Dipecat Birmingham, Wayne Rooney Curhat

Rooney bakal istirahat dan belum mau melatih klub lagi

Jakarta, IDN Times - Wayne Rooney resmi dicopot dari kursi manajer klub Championship Birmingham City  pada Selasa (2/1/2023) malam. Walau menerima keputusan manajemen, legenda Manchester United ini memberi sentilan lantaran mendapat kesempatan singkat bersama klub itu. 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada (pemilik bersama) Tom Wagner dan Tom Brady serta (kepala eksekutif) Garry Cook atas kesempatan mengelola Birmingham City dan dukungan yang mereka semua berikan kepada saya selama periode singkat saya bersama klub,” ujar Rooney dikutip BBC Sport.

1. Rooney akui tak dapat waktu banyak selama jadi manajer Birmingham

Dipecat Birmingham, Wayne Rooney CurhatWayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Namun, Rooney mengaku tak mendapat banyak waktu untuk mengubah kondisi tim. Padahal, dia menyebut jika komoditas paling berharga yang dibutuhkan seorang manajer adalah waktu. 

"Sepak bola adalah bisnis hasil, dan saya akui mereka belum mencapai level yang saya inginkan,” kata Rooney.

“Saya rasa 13 minggu tidak cukup untuk mengawasi perubahan yang diperlukan. Secara pribadi, saya butuh waktu untuk mengatasi kemunduran ini,” lanjut dia.

Baca Juga: Rekam Jejak Wayne Rooney sebagai Manajer, Belum Beprestasi!

2. Rooney pilih istirahat sebelum menjadi manajer lagi

Dipecat Birmingham, Wayne Rooney CurhatWayne Rooney kembali ke Inggris bersama Birmingham City. (dcfc.co.uk)

Usai dipecat Birmigham, Rooney enggan terburu-buru mencari klub lagi. Dia bakal beristirahat sejenak untuk bisa menyiapkan diri melanjutkan kariernya sebagai manajer. 

“Saya telah terlibat dalam sepak bola profesional, baik sebagai pemain atau manajer, sejak saya berusia 16 tahun. Sekarang, saya berencana untuk meluangkan waktu bersama keluarga sambil mempersiapkan peluang berikutnya dalam perjalanan saya sebagai manajer,” beber eks pemain Everton itu. 

3. Rooney cuma persembahkan dua kemenangan untuk Birmingham

Dipecat Birmingham, Wayne Rooney CurhatWayne Rooney memulai kariernya sebagai manajer di Derby County. (mlssoccer.com)

Rooney memang baru menangani Birmingham dalam 15 pertandingan di semua kompetisi. Alih-alih bisa membawa klub bersaing merebut tiket ke Premier League musim depan, posisi The Blues yang sebelumnya sempat berada di peringkat lima, justru merosot ke posisi 20 usai ditukangi Rooney.

Eks pemain Timnas Inggris itu hanya bisa mempersembahkan dua kemenangan saja bagi Birmingham. Hal itu tentu jadi catatan statistik cukup buruk dalam karier kepelatihannya. 

Baca Juga: Rooney Dipecat Birmingham, Padahal Baru Melatih 3 Bulan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya