Pelatih Persib Ungkap Alasan Depak Esteban Vizcarra Musim Depan 

Persib resmi datangkan Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung dipastikan melepas empat pemainnya untuk mengarungi Liga 1 2022/23. Salah satunya adalah pemain naturalisasi berdarah Argentina, Esteban Vizcarra.

Pelatih Persib, Robert Alberts mengungkapkan alasan di balik berakhirnya kerja sama Maung Bandung dengan sang pemain. Menurut dia, keputusan itu terpaksa dilakukan untuk menjaga regenerasi pemain. 

"Soal Esteban Vizcarra, kami tidak memberinya penawaran kontrak baru. Saya pikir, ada pemain lainnya di dalam tim yang sudah memasuki usianya untuk bisa menempati posisi tersebut," kata Robert dalam rilis resmi Persib, Rabu (6/4/2022).

1. Robert ingin maksimalkan regenerasi

Pelatih Persib Ungkap Alasan Depak Esteban Vizcarra Musim Depan IDN Times/Galih Persiana

Robert tak memungkiri, sejumlah pemain muda mulai bisa menunjukkan kemampuannya di lapangan setiap kali diberi kepercayaan, termasuk di posisi yang ditempatkan Vizcarra.

Pelatih asal Belanda itu menilai, proses regenerasi pemain di dalam tim merupakan hal yang biasa terjadi di seluruh dunia. Menurut dia, Persib sebagai sebuah tim sepak bola pun harus mampu menjaga kualitasnya agar tetap bisa meraih prestasi terlepas dari siapapun pemain di dalamnya. 

"Ini sebuah hal yang normal di dalam sepak bola. Ketika pemain sudah mulai menua, tentu Anda perlu mencari pemain lain yang lebih muda," ujar pelatih berusia 67 tahun itu.

Baca Juga: [BREAKING] Persib Bandung Datangkan Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya

2. Ada 4 pemain lainnya yang juga hengkang dari Persib

Pelatih Persib Ungkap Alasan Depak Esteban Vizcarra Musim Depan IDN Times/Debbie Sutrisno

Selain Esteban, beberapa pemain sudah dipastikan hengkang musim ini, Indra Mustafa, Gian Zola, Supardi Nasir, dan Mario Jardel sudah diumumkan bakal hengkang. Hampir sebagaian besar dari mereka bakal coba peruntungan baru di klub Liga 1 lagi.

Gian Zola bahkan sudah langsung diperkenalkan sebagai rekrutan baru Arema FC. Dia masuk bersama Evan Dimas, Adam Alis, Andik Rendika Rama. Zola dan tiga pemain lainnya bakal jadi kekuatan baru Singo Edan untuk bisa merebut gelar juara musim depan.

Sementara, belum ada kejelasan terkait masa depan Supardi. Dia belum memastikan bakal terus bermain atau gantung sepatu musim depan.

3. Persib resmikan Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto

Sebagai gantinya, Persib mendatangkan amunisi baru untuk menambah kekuatan di Liga 1 musim depan. Mereka resmi mendaratkan dua eks pemain Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

"PT Persib Bandung Bermartabat dengan ini mengumumkan kesepakatan kontrak dengan dua pemain berlabel Tim Nasional, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto," tulis pernyataan resmi di situs klub.

Ricky dan Rian, sapaan akrab Rachmat, akan dikontrak dengan durasi lebih dari satu musim. Keduanya diharapkan menjadi tambahan amunisi Persib di lini tengah, baik itu di ajang Liga 1 maupun AFC Cup 2023 kelak.

Baca Juga: 5 Jebolan Diklat Persib yang Perna Bela Persija, Ada Hanif Sjahbandi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya