7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Jerman

Ada satu pemain Asia dalam daftar ini

Bundesliga Jerman dikenal sebagai salah satu liga top Eropa yang menjadi incaran destinasi para pemain sepak bola di seluruh dunia. Liga ini dikenal dengan persaingannya yang ketat dan gaya permainannya yang cepat dan agresif. Hal ini membuat Bundesliga menjadi salah satu liga paling kompetitif di dunia.

Salah satu bukti persaingan ketat di Bundesliga adalah banyaknya pemain non-Jerman yang mampu tampil konsisten dan mencatatkan penampilan terbanyak di liga tersebut. Mereka mampu bersanding dengan para pemain lokal dengan membuktikan kualitas mereka dan menjadi bagian penting bagi masing-masing klub. Berikut adalah tujuh pemain non-Jerman dengan penampilan terbanyak di Bundesliga.

7. Levan Kobiashvili telah tampil di 351 pertandingan di Bundesliga Jerman

7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga JermanLevan Kobiashvili (twitter.com/s04_en)

Mantan gelandang asal Georgia, Levan Kobiashvili, mengukir karier yang gemilang di Bundesliga Jerman dengan 351 penampilan bersama 3 klub berbeda. Memulai karier bersama SC Freiburg pada 1998 sebagai pemain pinjaman dari Dinamo Tbisili, ia kemudian dipermanenkan hingga berhasil membantu klubnya promosi ke kasta tertinggi Liga Jerman pada 2002/2003. Setelahnya, Kobiashvili merumput bersama Schalke selama tujuh musim hingga mengakhiri karier sepak bolanya pada 2014 bersama SC Freiburg.

6. Halil Altintop telah tampil di 351 pertandingan di Bundesliga Jerman

7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga JermanHalil Altintop (twitter.com/FCAugsburg)

Halil Altintop memulai karier profesionalnya bersama saudara kembarnya, Hamit Altıntop, di Wattenscheid 09 pada 2000. Mampu tampil mengesankan di kasta kedua Liga Jerman, pemain berkebangsaan Turki ini kemudian dibeli oleh FC Kaiserslautern pada 2003 di Bundesliga Jerman. Selain Kaiserlaturn, dirinya juga pernah bermain untuk FC Augsburg, FC Schalke 04, dan Eintracht Frankfurt dengan mengemas 351 penampilan dan mencetak 67 gol di kasta tertinggi Liga Jerman.

5. Naldo telah tampil di 358 pertandingan di Bundesliga Jerman

7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga JermanNaldo saat berseragam FC Schalke 04. (bundesliga.com)

Naldo merupakan pemain asal Brasil yang memulai kariernya di Bundesliga Jerman bersama Werder Bremen pada 2005. Pemain bernama lengkap Ronaldo Aparecido Rodrigues ini telah merumput di 358 pertandingan dan telah bermain di 2 klub berbeda selain Bremen, yaitu VfL Wolfsburg dan FC Schalke 04. Selama di Jerman, ia telah meraih 2 kali juara DFB Pokal, 1 kali juara DFL Supercup, 1 gelar juara DFB-Ligapokal.

Baca Juga: 3 Pemain Serbia yang Berkiprah di Bundesliga 2023/2024

4. Daniel Caligiuri telah tampil di 372 pertandingan di Bundesliga Jerman

7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga JermanDaniel Caligiuri (bundesliga.com)

Daniel Caligiuri merupakan pemain asal Italia yang lahir di Jerman. Memulai karier sebagai pemain akademi di BSV Schwenningen, ia kemudian melakoni debut seniornya di Bundesliga Jerman bersama SC Freiburg pada 2010. Selain bersama Freiburg, dirinya juga pernah membela FC Schalke 04, VfL Wolfsburg, dan FC Augsburg. Walaupun memiliki pengalaman selama 13 tahun di Bundesliga dan telah mentas di 372 pertandingan, ini tidak menjadi jaminan bagi Caligiuri untuk memiliki karier yang berkelanjutan. Ia kini justru berstatus tanpa klub.

3. Makoto Hasebe telah tampil di 379 pertandingan di Bundesliga Jerman

7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga JermanMakoto Hasebe (bundesliga.com)

Makoto Hasebe mengawali karier di Bundesliga Jerman pada 2008 saat diboyong VfL Wolfsburg dari klub Jepang, Urawa Reds. Setelah lima musim di Wolfsburg, dirinya berlabuh ke FC Nuremberg dan bermain selama semusim sebelum direkrut Eintracht Frankfurt pada 2014 hingga saat ini dan telah tampil di 379 pertandingan di Bundesliga. Meski kini tidak jadi pilihan utama pelatih karena umurnya yang sudah menginjak 39 tahun, ia memiliki kesempatan untuk menyalip rekor penampilan Robert Lewandowski.

2. Robert Lewandowski telah tampil di 384 pertandingan di Bundesliga Jerman

7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga JermanRobert Lewandowski (bundesliga.com)

Jika menyebut striker terbaik yang pernah merumput di Bundesliga Jerman, Robert Lewandowski bisa jadi nama pertama yang disebutkan oleh para penggemar sepak bola. Pemain asal Polandia ini telah berkarier selama 12 musim di Jerman bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munich dan menorehkan berbagai rekor yang luar biasa, salah satunya penampilan terbanyak. Tercatat, Lewandowski telah tampil di Bundesliga sebanyak 384 laga dengan mengemas 312 gol, di mana dirinya menyandang sebagai top scorer di kasta tertinggi Liga Jerman sebanyak 7 kali.

1. Claudio Pizarro jadi pemain non-Jerman dengan penampilan terbanyak dengan 490 laga di Bundesliga

7 Pemain Non-Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga JermanClaudio Pizarro (fcbayern.com)

Claudio Pizarro merupakan pemain asal Peru yang telah malang melintang di Bundesliga Jerman bersama Werder Bremen, Bayern Munich, dan FC Koeln dari 1999–2020. Ia hanya menghabiskan semusim di luar Jerman bersama Chelsea pada 2007/2008. Selama 20 tahun kariernya di Bundesliga, ia menjadi pemain non-Jerman dengan penampilan terbanyak di Bundesliga dengan turun di 490 pertandingan dan mencetak 197 gol dan 76 assist.

Para pemain non-Jerman yang tampil konsisten dan mencatatkan penampilan terbanyak di Bundesliga adalah bukti bahwa liga ini terbuka untuk pemain dari berbagai negara. Mereka mampu bersanding dengan para pemain lokal dan membuktikan kualitasnya dan menjadi bagian penting dari klub-klub mereka.

Baca Juga: 3 Pesepak Bola Italia yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya