Fakta Menarik di Balik Derby Merseyside antara Liverpool vs Everton

Liverpool dijagokan untuk meraih kemenangan

Jakarta, IDN Times - Duel seru bertajuk Merseyside derby antara Everton melawan Liverpool bakal tersaji dalam lanjutan Premier League 2023/24 di Stadion Anfield pada Sabtu (21/10/2023).

Duel kali ini ibarat David melawan Goliath. Maklum, kedua tim tengah dalam kondisi berbanding terbalik di mana Liverpool begitu perkasa di empat besar, sedangkan Everton masih berkutat di posisi 16 klasemen sementara Premier League.

Namun, hal itu nampaknya tak akan berdampak banyak. Kedua tim pasti bakal mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi menjadi raja Kota Liverpool.

Tak pelak, banyak hal menarik yang jadi catatan dalam duel keduanya. Berikut fakta menarik jelang Merseyside derby antara Liverpool kontra Everton yang berhasil dihimpun IDN Times:

1. Liverpool masih dominasi hasil pada derbi atas Everton

Fakta Menarik di Balik Derby Merseyside antara Liverpool vs Evertontelegraph.co.uk

Kedigdayaan Liverpool atas musuh bebuyutan sekotanya itu terlihat jelas dalam catatan pertemuan keduanya. Liverpool berhasil menyelesaikan 98 pertandingan tanpa kekalahan saat bentrok dengan The Toffees di Anfield dalam berbagai kompetisi. Sisanya,  77 kali seri dan 67 kalah.

Kehebatan itu ditopang statistik lain, The Reds cuma empat kali kalah dalam 47 pertemuan terakhir di kandang. Alhasil, ini akan jadi misi sulit bagi Everton dalam duel panas nanti. 

2. Liverpool belum terkalahkan di Anfield selama Premier League musim ini berlangsung

Fakta Menarik di Balik Derby Merseyside antara Liverpool vs Evertonpremierleague.com

Selama Liverpool ditangani Juergen Klopp, Liverpool hanya sekali menderita kekalahan dalam 16 Derbi Merseyside di semua ajang. Sebanyak 15 laga lainnya berakhir 9 kali menang dan 6 hasil imbang.

Catatan apik juga ditorehkan Alisson Becker jika Liverpool bentrok dengan Everton. Dia sudah mencatatkan enam clean sheet dalam delapan duel panas bertaju Derbi Merseyside.

Liverpool mencetak lima gol kemenangan pada menit akhir melawan Everton di era Premier League. Hal itu terakhir kali dilakukan Divock Origi pada Desember 2018. 

3. Performa Everton di Premier League 2019/2020 sangat jeblok

Fakta Menarik di Balik Derby Merseyside antara Liverpool vs Evertontbrfootball.com

Kiprah Everton musim ini bisa dibilang cukup jeblok. Mereka baru mengumpulkan tujuh poin saja hasil dari dua kali menang, satu imbang, dan lima kali menderita kekalahan. Torehan itu yang membuat mereka masih berkutat di papan bawah.

Namun, dalam empat aksi terakhirnya, Everton bisa memperbaiki performa. Mereka bisa meraup tiga kemenangan dan sekali kalah di semua kompetisi. Tak pelak, masih ada peluang untuk menang walau tipis.

Liverpool jelas lebih diunggulkan dari Everton dalam duel nanti. Hanya saja, bola itu bundar. Segala sesuatu hingga drama di lapangan bisa mengubah hasil akhir pertandingan.

Baca Juga: 3 Derbi pada Pekan Ke-9 Premier League 2023/2024

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya