Pratama Arhan Batal Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021 

Asnawi Mangkualam juga kemungkinan absen di bela Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Pratama Arhan dipastikan tak bisa membela Timnas U-23 Indonesia di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Klubnya, Tokyo Verdy tak memberikan lampu hijau untuk eks pemain PSIS itu bergabung di ajang yang ada di luar kalender FIFA.

Kepastian itu diungkapkan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi. Menurut dia, federasi sudah melakukan lobi untuk bisa mendapatkan izin membawa Arhan. Namun, hasilnya nihil.

“Iya, [Pratama] Arhan tidak bergabung. PSSI tidak memaksa klub [Tokyo Verdy] dan kami sangat memahami alasan klub,” kata Yunus Nusi saat dihubungi IDN Times, Selasa (25/4/2022).

1. Pratama Arhan bakal lakukan debut dengan Tokyo Verdy?

Pratama Arhan Batal Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021 Pratama Arhan jalani latihan perdana bersama Tokyo Verdy (instagram.com/tokyo_verdy)

Kebijakan yang dilakukan Tokyo Verdy memang bisa dipahami, karena SEA Games tak masuk dalam FIFA Matcday.  Di waktu yang sama, Pratama Arhan juga bakal disiapkan untuk melakukan debut bersama klub dalam waktu dekat melawan Vegalta Sendai.

Kans pemain berusia 20 tahun itu mendapat menit bermain pertamanya saat laga lanjutan J-League 2 [J2] cukup besar. Apalagi, dia sudah bergabung dengan klub beberapa bulan dan sudah melakukan adaptasi.

Pihak Tokyo Verdy pun menyiratkan dia bakal tampil. Mereka bahkan menyiapkannya tiket khusus untuk Warga Negara Indonesia [WNI] menonton, yakni yang kategori spesial dan gratis.

Baca Juga: Timnas U-23 Diperkuat 3 Pemain Luar Negeri di SEA Games 2021

2. Masih ada pemain yang diragukan bisa tampil membela Timnas U-23

Pratama Arhan Batal Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021 Asnawi Mangkualam Bahar saat memimpn Timnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Setelah dipastikan pergi ke SEA Games tanpa Arhan, beberapa pemain juga masih diragukan bisa tampil untuk bisa membela Timnas U-23, khususnya bagi mereka yang mentas di kompetisi luar negeri, seperti Saddil Ramdani, [Sabah FC] Elkan Baggott [Ipswich Town], hingga Asnawi Mangkualam [Ansan Greeners].

Nama terakhir bahkan kemungkinan besar tak akan dilepas klub asal Korea untuk membela Timnas U-23. Klub membutuhkan Asnawi yang kini tengah berjuang di papan bawah k-League 2 yang sudah berjalan 11 pekan.

“Jika kami melepas Anawi [Mangkualam], kekuatan Ansan takut bakal melemah. Namun, jika kami tak memberikannya, kami mengkhawatirkan Shin Tae Yong. SEA Games tak masuk kalender FIFA dan klub berhak tak memberikan izin pemain membela tim nasional. Apalagi, situasi klub juga tengah krisis, karena dalam 11 laga yang dimainkan belum meraih sekalipun kemenangan,” kata Pelatih Ansa, Cho Min-kook, dikutip Chosun.

3. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman bela Timnas U-23 di SEA Games

Pratama Arhan Batal Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021 Timnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Walau beberapa pemain masih diragukan, Timnas U-23 beruntung masih bisa membawa dua pemain FK Senica, Egy Maulana Fikri dan Witan Sulaeman, ke ajang SEA Games nanti. 

Kabar ini diwartakan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di sela-sela acara ulang tahun PSSI yang ke-92, Selasa (19/4/2022). Setidaknya, kedua pemain muda ini bisa memberikan lebih banyak opsi kepada Shin di lini depan pada ajang nanti.

Timnas U-23 sendiri tergabung di Grup A bersama tim tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste di SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda ini akan memulai kiprahnya di ajang ini melawan Vietnam pada 6 Mei 2022.

Baca Juga: Pratama Arhan Belum Main di Tokyo Verdy, Warganet: Mending Ikut TC

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya