5 Produk Akademi FC Sochaux Terbaik yang Pernah Main di Bundesliga

Akademi Sochaux tak bisa dipandang sebelah mata

FC Sochaux-Montbeliard merupakan salah satu tim papan tengah di kasta kedua Liga Prancis. Memang tak banyak penggemar sepak bola menyoroti tim berlogo singa ini. Namun, faktanya, banyak pemain top lahir dari akademi tim ini.

Banyak dari mereka merantau ke luar Prancis, salah satunya Bundesliga. Hingga 2022, telah ada lima produk akademi FC Sochaux terbaik yang pernah main di Bundesliga

1. Jerome Roussillon

5 Produk Akademi FC Sochaux Terbaik yang Pernah Main di BundesligaJerome Roussillon (twitter.com/vflwolfsburg_en)

Jerome Roussillon merupakan produk akademi FC Sochaux dengan jumlah pertandingan terbanyak di Bundesliga. Pemain berposisi bek kiri ini mulai berkarier di Bundesliga pada 2019/2020 bersama VfL Wolfsburg.

Roussillon merupakan pemain andalan Wolfsburg. Ia sukses membukukan 103 laga dengan sumbangan 5 gol dan 9 assist hingga musim keempatnya di Bundesliga. Jauh sebelum itu, Roussilon pernah berada di tim akademi FC Sochaux selama 3 tahun (2009—2012).

2. Anthar Yahia

5 Produk Akademi FC Sochaux Terbaik yang Pernah Main di BundesligaAnthar Yahia (twitter.com/Anthar6Officiel)

Anthar Yahia merupakan angkatan tertua akademi Sochaux yang pernah berlaga di Bundesliga dalam daftar ini. Bek asal Alajazair tersebut ditempa selama 4 tahun (1996—2000) di akademi FC Sochaux sebelum jadi pemain profesional.

Terdapat dua tim yang pernah Yahia bela di Bundesliga. Tim tersebut adalah VfL Bochum (2007—2011) dan Kaiserlautern (2012—2013). Jika ditotalkan, Yahia sukses bermain dalam 102 laga dengan sumbangan 5 gol dan 2 assist di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!

3. Marcus Thuram

5 Produk Akademi FC Sochaux Terbaik yang Pernah Main di BundesligaMarcus Thuram (sempreinter.com)

Permainan apiknya dalam beberapa musim terakhir bersama Borussia Monchegladbach membuat Marcus Thuram sempat jadi sorotan. Anak dari Lillian Thuram ini sukses mencetak 21 gol dan 16 assist dari 81 laga di Bundesliga sejak bergabung dengan Gladbach pada awal musim 2019/2020.

Tak banyak yang tahu Marcus Thuram berasal dari akademi FC Sochaux. Pemain berposisi winger ini berada di tim junior Sochaux selama 3 tahun (2012—2015). Ia juga pernah bermain di tim senior selama 2 tahun (2015—2017).

4. Ibrahima Konate

5 Produk Akademi FC Sochaux Terbaik yang Pernah Main di BundesligaIbrahima Konate (premierleague.com)

Akademi FC Sochuax merupakan akademi terakhir yang ditempati Ibrahima Konate sebelum jadi pesepak bola profesional. Momen tersebut terjadi pada 2014 hingga akhirnya promosi ke tim utama pada 2016.

Bek yang saat ini bermain untuk Liverpool tersebut hengkang dari Sochaux untuk bergabung dengan RB Leipzig pada 2017. Selama 4 tahun kariernya di Bundesliga, Konate sukses mencatat 65 penampilan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist untuk Die Roten Bullen.

5. Maxence Lacroix

5 Produk Akademi FC Sochaux Terbaik yang Pernah Main di BundesligaMaxence Lacroix (twitter.com/lacroixmaxence)

Selain Jerome Roussillon, VfL Wolfsburg juga dibela produk akademi FC Sochaux lain. Sosok tersebut adalah Maxence Lacroix, bek Prancis berusia 22 tahun yang pernah berada di tim akademi Sochaux selama 3 tahun (2015—2018).

Lacroix benar-benar bermain apik selama 2 musim di Bundesliga. Ia dipandang sebagai bintang masa depan Timnas Prancis. Sejauh ini, Lacroix telah mencatat 1 gol dan 1 assist dari 59 laga di Bundesliga.

Tak semua pemain hebat berasal dari tim besar. FC Sochaux sukses mematahkan anggapan tersebut dengan produk akademi yang berhasil mereka lahirkan.

Baca Juga: 5 Striker Top Ini Pilih Bundesliga untuk Selamatkan Karier

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya