Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018

Teknologi sudah lama digunakan di liga-liga Eropa

Jakarta, IDN Times - Sepak bola telah jauh berkembang, menjadi lebih maju dan modern. Tidak hanya sebatas stadion yang megah atau kit pemain yang makin keren, namun juga penggunaan teknologi di lapangan sepak bola.

Sistem Video Assistant Referee (VAR) adalah penggunaan teknologi video untuk membantu wasit mengambil keputusan lebih tepat. Sistem ini diuji coba di FA dan Carabao Cup musim lalu, serta liga Jerman dan Italia. Sistem ini akan digunakan untuk kali pertama di perhelatan sepak bola tertinggi di dunia, Piala Dunia 2018 di Rusia.

Apa itu VAR dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan berikut ini seperti dilansir FIFA.

1. Mengenal tim VAR 

Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018PANGGUNG. Penampilan penyanyi Robbie Williams membuka Piala Dunia 2018. Foto dari LIVE BLOG FIFA.com

Tim ini terdiri dari asisten wasit video (VAR) dan tiga asistennya (AVAR1, AVAR2, dan AVAR3). Semua asisten wasit video anggota resmi FIFA.

Komite Wasit FIFA telah memilih 13 Wasit, yang akan bertindak sebagai asisten asisten video selama Piala Dunia FIFA 2018 Rusia yang sebelumnya telah diseleksi dari pengalamannya.

2. Apa saja tugas tim VAR?

Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018skysports.com

VAR akan melihat kamera utama pada monitor atas dan memeriksa atau meninjau insiden pada monitor yang dibagi empat. Dia bertanggung jawab untuk memimpin tim VAR dan berkomunikasi dengan wasit.

AVAR1 berkonsentrasi pada kamera utama dan membuat VAR diinformasikan tentang permainan langsung jika insiden sedang diperiksa atau ditinjau.

AVAR3 memfokuskan pada umpan program TV, membantu VAR dalam mengevaluasi insiden dan memastikan komunikasi yang baik antara VAR dan AVAR2 yang terletak di stasiun offside.

AVAR2 adalah asisten wasit yang terletak di stasiun offside. Dia mengantisipasi dan memeriksa setiap potensi situasi offside untuk mempercepat proses pemeriksaan dan peninjauan VAR.

3. Kamera-kamera VAR 

Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018fifa.com

Tim VAR punya akses ke 33 kamera siaran lho, 8 di antaranya adalah kamera super slow-motion dan 4 kamera ultra slow-motion 

Kedua jenis kamera ini hanya tersedia bagi tim VAR. Untuk fase knockout, dua kamera ultra slow-motion tambahan akan dipasang di tiap belakang gawang.

Replay gerakan lambat terutama digunakan untuk situasi faktual, misalnya, untuk mengidentifikasi titik kontak pelanggaran fisik atau posisi pelanggaran. Kecepatan normal digunakan untuk penilaian subyektif, misalnya, intensitas pelanggaran atau untuk menentukan apakah bola tangan itu disengaja.

4. Video Operation Room

Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018fifa.com

Tim wasit asisten video mendukung wasit dari Video Operation Room (VOR) atau ruang operasi terpusat yang terletak di International Broadcast Center (IBC) di Moskow.

Semua kamera relevan berasal dari 12 stadion dihubungkan ke VOR melalui jaringan serat optik. Wasit di lapangan di setiap stadion berbicara dengan tim VAR melalui sistem radio yang terhubung serat canggih.

5. Pengambilan keputusan yang dibantu VAR 

Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018odhishatv.in

Tim VAR ini nantinya akan membantu wasit mengambil keputusan seperti pelanggaran dilakukan pemain, offside, pelanggaran yang mengarah ke penalti, semua insiden kartu merah, bola yang sudah keluar dari lapangan tapi mengarah ke terjadinya gol, pelanggaran dilakukan di dalam atau di luar area penalti, bola keluar dari permainan yang mengarah ke penalti, termasuk, semua kasus kesalahan identitas.

Baca juga: Linimasa: Hebohnya Pesta Pembukaan Piala Dunia 2018

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya