Bekuk Vietnam, Jepang Mulai Tebar Ancaman di Piala Asia 2023

Vietnam sempat unggul 2-1

Jakarta, IDN Times - Timnas Jepang sukses meraih kemenangan dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2023. Bersua Timnas Vietnam di Al Thumama Stadium, Minggu (14/1/2024) malam WIB, skuad 'Samurai Biru' menang.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Takumi Minamino (11', 45'), Keito Nakamura (45+4'), dan Ayase Ueda (85') untuk Jepang, serta Nguyen Dinh Bac (16') dan Pham Tuan Hai (33') untuk Vietnam. Jepang menebar ancaman bagi para pesaing mereka.

Di babak pertama, Jepang sempat dikejutkan oleh permainan spartan Vietnam. Skuad 'Bintang Emas' bahkan berhasil membobol gawang Jepang sebanyak dua kali, setelah sempat tertinggal oleh gol Takumi Minamino pada menit 11.

Pada menit 16, Vietnam berhasil mencetak gol lewat Nguyen Dinh Bac, memanfaatkan situasi bola mati. Hal serupa terjadi pada menit 33, ketika Pham Tuan Hai menorehkan gol bagi Vietnam. Hingga akhir babak pertama, mereka unggul 2-1.

Di momen inilah, Jepang menggebrak balik. Mereka meningkatkan tekanan ke lini pertahanan Vietnam, plus meningkatkan juga kombinasi-kombinasi yang sempat hilang di awal dan pertengahan babak pertama.

Hasilnya, Jepang langsung membalikkan keadaan. Diawali gol kedua Minamino pada menit 45, Keito Nakamura membawa Jepang mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 3-2, berkat golnya pada menit 45+4.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan Jepang dan Vietnam. Jepang memasukkan Ayase Ueda, Ritsu Doan, hingga Takefusa Kubo. Sedangkan Vietnam, mereka memasukkan Nguyen Van Truong dan Truong Tien Anh.

Hadirnya nama-nama baru ini menjaga intensitas permainan kedua tim. Tidak seperti babak pertama, Jepang lebih konstan dalam menerapkan tekanan di babak kedua ini. Mereka tidak membiarkan Vietnam leluasa menguasai bola.

Alhasil, Vietnam lebih banyak main bertahan di babak kedua ini. Jarang sekali mereka melepaskan peluang-peluang berbahaya ke lini pertahanan Jepang. Bahkan, memasuki kotak penalti Jepang pun mereka tak kuasa.

Buntut dari tekanan intens ini, Jepang sukses mencetak gol keempat jelang babak kedua tuntas. Pada menit 85, Ueda membobol gawang Vietnam lewat sepakan terukur yang membentur pemain bertahan Vietnam. Skor berubah 4-2.

Hingga babak kedua tuntas, dominasi Jepang masih terjaga. Mereka akhirnya mengunci kemenangan atas Vietnam dengan skor 4-2, sekaligus menebar ancaman bagi lawan-lawan lain di Grup D Piala Asia 2023.

Baca Juga: Jadwal dan Hasil Piala Asia 2023, Australia Unggul yang Lain Imbang

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya