5 Eks Borussia Dortmund yang Saat Ini Bermain di Liga Asia

Ada yang bermain di Liga 1 Indonesia

Sebagai tim raksasa dan gudangnya pemain potensial, Borussia Dortmund pernah diperkuat oleh ribuan pemain berbeda. Pemain keluar-masuk tim berjuluk Die Borussen ini tiap musimnya.

Tak heran jika banyak mantan pemain Borussia Dortmund tersebar di banyak liga dunia, termasuk liga-liga di Asia. Terdapat eks Borussia Dortmund yang saat ini bermain di Liga Asia, termasuk Indonesia.

1. Paco Alcacer

5 Eks Borussia Dortmund yang Saat Ini Bermain di Liga AsiaPaco Alcacer (instagram.com/paco93alcacer)

Penyerang asal Spanyol, Paco Alcacer, pernah menjadi penyerang andalan Borussia Dortmund dari 2018 hingga 2020. Dalam kurun waktu 1,5 musim, ia sukses mencetak 26 gol dan 4 assist dari 47 laga.

Setelah itu, Alcacer sempat pindah ke Villarreal. Pada bursa transfer musim panas 2022, Paco Alcacer memilih memulai petualangannya di Sharjah FC di Liga Uni Emirat Arab. Padahal ia masih berusia 29 tahun dan punya potensi untuk bermain di tim besar Eropa.

2. Andrey Yarmolenko

5 Eks Borussia Dortmund yang Saat Ini Bermain di Liga AsiaAndrey Yarmolenko (bvb.de)

Selalu menjadi bayangan dari Michail Antonio sebagai penyerang utama West Ham United membuat Andriy Yarmonlenko bosan. Pada waktu yang bersamaan dengan Alcacer, penyerang asal Ukraina ini pun pindah ke Al-Ain FC di Liga Uni Emirat Arab.

Sebelum itu, Yarmolenko pernah setahun jadi bagian dari tim Borussia Dortmund. Dalam momen yang terjadi pada 2017/2018 ini, Yarmolenko hanya mampu mencetak 6 gol dan 5 assist dari 26 laga sebagai seorang penyerang.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia Dortmund

3. Mitchell Langerak

5 Eks Borussia Dortmund yang Saat Ini Bermain di Liga AsiaMitchell Langerak (bvb.de)

Mitchell Langerak merupakan kiper Borussia Dortmund yang mencatat 35 laga dari 2010 hingga 2015. Pemain asal Australia ini lebih sering menjadi pemain cadangan dari Roman Weidenfeller saat berkarier untuk Borussia Dortmund.

Sempat membela VfB Stuttgart dan Levante, Langerak pun mulai berkarier di Asia pada Januari 2018. Ia bergabung dan menjadi kiper utama dari Nagoya Grampus, tim raksasa yang berlaga di J-League.

4. Mitsuru Maruoka

5 Eks Borussia Dortmund yang Saat Ini Bermain di Liga AsiaMitsuru Maruoka (instagram.com/mitsurumaruoka)

Borussia Dortmund pernah diperkuat oleh beberapa pemain asal Jepang. Salah satunya ialah Mitsuru Maruoka, gelandang yang 2 tahun menjalani masa peminjaman di Borussia Dortmund dari Cerezo Osaka.

Sayang, ia jarang bermain di tim utama. Oleh karena itu, ia dikembalikan ke Cerezo Osaka dan tak dipermanenkan. Sejak awal 2022/2023, Mitsuru Maruoka telah berkarier di Liga 1 Indonesia bersama RANS Cilegon FC.

5. Park Joo Ho

5 Eks Borussia Dortmund yang Saat Ini Bermain di Liga AsiaPark Joo Ho (bvb.de)

Nama yang terakhir adalah Park Joo Ho, bek kiri berkebangsaan Korea Selatan yang saat ini menjadi kapten dari Suwon FC. Park Joo Ho pernah berkarier di Eropa bersama tiga tim berbeda, yakni FC Basel, FSV Mainz, dan Borussia Dortmund.

Untuk Borussia Dortmund, Park Joo Ho hanya mencatat 11 laga dengan torehan 1 gol dan 1 assist di laga resmi dalam kurun waktu 2 musim. Sedangkan, sisanya ia cukup sering bermain di tim kedua Borussia Dortmund di Regionalliga West.

Dengan reputasi sebagai mantan pemain di tim besar, pemain-pemain ini cukup diperhitungkan di klub yang mereka bela sekarang. Terlebih Borussia Dortmund merupakan tim raksasa yang jadi langganan Champions League.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Manchester City Atas Borussia Dortmund, Comeback!

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya