4 Pemain Asia Terakhir di Serie A sebelum Daichi Kamada

Mayoritas menjadi andalan klubnya

Daichi Kamada, gelandang top asal Jepang, resmi bergabung dengan klub Serie A Italia, Lazio, pada musim panas 2023. Pemilik 29 caps bersama Timnas Jepang itu telah menyepakati kontrak selama 4 tahun bersama I Biancocelesti. Kamada sebelumnya berstatus free agent usai kontraknya bersama Eintracht Frankfurt habis pada akhir 2022/2023.

Kehadiran Kamada akan menambah daftar pemain Asia yang pernah mencicipi Serie A. Tak banyak pemain Asia yang pernah bermain di kompetisi tertinggi Italia ini. Hanya segelintir nama pemain Asia yang akhirnya menjadi andalan bagi klubnya dan sukses mempersembahkan prestasi.

Berikut lima pemain Asia terakhir di Serie A sebelum Daichi Kamada.

1. Maya Yoshida sempat bermain untuk Sampdoria

4 Pemain Asia Terakhir di Serie A sebelum Daichi KamadaMaya Yoshida tampil cukup mengesankan selama membela Sampdoria. (twitter.com/sampdoria)

Maya Yoshida dipinjamkan Southampton ke salah satu klub Serie A, Sampdoria, pada paruh kedua 2019/2020. Bermain sebagai bek tengah, Yoshida tampil cukup mengesankan pada masa peminjamannya. Pada akhir 2019/2020, ia mengumumkan kepergiannya dari Southampton setelah 8 musim pengabdiannya di sana. Yoshida lalu bergabung kembali dengan Sampdoria pada September 2020 secara gratis.

Selama membela I Blucerchiati, Yoshida sukses mencatatkan 74 penampilan. Dirinya mampu mencatatkan 3 gol serta 6 assist meski seorang bek. Pada Juli 2022, pemilik 121 caps bersama Timnas Jepang ini memutuskan hijrah ke Jerman untuk bergabung dengan FC Schalke 04.

2. Takehiro Tomiyasu bermain untuk Bologna sebelum terkenal di Arsenal

4 Pemain Asia Terakhir di Serie A sebelum Daichi KamadaTakehiro Tomiyasu sempat membela Bologna selama 2 musim. (twitter.com/BolognaFC)

Takehiro Tomiyasu memulai petualangannya di Italia pada Juli 2019 bersama klub Serie A, Bologna. Sebelumnya Tomiyasu merupakan pemain klub Liga Belgia, Sint-Truiden. Tomiyasu kemudian dipercaya sebagai salah satu pemain andalan Bologna.

Selama berseragam merah/biru, Tomiyasu sukses mencatatkan 64 penampilan. Selain dapat bermain sebagai bek kanan, penggawa Timnas Jepang ini dapat bermain di posisi bek tengah. Setelah 2 musim di Italia, Tomiyasu hijrah ke Inggris usai diboyong Arsenal pada Agustus 2021 dengan biaya mencapai 18, 6 juta euro atau Rp310 miliar.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min Jae

3. Kim Min Jae juara Serie A bersama Napoli

4 Pemain Asia Terakhir di Serie A sebelum Daichi KamadaKim Min Jae menjadi bek andalan Napoli sepanjang 2022/2023. (twitter.com/en_sscnapoli)

Kim Min Jae resmi bergabung dengan Napoli pada Juli 2022 setelah direkrut dari Fenerbache dengan biaya 18,05 juta euro atau Rp301 miliar. Penggawa Korea Selatan tersebut langsung menjadi pemain andalan I Partenopei. Kehadiran Kim membuat lini pertahanan Napoli cukup kokoh dan tidak mudah dilewati pemain lawan.

Sepanjang 2022/2023, Kim Min Jae sukses mencatatkan 45 penampilan di semua ajang bersama Napoli. Penampilan mengesankannya sebagai bek tengah turut membantu Napoli meraih scudetto pada 2022/2023. Itu merupakan gelar juara Serie A pertama Napoli sejak 1989/1990 dan menjadi yang ketiga sepanjang sejarah klub.

Sayang, kemesraan Kim Min Jae bersama Napoli tak bertahan lama. Pada Juli 2023, klub raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munich mengaktifkan release clause-nya senilai 50 juta euro atau setara Rp835 miliar. Dirinya pun hengkang dari Stadion Diego Armando Maradona setelah semusim di sana.

4. Eldor Shomurodov dipinjam Cagliari dari AS Roma

4 Pemain Asia Terakhir di Serie A sebelum Daichi KamadaEldor Shomurodov, kapten Timnas Uzbekistan, bergabung dengan AS Roma pada Agustus 2021. (twitter.com/OfficialASRoma)

Eldor Shomurodov menjadi salah satu pemain Asia yang masih aktif bermain di Serie A. Genoa menjadi klub pertama striker sekaligus kapten Timnas Uzbekistan itu di Italia sebelum pindah ke AS Roma pada Agustus 2021. Pada musim perdananya di Roma, Shomurodov tampil cukup baik dalam 40 laga dengan catatan 5 gol serta 6 assist. Ia turut menjadi bagian dari skuad I Giallorossi yang menjuarai Liga Konferensi Eropa 2021/2022.

Sayang, Shomurodov tak terlalu mendapat kepercayaan dari Jose Mourinho, pelatih AS Roma, pada 2022/2023. Dirinya lalu dipinjamkan ke Spezia pada Januari 2023 dan berhasil tampil dalam 16 laga. Kini, pemain berusia 28 tahun tersebut dipinjamkan ke klub promosi, Cagliari, dengan opsi pembelian.

Berbekal pengalaman selama 5 musim bersama Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada diprediksi akan menjadi pemain andalan Lazio. Akankah ia menjadi pemain Asia selanjutnya yang mampu bersinar di Italia?

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Menjadi Tujuan Daichi Kamada Selanjutnya

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya