5 Fakta Jonas Hofmann, Gelandang Senior Andalan Bayer Leverkusen

Kariernya sempat lambat bersinar

Bayer Leverkusen masih tak terkalahkan di semua kompetisi pada 2023/2024 ini. Di bawah kepelatihan Xabi Alonso, Die Werkself masih nyaman di puncak klasemen Bundesliga Jerman hingga pekan ke-16 musim ini. Selain itu, mereka juga berhasil lolos dari fase grup Liga Europa.

Pencapaian mengesankan Leverkusen sejauh ini tak terlepas dari penampilan luar biasa para pemainnya. Salah satunya adalah Jonas Hofmann. Menariknya, Hofmann baru didatangkan pada musim panas 2023 dan langsung menjadi andalan Leverkusen. Gelandang senior berusia 30 tahun ini dipercaya sebagai salah satu motor serangan klubnya.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang Jonas Hofmann, berikut lima fakta tentang gelandang senior andalan Bayer Leverkusen tersebut!

1. Sempat menimba ilmu di akademi TSG Hoffeinhem

5 Fakta Jonas Hofmann, Gelandang Senior Andalan Bayer LeverkusenJonas Hofmann sempat menimba ilmu di akademi TSG Hoffeinhem. (tsg-hoffenheim.de)

Jonas Hofmann lahir pada 14 Juli 1992 di Heidelberg, Jerman. Ia memulai kariernya di dunia sepak bola pada 1998 bersama klub lokal, FC Rot. Hofmann menghabiskan waktunya selama lebih kurang 6 tahun di sana.

Pada 2004, saat masih berusia 12 tahun, Hofmann berkesempatan menimba ilmu di akademi TSG Hoffeinhem. Setelah penampilan gemilangnya di akademi, ia lalu dipromosikan ke tim reserve Hoffeinhem pada 2010/2011. Namun, Hofmann hanya tampil dalam 5 laga dan mencatatkan 2 gol serta 1 assist bersama Hoffeinhem II pada musim tersebut.

2. Gagal bersaing selama di Borussia Dortmund

5 Fakta Jonas Hofmann, Gelandang Senior Andalan Bayer LeverkusenJonas Hofmann berseragam Borussia Dortmund. (twitter.com/BVB)

Setelah dari Hoffeinhem, Jonas Hofmann memutuskan hijrah ke Borussia Dortmund pada 2011. Meski masih bermain di tim reserve, statisiknya bersama Dortmund II terbilang mengesankan. Selama 3 musim, Hofmann mampu mencatatkan 15 gol dan 16 assist dalam 71 laga. Berkat penampilannya, ia mendapat debut di tim utama Dortmund—yang saat itu dilatih Juergen Klopp—pada Desember 2012.

Setelah debutnya, Hofmann memang beberapa kali mendapat menit bermain di tim utama, tetapi mayoritas sebagai pemain pengganti. Ia kalah bersaing dengan deretan bintang Dortmund saat itu, seperti Marco Reus, Jakub Blaszczykowski, dan sebagainya. Agar mendapat jam terbang lebih, Dortmund akhirnya meminjamkan Hofmann kepada Mainz 05 pada 2014/2015.

Salam di Mainz, alih-alih mendapat menit bermain, Hofmann harus melewatkan banyak laga karena cedera panjang yang dialaminya. Dirinya pun hanya mampu tampil dalam sepuluh laga bersama Mainz. Sekembalinya dari Mainz, Hofmann jarang mendapat menit bermain di Dortmund. Alhasil, ia memutuskan hengkang dari Signal Iduna Parka pada paruh kedua 2015/2016. Catatan 5 gol dan 15 assist dalam total 59 penampilan mewarnai perjalanannya bersama Dortmund selama hampir 5 musim.

Baca Juga: 7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Jerman

3. Kariernya mulai bersinar bersama Bayern Moenchengladbach

5 Fakta Jonas Hofmann, Gelandang Senior Andalan Bayer LeverkusenJonas Hofmann mengalami peningkatan karier bersama Borussia Moenchengladbach. (instagram.com/jonasho23)

Pada Januari 2016, Jonas Hofmann bergabung dengan klub Bundesliga lainnya, Borussia Moenchengladbach. Pada beberapa musim pertamanya di Gladbcah, statistik kontribusi golnya tidak terlalu mengesankan. Naas, Hofmann kembali diterpa cedera pada paruh pertama 2017/2018. Tak mau menyerah, ia lantas memanfaatkan momen setelah kesembuhannya sebagai titik balik kariernya.

Statistik gol dan assist Hofmann mulai meningkat drastis pada paruh kedua 2018/2019 di bawah arahan sang pelatih, Dieter Hecking. Berbekal kemampuan versatile-nya, Hofmann menjadi tumpuan di skuad utama Die Fohlen setelahnya. Musim 2021/2022 dan 2022/2023 bisa dibilang sebagai musim terbaiknya di mana Hofmann secara beruntun berkontribusi dalam lebih dari 15 gol untuk klubnya. Selama 7,5 musim membela Gladbach, ia berhasil tampil dalam total 214 laga dan mampu mencatatkan 48 gol serta 51 assist.

4. Menjadi figur penting Bayer Leverkusen di bawah asuhan Xabi Alonso pada 2023/2024

5 Fakta Jonas Hofmann, Gelandang Senior Andalan Bayer LeverkusenJonas Hofmann menjadi figur penting Bayer Leverkusen pada 2023/2024. (bayer04.de)

Penampilan gemilang Hofmann lantas membuat Bayer Leverkusen mengaktifkan release clause-nya yang hanya sebesar 10 juta euro atau Rp170 miliar pada Juli 2023. Tak butuh lama bagi Hofmann untuk langsung nyetel bersama tim barunya. Ia pun menjadi figur penting Bayer Leverkusen di bawah asuhan Xabi Alonso pada 2023/2024.

Hofmann telah tampil dalam 23 laga bersama Leverkusen di semua kompetisi musim ini. Bermain sebagai gelandang serang, penggawa Timnas Jerman ini mampu menorehkan 7 gol dan 8 assist. Catatan milik Hofmann tersebut turut menjaga rekor tak terkalahkan Die Werkself dalam 25 laga di semua kompetisi 2023/2024.

5. Pemain serbabisa yang diandalkan Timnas Jerman

5 Fakta Jonas Hofmann, Gelandang Senior Andalan Bayer LeverkusenJonas Hofmann (kanan) merupakan penggawa Timnas Jerman. (DFB_Team_EN)

Jonas Hofmann dikenal sebagai pemain berdaya serang yang bagus. Ini dilengkapi dengan kecepatan dan kemampuan membaca ruangnya yang mumpuni. Selain itu, Hofmann merupakan salah satu pemain versatile atau dapat bermain di banyak posisi. Posisi utamanya ialah winger kanan ataupun gelandang serang, tetapi ia dapat bermain sebagai winger kiri, gelandang tengah, bek sayap kiri atau kanan, bahkan lebih ke depan sebagai second striker atau striker.

Lewat kemampuan dan statistik mengagumkan yang dimilikinya, Hofmann memeroleh panggilan membela Timnas Jerman—era Joachim Loew—pada Oktober 2020. Dirinya yang saat itu berumur 28 tahun lantas mendapat debut internasionalnya di laga persahabatan melawan Turki pada 07 Oktober 2020. Setelahnya, Hofmann mulai mendapat kepercayaan penuh dari negaranya, terlebih pada masa kepelatihan Hansi Flick. Ia pun menjadi bagian dari skuad Jerman di Piala Dunia 2022. Kini, Hofmann telah mengoleksi 23 caps dengan catatan 4 gol bersama Der Panzer.   

Menjelang paruh kedua 2023/2024, Jonas Hofmann dan Leverkusen wajib menjaga konsistensinya jika mau mengukir catatan mengesankan. Menarik untuk dinanti sejauh mana Hofmann dkk akan membawa Bayer Leverkusen pada musim ini.

Baca Juga: 4 Pelatih Non-Jerman Terakhir yang Menjadi Juara Bundesliga

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya