4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum Liverpool

Selalu menjadi pemain andalan

Liverpool memilih Wataru Endo, gelandang serbabisa sekaligus kapten klub VfB Stuttgart, sebagai gelandang baru mereka. Endo direkrut dengan biaya mencapai 18 juta euro atau setara Rp299 miliar. Kehadiran Wataru Endo sendiri menjadi pelipur lara bagi Liverpool beserta penggemarnya setelah gagal merekrut Moises Caicedo dan Romeo Lavia yang memilih hengkang ke Chelsea.

Sepanjang kariernya, Wataru Endo telah membela beberapa klub. Ia pertama kali merintis karier sepak bola di kampung halamannya, Jepang, hingga mencoba peruntungannya di Eropa. Berikut empat klub yang pernah dibela Wataru Endo sebelum Liverpool!

1. Shonan Bellmare menjadi klub profesional pertama Wataru Endo

4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum LiverpoolWataru Endo memulai karier sepak bola bersama klub Liga 2 Jepang, Shonan Bellmare. (twitter.com/bellmare_staff)

Wataru Endo memulai karier sepak bolanya bersama akademi Shonan Bellmare pada 2008. Setelah debutnya di skuad utama pada 2010, Endo perlahan mendapatkan kepercayaan sebagai pemain inti klub. Pada 2013/2014, ia turut membantu Shonan Bellmare meraih gelar juara Liga 2 Jepang.

Bersama Shonan Bellmare, Endo bermain sebagai seorang bek tengah dan beberapa kali di posisi gelandang bertahan. Selama hampir 6 tahun membela klub asal prefektur Kanagawa tersebut, Endo sukses mencatatkan total 167 penampilan. Dari penampilannya, ia termasuk bek yang cukup produktif karena mampu menorehkan 24 gol serta 7 assist.

2. Wataru Endo bersinar bersama Urawa Reds

4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum LiverpoolWataru Endo tampil menjanjikan bersama Urawa Reds. (twitter.com/REDSOFFICIAL)

Performa apik Wataru Endo bersama Shonan Bellmare membuat klub Jepang lainnya, Urawa Reds, tertarik kepadanya. Pada Januari 2016, Endo resmi pindah ke Urawa Reds. Pada musim perdananya, ia menjadi bagian dari skuad Urawa Reds yang berhasil menjuarai Liga Champions Asia 2016/2017. Endo bermain dalam enam laga di ajang bergengsi klub antar-Asia tersebut.

Di Urawa Reds, Endo mendapatkan kepercayaan sebagai bek tengah utama klub, dengan beberapa penampilan sebagai bek kanan dan sesekali gelandang tengah. Selama 3 musim membela klub berjuluk The Reds tersebut, Endo tampil dalam 108 laga dan berhasil mencatatkan 6 gol serta 7 assist. Selain gelar Liga Champions Asia 2016/2017, Endo juga berhasil merengkuh gelar juara Piala Liga Jepang pada musim yang sama.

Baca Juga: Menilik Kiprah Wataru Endo, Gelandang Anyar Liverpool asal Jepang

3. Sint-Truide menjadi klub Eropa pertama yang dibela Wataru Endo

4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum LiverpoolSint-Truiden menjadi klub Eropa pertama yang dibela Wataru Endo. (twitter.com/stvv)

Setelah sukses di Jepang, pemain kelahiran 9 Februari 1993 ini mencoba peruntungannya di Eropa. Sint-Truiden yang berlaga di Liga Utama Belgia menjadi destinasi pertamanya di Benua Biru. Sint-Truiden sendiri dikenal sebagai salah satu tempat bagi pemain Jepang yang ingin merintis kariernya di Eropa.

Sejak bergabung pada Juli 2018, Endo menjadi salah satu pemain andalan Sint-Truiden. Akan tetapi, ia lebih sering dimainkan sebagai gelandang bertahan dan jarang bermain sebagai bek tengah. Meskipun demikian, Endo tetap tampil produktif dan membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain serbabisa.

Pada musim perdananya, Endo dimainkan dalam 31 pertandingan bersama klub berjuluk Der Kanaries tersebut. Ia berhasil mencatatkan 2 gol dan 2 assist untuk Sint-Truiden. Musim selanjutnya, Endo dipinjamkan ke klub kasta kedua Jerman, VfB Stuttgart, selama semusim penuh hingga akhirnya dipermanenkan.

4. Wataru Endo menjadi sosok yang diandalkan VfB Stuttgart

4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum LiverpoolWataru Endo merupakan gelandang bertahan andalan sekaligus kapten VFB Stuttgart. (twitter.com/ wataru0209)

Wataru Endo pertama kali bergabung dengan VfB Stuttgart pada 2019/2020 sebagai pemain pinjaman dari klub Belgia, Sint-Truiden. Setelah awalnya sering dicadangkan, Endo mulai tampil reguler di bawah kepemimpinan pelatih baru, Pellegrino Matarazzo. Ia turut membantu Stuttgart promosi ke Bundesliga Jerman pada akhir 2019/2020. Endo akhirnya dipermanenkan Stuttgart pada Juli 2020 dengan biaya 1,7 juta euro atau Rp24 miliar.

Bersama klub berjuluk Die Schwaben ini, Endo kembali menjadi pilihan utama di posisi gelandang bertahan. Ia menjelma pemain kunci Stuttgart, bahkan diangkat menjadi kapten tim pada 2021/2022. Selama membela Stuttgart, pemain yang juga kapten Timnas Jepang ini berhasil mencatatkan total 133 penampilan dengan kontribusi 15 gol dan 12 assist.

Sosok Endo dikenang sebagai pahlawan bagi klub dalam laga playoff degradasi melawan FC Koeln pada akhir 2020/2021. Gol yang dicetak Endo pada detik akhir sukses menyelamatkan Stuttgart dari degradasi. Alhasil, klub kebanggaan masyarakat Stuttgart tersebut tetap bermain di Bundesliga pada 2022/2023.

Liverpool akan menjadi klub kelima yang dibela Wataru Endo. Bersama The Reds, apakah Endo mampu menunjukkan performa terbaiknya dan membantu menorehkan prestasi kembali? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: 4 Pewaris Terakhir Nomor Punggung 3 di Liverpool sebelum Wataru Endo

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya