Yanto Basna Makin Lama Merumput di Thailand

Yanto Basna memperpanjang kontrak satu musim dengan Prachuap

Jakarta, IDN Times - Bek asal Indonesia, Rudolof Yanto Basna, dipastikan tetap mentas di Liga Thailand musim depan. Klubnya, PT Prachuap FC resmi memperpanjang kontrak eks pemain Persib Bandung ini dengan durasi satu tahun ke depan pada Rabu (2/6/2021).

Klub kasta teratas di Thailand itu mengumumkan langsung perpanjangan kontrak Yanto melalui Facebook resminya. Tak hanya Yanto, ada 10 pemain lainnya yang juga dipastikan dapat perpanjangan kontak dari Prachuap.

"PT Prachuap memperpanjang kontrak dengan 11 pemain kunci untuk mempersiapkan tim menghadapi Liga Thailand musim 2021-2022," tulis rilis resmi Facebook PT Prachuap FC.

Baca Juga: Dampak Pencoretan Nurhidayat, Timnas Indonesia Minim Bek Tengah

1. Sebanyak 11 pemain dipertahankan PT Prachuap FC

Yanto Basna Makin Lama Merumput di ThailandInstagram.com/yanto_basna

Selain Yanto, pemain lain yang mendapatkan kontrak baru adalah Aduly Ten Thousand Saman (kapten tim), Anawin Jujin, Sequet Mount Pute, Saran Yu Intharat, Villen Mota, Hanchai Saeng, Siwaphong Pan Glass, Rushphon Nawanno, dam Adananoraho Watchalem Ying Yong.

Mereka bergabung dengan pemain lain yang dipastikan tetap berseragam Prachuap FC musim depan.

Pengumuman ini sekaligus membantah isu Yanto bakal hengkang dari Liga Thailand. Dia sebelumnya dikabarkan kembali ke Indonesia untuk bergabung dengan salah satu tim yang mentas di Liga 1 2021.

2. Yanto Basna jalani musim keempat di Liga Thailand

Yanto Basna Makin Lama Merumput di Thailandinstagram.com/yanto_basna

Pemain berusia 25 tahun itu bakal menjalani musim keempatnya di Liga Thailand. Teranyar, Basna berhasil mengantarkan timnya finis di peringkat 10 dengan mengoleksi 33 poin. Mereka masih terpaut cukup jauh dari juara musim lalu BG Pathum yang kokoh di posisi pertama dengan raihan 77 poin.

Yanto tercatat tampil sebanyak 19 kali dan berhasil mencetak sebiji gol untuk Prachuap FC. Pria kelahiran Sorong ini membuktikan pemain Indonesia bisa bersaing dalam ketatnya kompetisi sepak bola kasta tertinggi Thailand dengan menjadi pilar penting Prachuap FC di kompetisi musim lalu.

3. Sempat kesulitan saat mengawali karier di luar negeri

Yanto Basna Makin Lama Merumput di Thailandinstagram.com/yanto_basna

Karier Yanto di Liga Thailand awalnya tak berjalan mulus. Dia sempat mengalami kesulitan beradaptasi saat pertama kali bergabung dengan klub kasta kedua, Khon Kaen FC. Penampilannya pun tak begitu mengilap saat tampil bersama klub tersebut.

Setahun berselang, dia pindah ke Sukothai FC. Bersama klub tersebut, Yanto membukukan 11 penampilan dan mencetak dua gol bagi timnya. Namun, dia hanya mampu membawa timnya finis di posisi 12 klasemen akhir musim tersebut.

Memasuki musim 2020, Yanto dikontrak Prachuap. Perlahan, dia jadi pilah penting timnya dan tak tergantikan. Sangat wajar, jika melihat performa Yanto membuat dia masuk 11 pemain terbaik ASEAN di Thai League.

Topik:

  • Satria Permana
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya