3 Bek Incaran Real Madrid pada Bursa Transfer Januari 2024

Los Blancos tengah alami krisis bek

Real Madrid tengah bersiap untuk memasuki pasar transfer pemain pada Januari 2024. Pemain yang dibutuhkan Los Blancos adalah bek tengah. Hal itu menyusul krisis yang dialami pada posisi tersebut disebabkan beberapa pemain yang cedera.

David Alaba mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) saat Real Madrid melawan Villarreal, Senin (18/12/2023). Pemain asal Austria tersebut menyusul Eder Militao yang juga menderita cedera serupa. Kini, Los Blancos hanya menyisakan dua bek senior di posisi tersebut, yakni Antonio Ruediger dan Nacho Fernandez.

Kehilangan dua bek tengah dalam waktu yang lama membuat manajemen akan mencari pengganti. Sejumlah pemain sedang dipantau terkait potensi direkrut. Siapa saja? Berikut tiga bek tengah yang menjadi incaran Real Madrid pada bursa transfer Januari 2024.

1. Raphael Varane berpotensi kembali bergabung dengan Real Madrid

3 Bek Incaran Real Madrid pada Bursa Transfer Januari 2024Raphael Varane (twitter.com/raphaelvarane)

Raphael Varane berpotensi bergabung kembali dengan Real Madrid pada Januari 2024. Bek berusia 30 tahun ini menghadapi kesulitan dalam 3 bulan terakhir bersama Manchester United. Pemain berpaspor Prancis ini kehilangan tempat utama akibat cedera yang membuatnya absen selama sebulan.

Manchester United sendiri terbuka untuk menjual Varane pada Januari 2024. Namun, hal itu dengan catatan ada pengganti yang bisa mengisi posisi tersebut dan harga yang sesuai. Nilai pasarnya saat ini berada di angka 25 juta euro atau Rp425 miliar. Pasalnya, meski menit bermain mulai berkurang, sang pemain masih dibutuhkan di lini pertahanan The Red Devils sebagai sosok berpengalaman. Potensi keluar bisa terjadi lebih cepat jika sang bek memang menginginkan untuk pergi dari Old Trafford.

Varane sendiri sebelumnya menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Real Madrid. Ia membela Los Blancos selama sedekade pada 2011–2021. Selama periode tersebut, ia telah mencatatkan 360 laga dengan mengoleksi 17 gol dan 7 assist. Jika ia menginginkan kembali, maka ia tak perlu teralalu banyak adaptasi karena tentunya Varane sudah mengenal betul kondisi tim Real Madrid. 

Baca Juga: Real Madrid Kian Merana, Bek Tengah Tinggal Satu!

2. Antonio Silva bisa diproyeksikan sebagai bek jangka panjang berkat kualitasnya

3 Bek Incaran Real Madrid pada Bursa Transfer Januari 2024Antonio Silva (instagram.com/antoniosilva.66)

Antonio Silva merupakan incaran Real Madrid sejak musim panas 2023 lalu. Manajemen memasukkannya ke dalam daftar incaran usai Eder Miliato menderita cedera ACL pada Agustus 2023. Namun, waktu yang mepet membuat mereka gagal mendatangkannya ke Santiago Bernabeu.

Atribut lengkap dimiliki oleh Silva sebagai sosok bek muda. Usianya baru 20 tahun, tetapi potensinya bisa terlihat melalui gaya bermainnya yang spartan. Pemain bertinggi 187 cm ini merupakan andalan di lini pertahanan Benfica. Sejak debutnya pada 2022 lalu, ia sudah bermain dalam 65 pertandingan di semua kompetisi dengan sumbangsih 6 gol.

Salah satu kendala jika ingin mendatangkan Silva adalah harga. Nilai pasarnya hanya 45 juta euro atau Rp764 miliar. Namun, ia baru saja meneken kontrak baru pada September 2023 dengan durasi hingga 2027. Klausul rilis yang dipasang Benfica bagi klub yang ingin membelinya adalah 100 juta euro atau setara Rp1,69 triliun. Jika Real Madrid berani merogoh kocek dalam untuk membawanya ke Santiago Bernabeu, maka kedatangannya tak sekadar menjadi pengganti, namun, ia bisa menjadi proyek jangka panjang untuk masa depan tim.

3. Leny Yoro masuk daftar buruan Real Madrid berkat permainan impresifnya bersama LOSC Lille

3 Bek Incaran Real Madrid pada Bursa Transfer Januari 2024Leny Yoro (instagram.com/lenyyoro)

Leny Yoro tengah menunjukkan penampilan mengesankan bersama LOSC Lille. Bek kelahiran Saint-Maurice ini mampu menembus tim utama berkat kualitasnya yang menonjol di akademi. Potensinya sebagai seorang bek tengah membuatnya menjadi buruan sejumlah klub elite Eropa pada bursa transfer Januari 2024. 

Real Madrid menjadi salah satu klub yang menginginkan jasa Yoro. Namun, Los Blancos harus bersaing dengan banyak klub yang juga mengincarnya. Chelsea, Liverpool, Manchester United, Paris Saint-Germain, dan Bayern Munich sudah lebih dulu menunjukkan ketertarikan. Kualitas pemain asal Prancis ini membuat para klub tersebut kepincut dan ingin merekrutnya.

Harga pasar sang pemain saat ini berada di angka 25 juta euro atau Rp424 miliar. Namun, LOSC Lille bisa menaikkan harganya dua kali lipat jika melihat peminat dari Yoro. Les Dogues menginginkan 50 juta euro atau Rp842 miliar bagi klub yang ingin membeli sang bek. Sejak debutnya pada 2022 lalu, ia telah terlibat dalam 36 penampilan di berbagai ajang.

Kehilangan dua pemain bertahan dalam waktu lama membuat Real Madrid mau tidak mau harus terjun ke pasar transfer. Pasalnya, jika tak merekrut bek tengah, mereka bakal kesulitan bersaing di beberapa kompetisi bakal kesulitan. Los Blancos masih berada di jalur juara LaLiga Spanyol dan bakal mentas di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Adanya bek tengah baru akan membantu tim untuk tetap tampil kompetitif. Menurutmu, siapakah yang akan merapat ke Santiago Bernabeu pada Januari 2024 nanti?

Baca Juga: 3 Presiden Klub Eropa yang Paling Getol Suarakan Super League

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya