Jadi Tuan Rumah FIFA 2022, Ini 5 Fakta Qatar yang Wajib Kamu Tahu! 

Negara paling kaya

Qatar merupakan sebuah negara kecil yang berbentuk semenanjung di Timur Tengah. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Teluk Persia di sebelah utara. Negari ini kerap dijuluki sebagai negara kecil yang kaya raya. Bahkan kini Qatar sedang berusaha membangun segala infrasturktur guna menyetarakan negaranya dengan negara kaya lain di Jazirah Arab.

Setelah dinyatakan oleh FIFA sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2022 (World Cup 2022), Qatar semakin semangat dalam hal pembangunan di berbagai sektor. Terutama di sektor bidang ekonomi dan pariwisata. Sebelumnya Qatar juga sudah pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2006.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai fakta dari negara tuan rumah FIFA 2022, Qatar. Penasaran bukan? Yuk simak! 

1. Negara terkaya di dunia

Jadi Tuan Rumah FIFA 2022, Ini 5 Fakta Qatar yang Wajib Kamu Tahu! cafef.vn

Beberapa dekade lalu, Qatar merupakan daerah nelayan yang masuk protektorat negara Inggris. Negara ini kemudian merdeka pada tahun 1971. Tidak lama setelah itu, Qatar menemukan wilayah yang berpotensi memiliki salah satu cadangan gas alam cair terbesar di dunia.

Hal inilah yang akhirnya membuat Qatar menjadi negara eksportir gas alam cair terbesar di dunia. Penerimaan gas dan minyak tersebut menyebabkan pendapatan per kapita rata-rata lebih dari 100.000 dolar AS. Bahkan melampaui Amerika Serikat ataupun Inggris. 

Qatar menjadi pemain kunci baik secara regional ataupun global. Dalam beberapa tahun terakhir, ditandai dengan keberhasilan negara tersebut menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2022. Selain itu, stasiun TV yang dimiliki pemerintah Qatar memantapkan diri sebagai salah satu media internasional terkemuka di dunia. 

2. Pemberian fasilitas secara penuh dari negara

Jadi Tuan Rumah FIFA 2022, Ini 5 Fakta Qatar yang Wajib Kamu Tahu! qatarliving.com

Negara Qatar terkenal dengan pelayanan fasilitas keseluruhan yang sangat baik. Pemerintah Qatar akan memberikan sebuah rumah kepada bayi yang baru lahir. Tak hanya itu, ketika mereka sudah siap untuk masuk sekolah maka mereka diberi kebebasan memilih sekolah baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan catatan, semua biaya pendidikan akan ditanggung sepenuhnya oleh negara.

Setelah lulus dari pendidikan, mereka juga akan bebas memilih pekerjaan di dalam negeri. Dimana gaji yang akan mereka terima akan lebih tinggi dari pekerja asing. Bahkan ketika sudah menikah pun, warga Qatar akan disediakan fasilitas kehidupan secara keseluruhan.

3. Semua pemuda berstatus pekerja

Jadi Tuan Rumah FIFA 2022, Ini 5 Fakta Qatar yang Wajib Kamu Tahu! qf.org.qa

Banyak fasilitas yang diberikan negara Qatar untuk perekembangan sumber daya manusianya. Di sana tidak ada istilah pengangguran, karena sebagaian besar pemuda di sana berstatus sebagai pekerja. Hal ini dikarenakan, setiap warganya yang sudah menyelesaikan pendidikannya akan banyak dilamar lebih dari satu perusahaan.

Jadi setelah lulus, mereka bukannya melamar pekerjaan tapi dilamar oleh sebuah perusahaan. Mencari pekerjaan di Qatar bisa dikatakan sangat mudah, terlebih bagi masyarakat asli Qatar. Bukan tanpa alasan bisa semudah itu, hal ini juga sebanding dengan kopetensi yang dimiliki warga Qatar. 

Baca Juga: Hebat, Inilah 4 Rahasia Lolosnya Qatar ke Final Piala Asia 2019

4. Bebas dari semua pajak penghasilan

Jadi Tuan Rumah FIFA 2022, Ini 5 Fakta Qatar yang Wajib Kamu Tahu! thepointsguy.com

Pekerja yang berada di Qatar cukup dikatakan sangat makmur. Bagaimana tidak jika baik pekerja asli maupun tenaga asing semuanya dibebaskan dari pajak penghasilan. Alasan yang paling mungkin adalah karena negara Qatar sudah sangat berkecukupan. Jadi, tidak harus memungut pajak dari warga dan pekerja asing. 

Bahkan bank di Qatar semuanya terbebas dari unsur riba. Ketika di suatu momen penting seperti hari ulang tahun raja, pemerintah Qatar akan melunasi hutang rakyatnya.  

5. Beban kerja standar dan cuti panjang

Jadi Tuan Rumah FIFA 2022, Ini 5 Fakta Qatar yang Wajib Kamu Tahu! sdqholidays.com

Qatar merupakan surga bagi para pekerja, baik dari segi penghasilan maupun bebas pajak. Tak terkecuali perlakuan baik suatu perusahaan terhadap pekerjanya. Kerja yang diberikan suatu perusahaan kepada pekerja bisa dibilang standar dan tidak banyak menuntut.

Namun, apresiasi perusahaan terhadap pekerjanya sangatlah besar. Hal yang paling terlihat yaitu pada saat cuti, staf yang biasa saja umumnya akan mendapatkan cuti sampai  24 hari. Belum lagi dihitung dengan libur peringatan hari-hari besar.

Negara kecil yang terkenal kaya seperti Qatar sangat keren jika dipilih sebagi tuan rumah pada FIFA 2022. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Karya Seni Patung Proses Kelahiran Justru Menjadi Kontroversi di Qatar

Ismi Marfuah Photo Verified Writer Ismi Marfuah

“Be honest, be nice, be a flower not a weed.” ~Aaron Neville

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya