Comscore Tracker

Albert Sambi Lokonga, Pemuda Belgia yang Rela Ditebus Mahal Arsenal

Lokonga diproyeksikan mengisi lini tengah The Gunners

Jakarta, IDN Times - Arsenal akhirnya meresmikan rekrutan anyar jelang musim 2021/2022. Ia adalah pemain asal Belgia yang dinilai punya masa depan bagus sebagai gelandang, Albert Sambi Lokonga.

Melalui laman resmi Arsenal, Lokonga diperkenalkan secara langsung ke publik pada Senin (19/7/2021). Datang ke Emirates Stadium, pemain berusia 21 tahun itu meneken kontrak jangka panjang dengan mahar 17,5 juta euro atau Rp301 miliar, plus tambahan 4,5 juta euro atau Rp77 miliar. 

Lalu, siapakah Lokonga? Kenapa Arsenal rela mengeluarkan dana cukup besar untuk bisa mendatangkan pemain 21 tahun tersebut? 

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Masuk Daftar Belanja Arsenal di Musim Panas 2021

1. Pemain didikan Vincent Company

Lokonga merupakan pemain kelahiran Brussel, Belgia pada 1999 lalu. Ia sudah mencintai sepak bola sejak usianya sangat muda. Bakatnya itu tercium hingga dicomot klub asal Belgia Anderlecht pada 2014. Potensinya terus diasah selama memperkuat Akademi Anderlecht. 

Tiga tahun berselang, ia pun mendapatkan kontrak profesional pertama dalam kariernya bersama Anderlecht. Ia melakukan debut di tahun yang sama dan menunjukkan kepada publik memiliki kemampuan yang sangat baik saat berperan sebagai gelandang box to box

Ia harus melewati dua musim lebih dulu untuk bisa tampil reguler besama Anderlecht. Anak didik Vincent Company ini akhirnya bisa mencatatkan 26 penampilan di semua ajang bersama Anderlecht saat berusia 19 tahun. Namun, kompetisi akhirnya dihentikan akibat pandemik COVID-19.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Bisa Pindah Klub pada Bursa Transfer Musim Panas Ini

2. Jadi kapten Anderlecht walau masih berusia 21 tahun

Albert Sambi Lokonga, Pemuda Belgia yang Rela Ditebus Mahal ArsenalAlbert Sambi Lokonga. (arsenalnews.co.uk).

Semusim berselang, ia terus menunjukkan magi bersama Anderlecht. Lokonga membuat 37 penampilan bersama tim senior hingga bisa mencetak tiga gol. Ia juga berhasil mengantarkan timnya lolos ke Liga Europa musim depan. 

Menariknya, Lokonga tak hanya dibekali dengan kemampuan teknik dan olah bola saja, ia juga punya jiwa kepemimpinan yang sangat bagus di lapangan. Walhasil, sejak Desember 2021 ia didapuk sebagai kapten Anderlecht. Total sudah 26 laga ia menjadi komandan di lapangan sampai saat ini.

 

3. Albert Lokonga Baru promosi ke Timnas Belgia Senior

Albert Sambi Lokonga, Pemuda Belgia yang Rela Ditebus Mahal ArsenalAlbert Sambi Lokonga. (dailycannon.com).

Sempat tampil bersama Belgia di level kelompok umur, Lokonga pun akhirnya menarik perhatian pelatih tim senior, Roberto Martinez. Ia mendapat panggilan itu pada Maret 2021 silam. 

Namanya sempat masuk radar Martinez untuk skuat Piala Eropa 2021. Sayang, banyaknya pemain senior di lini tengah, membuat Lokonga harus tersisih. Ia hanya bisa masuk skuat cadangan, hingga akhirnya harus gigit jari karena tak bisa tampil di ajang empat tahunan tersebut.

Lokonga sebetulnya merupakan pemain berdarah Kongo. Ia bahkan punya kesempatan tampil membela tanah leluhurnya di Afrika. Tak seperti kakaknya, Paul-Jose M’Poku yang membela Timnas Kongo, Lokonga lebih mencintai tanah kelahirnya Belgia dan memilih untuk bisa meraih prestasi di Eropa, bahkan dunia. 

4. Lokonga mendapat pengalaman pertama tampil untuk klub besar

Punya penampilan menawan, kini ia diharapkan bisa mengisi lini tengah Arsenal yang dalam beberapa musim terakhir ini memble. Lokonga diharapkan bisa menjadi gelandang dengan kemampuan yang sangat baik, seperti Paul Pogba di Manchester United.

Mendapat sedikit tekanan karena banyak orang mengharapkan ekspektasi yang sangat tinggi, Lokonga memilih santai. Ia malahan masih belum percaya akhirnya bisa bergabung dengan skuat Meriam London dan tampil di Premier League.

”Ini merupakan transfer hebat, lantara saya sebelumnya hanya bermain untuk Anderlecht selama satu dekade, Jadi ini adalah transfer besar pertama saya ke negara lain," ujar Lokonga di situs resmi Arsenal.

"Ini adalah langkah besar, tapi saya percaya diri karena kita harus begitu. Di dunia sepakbola, Anda harus merasa percaya diri, tapi saya menantikan untuk main di liga ini dan tak sabar untuk memulainya,” lanjut dia.

Albert Sambi Lokonga nantinya akan menggunakan nomor punggung 23 di Arsenal. Ia diproyeksikan bisa menjadi jenderal lapangan tengah Arsenal yang bisa menandingi Patrick Vieira.

Baca Juga: Liverpool Pasif di Bursa Transfer Musim Panas 2021, Kenapa?

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya