil mendapat debut profesionalnya bersama Barcelona B. Saat itu, Barca B berlaga di Segunda Division atau divisi dua Spanyol. Grimaldo tampil cukup baik hingga kemudian dipercaya dalam 92 laga hingga 2016. Dari penampilannya selama hampir 5 musim, ia mampu mencatatkan 6 gol dan 12 assist.

Sayang, penampilannya di tim muda Barca tidak cukup membuat Grimaldo mendapat kesempatan bersama tim utama Barcelona. Menjelang kontraknya berakhir, ia memutuskan hengkang ke klub raksasa Portugal, SL Benfica, pada awal 2016. Bersama Benfica, nama Grimaldo mulai bersinar.

2. Mampu menunjukkan kualitasnya bersama SL Benfica

5 Fakta Alejandro Grimaldo, Bek Kiri Andalan Bayer LeverkusenAlejandro Grimaldo meraih berbagai prestasi bersama SL Benfica. (instagram.com/grimaldo35)

Alex—nama panggilan akrab Grimaldo—resmi bergabung dengan Benfica pada Januari 2016. Pada musim perdananya, ia sempat rutin bermain di ajang Piala Liga Portugal. Hanya saja, pada 2016/2017, karier Grimaldo cukup tersendat karena cedera panjang yang dialaminya. Barulah pada 2017/2018, ia mulai mendapat kepercayaan penuh di skuad utama The Eagles. Ia kemudian tak tergantikan di posisi bek kiri.

Selama 6,5 musim membela Benfica, Grimaldo berhasil mencatatkan lebih dari 300 penampilan. Dari penampilannya, ia mampu menorehkan 26 gol dan 66 assist. Grimaldo turut membantu Benfica meraih berbagai gelar juara, seperti 4 gelar juara Liga Portugal, 3 trofi Piala Super Portugal, dan masing-masing 1 trofi Piala Portugal dan Piala Liga Portugal.

Baca Juga: 7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer Leverkusen

3. Menjadi sosok penting Bayer Leverkusen pada 2023/2024

5 Fakta Alejandro Grimaldo, Bek Kiri Andalan Bayer Leverkusenpotret Alejandro Grimaldo, pemain andalan Bayer Leverkusen (bayer04.de)

Setelah pengabdian panjang bersama Benfica, Grimaldo memutuskan hijrah ke Bayer Leverkusen setelah kontraknya berakhir pada 2022/2023. Ia menandatangani kontrak selama 4 tahun bersama Leverkusen. Memilih nomor punggung 20, Grimaldo mampu mendapat tempat di tim utama sejak awal kompetisi 2023/2024 bergulir.

Jika biasanya bermain sebagai bek kiri, Grimaldo mulai digeser lebih ke depan sebagai bek sayap kiri dalam formasi 3-4-2-1 Xabi Alonso. Ia pun mampu tampil mengesankan, baik dalam skema bertahan maupun menyerang. Hal ini dari dilihat dari  rasio jumlah tekelnya yang cukup tinggi dan keaktifannya dalam melakukan tendangan ke arah gawang lawan. Torehan 5 gol serta 5 assist yang mampu Grimaldo catatkan dalam 12 laga sejauh ini turut melengkapi penampilan mengesankannya.

4. Sosok bek dengan atribut menyerang dan bertahan yang lengkap

5 Fakta Alejandro Grimaldo, Bek Kiri Andalan Bayer LeverkusenAlejandro Grimaldo (tengah) merupakan eksekutor tendangan bebas yang berbahaya. (bayer04.de)

Grimaldo bisa disebut sebagai bek dengan atribut menyerang dan bertahan yang lengkap. Menariknya, ia mengawali kariernya sebagai gelandang serang. Namun, saat di akademi Barcelona, Grimaldo mulai dipindahkan ke posisi bek kiri. Tak heran jika dirinya mampu bermain baik saat bertahan dan menyerang.

Sebagai seorang bek, Grimaldo memiliki kemampuan tekel yang baik untuk menjaga lini pertahanan. Sementara itu, dalam skema menyerang, ia mengandalkan kemampuan crossing dan mengoper bolanya yang mumpuni untuk merepotkan barisan pertahanan lawan. Peran Grimaldo ini turut didukung dengan kecepatan luar biasa yang dimilikinya. Ini membantunya untuk bertransisi dengan cepat dalam bertahan ke menyerang dan sebaliknya.

Selain itu, Grimaldo dikenal sebagai eksekutor tendangan bebas yang berbahaya. Baik di Benfica maupun Bayer Leverkusen, ia dipercaya untuk mengeksekusi tendangan bebas dalam upaya mencetak gol. Gol pertamanya bersama Leverkusen pun dicetaknya melalui tendangan bebas pada pekan ke-6 Bundesliga Jerman 2023/2024 saat melawan Bayern Munich.

5. Menanti panggilan membela Timnas Spanyol

5 Fakta Alejandro Grimaldo, Bek Kiri Andalan Bayer LeverkusenAlejandro Grimaldo tampil mengesankan bersama Bayer Leverkusen. (bayer04.de)

Sebagai pesepak bola asal Spanyol, kesempatan membela La Furia Roja senior adalah sesuatu yang diimpikan Grimaldo. Saat masih muda, ia pernah membela tim muda Spanyol di berbagai level usia, mulai dari tim U-17 hingga U-21. Bersama tim Spanyol U-19, Grimaldo sempat merasakan gelar juara Euro U-19 edisi 2012.

Hanya saja, hingga saat ini, Grimaldo belum sekali pun mendapat panggilan dari Timnas Spanyol. Bahkan, setelah penampilan mengesankannya bersama Leverkusen, ia tidak terpilih dalam skuad Spanyol untuk Kualifikasi Euro 2024 pertengahan Oktober 2023 lalu. Pelatih La Furia Roja, Luis de la Fuenta, lebih mengandalkan nama pemain muda, seperti Alejandro Balde (Barcelona) dan Fran Garcia (Real Madrid). Padahal, pengalaman serta kemampuan Grimaldo bisa jadi dibutuhkan skuad Spanyol.

Alejandro Grimaldo menjadi figur penting Bayer Leverkusen pada 2023/2024. Melihat musim masih sangat panjang, kemampuannya akan terus diuji pada setiap pertandingannya. Selain itu, Grimaldo sendiri akan berusaha tampil maksimal agar mendapat kesempatan membela Timnas Spanyol.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir Bayer Leverkusen sebelum Xabi Alonso, Nihil Trofi

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya