Unggul Head to Head, Tren Timnas Indonesia vs Vietnam Justru Menurun

Skuat Garuda dapat kekalahan terbesar dari Vietnam pada 2019

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal bentrok dengan tim kuat Vietnam dalam laga ketujuh Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (7/5/2021) malam WIB. Cukup wajar jika pelatih Shin Tae Yong merasa was-was jelang anak asuhnya bentrok dengan lawan yang acap kali merepotkan itu.

Vietnam sedang dalam kondisi terbaiknya di ajang ini. Mereka terbukti masih kokoh di puncak klasemen Grup G dengan torehan 11 poin dalam lima laga, dari hasil tiga kemenangan dan dua kali bermain imbang. 

Sedangkan Timnas Indonesia masih berada di posisi juru kunci dengan torehan satu poin. Hasil dari lima kekalahan dan sekali bermain imbang.

Baca Juga: Shin Tae Yong Waspadai Vietnam yang Bisa Merepotkan Timnas Indonesia

1. Timnas Indonesia masih unggul secara statistik, tapi ...

Unggul Head to Head, Tren Timnas Indonesia vs Vietnam Justru MenurunPemain Vietnam Doao Van Hau mencetak gol ke gawang Indonesia pada final SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Duel nanti bakal jadi pertemuan ke 24 bagi Timnas Indonesia melawan Vietnam. Sejauh ini, mereka masih bisa mengungguli Vietnam dengan sembilan kemenangan, sembilan imbang, dan enam kali menderita kekalahan.

Namun, dalam enam laga yang terjadi dalam lima tahun terakhirnya, tren kemenangan Timnas Indonesia terus menurun. Vietnam justru punya catatan lebih baik jika bersua mereka di beberapa ajang. 

Timnas Indonesia hanya bisa meraih satu kemenangan saja saat melawan Vietnam. Sisanya, mereka hanya bisa mengakhiri laga dengan dua kali imbang dan dua kali mengalami kekalahan atas lawannya itu.

2. Terakhir kali menang atas Vietnam di ajang Piala AFF 2016

Unggul Head to Head, Tren Timnas Indonesia vs Vietnam Justru MenurunWahyu Putro A/ANTARA FOTO

Timnas Indonesia sudah tak pernah merasakan lagi kemenangan saat bentrok dengan Vietnam. Terakhir kali hal itu dirasakan terjadi pada lima tahun silam, yakni saat duel dalam Piala AFF 2016. 

Hal itu terjadi saat Timnas Indonesia masih dinakhodai almarhum Alfred Riedl. Ia mampu mengantarkan anak asuhnya meraih kemenangan 2-1 dalam duel leg pertama yang digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Usai itu, Timnas Indonesia ditahan imbang Vietnam 2-2 dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2016. Hal itu membuat mereka melaju ke babak final karena unggul agregat 4-3.

Baca Juga: Timnas Indonesia Raih Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022

3. Kalah menyakitkan di laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022

Unggul Head to Head, Tren Timnas Indonesia vs Vietnam Justru MenurunTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Evan Dimas dan kolega meraih satu kekalahan menyakitkan dari Vietnam dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka kalah 1-3 saat bentrok di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada dua tahun lalu. 

Itu jadi catatan kekalahan terbesar yang diterima Timnas Indonesia saat bentrok dengan Vitenam dalam sebuah pertandingan.

Catatan negatif ini tentu harus jadi kewaspadaan Timnas Indonesia yang kini diasuh Shin Tae Yong. Ia harus bisa meramu tim terbaik untuk bisa menjegal Vietnam dan melanjutkan tren positif selama mentas di UEA.

Baca Juga: 5 Kontroversi pada Ajang Piala Dunia 2002, Tim Tuan Rumah Diuntungkan!

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya