Kalah Adu Penalti, Inter Milan Tersingkir dari Coppa Italia

Terancam gagal meraih trofi di musim ini, apa-apaan ini!

Harapan Inter Milan untuk bisa lolos ke semifinal Coppa Italia, gagal terwujud. Inter Milan yang tampil di hadapan suporternya sendiri, justru harus merelakan 'tiket tampil' di babak semifinal, dibawa pulang oleh Lazio.

Itu setelah Inter takluk dari Lazio di perempat final lewat pertandingan menegangkan yang berujung adu penalti di San Siro, Kamis (31/1/2019) malam waktu setempat atau Jumat (1/2/2019). Kekalahan ini membuat Inter Milan tidak hanya gagal lolos ke semifinal. Tim Biru Hitam juga terancam mendapat akhir musim yang buruk di penghujung musim 2018/19 mendatang.

Berikut cerita pertandingan perempat final Coppa Italia di San Siro tersebut.

1. Laga perempat final berjalan dramatis selama 120 menit, Inter akhirnya kalah adu penalti 3-4

Kalah Adu Penalti, Inter Milan Tersingkir dari Coppa Italiatwitter.com/Inter

Inter Milan dan Lazio sama-sama berharap lolos ke semifinal Coppa Italia. Itu terlihat dari starting XI kedua tim yang menurunkan pemain-pemain utama. Namun, kedua tim kesulitan mencetak gol. Hingga berakhirnya masa normal 2x45 menit, tidak ada gol tercipta dan laga pun berlanjut ke masa ekstra time, 2x15 menit.

Di babak pertama, belum juga ada gol. Baru di babak kedua perpanjangan waktu, Lazio unggul lewat gol Ciro Immobile di menit ke-108. Lazio sepertinya akan menjadi pemenang karena hingga jelang menit ke-120, Inter belum bisa menyamakan skor.

Lalu, insiden terjadi di masa tambahan waktu, tepatnya di menit ke-124 ketika pemain Lazio, Milinkovic-Savic melanggar Danilo D'Ambrosio. Wasit sempat memutuskan tendangan bebas. Namun, setelah melihat VAR, ternyata pelanggaran terjadi di dalam kotak penalti dan wasit pun memberi Inter penalti.

Tentu saja keputusan itu diprotes pemain-pemain Lazio. Mauro Icardi bisa mengeksekusinya dengan dingin. Laga pun berakhir 1-1. Penentuan pemenang ditentukan lewat adu penalti. Di masa adu penalti, Inter mendapat kesempatan pertama. Dari empat penendang kedua tim, satu penendang gagal dan skor 3-3.

Tibalah pada penendang terakhir. Radja Naionggalan menjadi eksekutor terakhir Inter, tendangannya yang mengarah ke tengah, bisa ditepis Strakosha, kiper Lazio. Lucas Leiva lantas menjadi penentu kemenangan Lazio 4-3 seperti dikutip dari football-italia.net.

2. Perempat final Coppa Italia terakhir ini sepi gol tetapi 'hujan' kartu kuning

Kalah Adu Penalti, Inter Milan Tersingkir dari Coppa Italiatwitter.com/OfficialSSLazio

Pertandingan perempat final Coppa Italia yang digelar paling akhir ini juga berjalan keras. Itu terlihat dari banyaknya kartu kuning yang dikeluarkan wasit Rosario Abisso. Ya, kesulitan mencetak gol di sepanjang pertandingan, baik waktu normal maupun masa tambahan waktu, pemain-pemain Inter Milan dan Lazio justru rajin mengoleksi kartu kuning.

Dikutip dari Soccerway, wasit Abisso mengeluarkan 10 kartu kuning dan satu kartu merah di pertandingan tersebut. Ada empat pemain Inter Milan yang mendapatkan kartu kuning, yakni Gagliardini (menit ke-44), Vecino (menit ke-82) Mrozovic (menit ke-110) dan Kwado Asamoah menit ke-116.

Sementara enam pemain Lazio yang diganjar kartu kuning yakni Wallace (menit 68), Radu (menit ke-73), Marusic (menit ke-86), Milinko-Savic (menit ke-87), Lucas Leiva (menit ke-96), dan Immobile yang dikartu kuning karena melepas jersey ketika merayakan gol. Bahkan, dimenit ke124, Radu dikartu merah karena memprotes keputusan wasit yang memberikan penalti untuk Inter seperti dikutip dari soccerway.com.

Pelatih Inter, Luciano Spalletti menyebut pertandingan perempat final tersebut sebenarnya berimbang. Namun, dia mengakui, Inter memang kurang agresif di pertandingan ini. "Apalagi, mereka memainkan lima bek. Kami kesulitan membongkarnya. Tetapi pertandingan sangat berimbang dan memang hanya bisa diakhiri lewat penalti," ujar Spaletti dikutip dari football-italia.net.

Baca Juga: Hasil Semifinal Leg Kedua Copa Italia: AC Milan & Juventus Bertemu

3. Inter tersingkir, derby Milan pun gagal terwujud di semifinal Coppa Italia

Kalah Adu Penalti, Inter Milan Tersingkir dari Coppa Italiatwitter.com/Inter

Kemenangan ini membuat Lazio menjadi tim terakhir yang mendapatkan tiket ke semifinal Coppa Italia. Tiga tiket semifinal sebelumnya sudah dimiliki AC Milan, Atalanta dan Fiorentina yang lebih dulu memastikan lolos.

Nah, sesuai drawing, Lazio akan menghadapi AC Milan di semifinal. Pertandingan semifinal pertama akan digelar pada 27 Februari mendatang dan semifinal kedua digelar pada 24 April 2019.

Andai saja Inter Milan yang menang, maka semifinal Coppa Italia musim ini akan menyajikan derby Milan: Inter bertemu AC Milan. Namun, skenario itu buyar. Lazio lah yang mendapatkan tiket lolos. Mereka akan bertemu Milan yang merupakan ulangan semifinal Coppa Italia musim lalu. Kala itu, Lazio kalah adu penalti 4-5.

"Kami pantas lolos ke semifinal. Bahkan, kami seharusnya bisa menang lebih cepat, tetapi itu nyaris dicuri dari kami. Kami tidak tahu apa yang terjadi dengan insiden penalti tersebut. Berikutnya, kami siap melakukan pembalasan pada AC Milan," ujar Ciro Immobile dikutip dari football-italia.net.

4. Inter Milan terancam tidak mendapat apa-apa di akhir musim 2018/19 ini

Kalah Adu Penalti, Inter Milan Tersingkir dari Coppa Italiawww.inter.it

Kegagalan lolos ke semifinal membuat Inter Milan terancam tidak mendapatkan apapun di kompetisi musim 2018/19. Kesempatan meraih trofi di Coppa Italia telah lepas. Sementara di Liga Serie A Italia, peluang Inter untuk merebut gelar Scudetto juga semakin menipis untuk tidak menyebut sudah tertutup setelah akhir pekan kemarin kalah dari Torino dipekan ke-21 Liga Italia.

Di klasemen, Inter kini masih ada di peringkat 3 dengan 40 poin dari 21 pertandingan. Inter tertinggal 19 poin dari Juventus yang memimpin klasemen dengan 59 poin, serta Napoli di peringkat 2 dengan 48 poin seperti dikutip dari soccerway.com. Memang, masih ada 17 pertandingan tersisa. Namun, dengan selisih 19 poin dari Juventus yang tampil dominan, akan sulit bagi Inter untuk bisa juara.

Satu-satunya peluang yang paling masuk akal bagi Inter untuk berburu trofi di musim ini ada di Europa League. Namun, perjalanan Inter masih sangat panjang. Inter baru ada di babak 32 besar dan akan menghadapi klub Austria, SK Rapid Vienna seperti dikutip dari uefa.com. Laga pertama akan digelar pada 15 Februari dan laga kedua digelar pada 22 Februari nanti.

Para tifosi Inter tentunya berharap, tim idola mereka bisa mengakhiri musim 2018/19 ini dengan raihan trofi. Minimal, mereka bisa tetap berada di posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan.

Baca Juga: Juventus Tersingkir dan 4 Fakta Perempat Final Coppa Italia 

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya