5 Pertemuan Terakhir Chelsea dan Manchester City di EPL, Selalu Ketat!

Keduanya bakal saling bentrok pada pekan ke-12

English Premier League 2023/2024 akan memasuki pekan ke-12. Sederet pertandingan menarik akan tersaji. Salah satu laga yang ditunggu adalah Chelsea melawan Manchester City. Kedua tim bakal saling bentrok di Stamford Bridge pada Minggu (12/11/2023) pukul 23.30 WIB.

Duel ini selalu menyuguhkan pertarungan yang sengit. Jalannya pertandingan kerap tak bisa ditebak. Terlebih lagi, performa kedua tim sangat bertolak belakang dan jomplang pada awal musim ini. Manchester City saat ini menduduki puncak klasemen, sedangkan Chelsea masih terseok-seok dengan berada di urutan sepuluh.

Jelang pertemuan kedua tim, mari menilik lima pertemuan terakhir antara Chelsea dan Manchester City di ajang Premier League.

1. Chelsea menangi laga di kandang Manchester City pada pengujung 2020/2021

5 Pertemuan Terakhir Chelsea dan Manchester City di EPL, Selalu Ketat!Manchester City melawan Chelsea di Premier League 2020/2021. (premierleague.com)

Pada pekan ke-35 Premier League 2020/2021, Manchester City menjamu Chelsea di Etihad Stadium. Duel ini menentukan langkah The Citizens dalam perebutan gelar juara dengan sang rival sekota, Manchester United. Sementara itu, The Blues mengincar poin penuh untuk berebut posisi empat besar klasemen.

Duel berjalan sengit sejak awal laga. Manchester City bermain lebih dominan dan memecah kebuntuan melalui Raheem Sterling pada menit ke-44. Namun, Chelsea berhasil mencetak gol penyama melalui Hakim Ziyech pada menit ke-63. Laga berlangsung dramatis saat The Blues mencetak gol kemenangan di injury time. Marcos Alonso menjadi pahlawan kemenangan melalui golnya pada menit ke-90+2.

Kemenangan Chelsea ini membantu mereka untuk finis di empat besar. Bagi Manchester City, meski sempat terancam kehilangan gelar, mereka berhasil bangkit dan sukses merengkuh titel juara Premier League. Mereka mengumpulkan 86 poin, unggul jauh dari sang pesaing, Manchester United, yang finis di urutan kedua dengan mengoleksi 74 poin.

2. Pada awal 2021/2022, giliran Manchester City yang mengalahkan Chelsea di markasnya sendiri

5 Pertemuan Terakhir Chelsea dan Manchester City di EPL, Selalu Ketat!Chelsea melawan Manchester City di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Pertemuan Chelsea dan Mancheser City terjadi pada pekan ke-6 Premier League 2021/2022. Pertandingan ini berlangsung di Stamford Bridge. Kedua tim sama-sama bersaing ketat pada awal musim di papan atas.

Manchester City yang berstatus sebagai juara Premier League 2021/2022 diunggulkan. Namun, Chelsea saat itu masih belum terkalahkan dari lima laga awal sehingga duel berjalan dengan sengit. Gabriel Jesus menjadi pembeda dalam pertandingan ini. Berkat gol tunggalnya, The Citizens sukses menang dengan skor 1-0.

Bagi Chelsea, hasil ini tentu merugikan. Terlebih lagi, kekalahan ini merupakan yang perdana saat itu. Dukungan suporter gagal dimanfaatkan oleh The Blues untuk meraih kemenangan. Sebaliknya, kemenangan ini membawa Manchester City mengawali musim dengan baik dan berpengaruh terhadap laga-laga selanjutnya.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Selatan yang Memperkuat Chelsea pada 2023/2024

3. Manchester City catatkan 12 kemenangan beruntun saat mengalahkan Chelsea pada 2021/2022

5 Pertemuan Terakhir Chelsea dan Manchester City di EPL, Selalu Ketat!Manchester City melawan Chelsea di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Manchester City menjamu Chelsea pada lanjutan pekan ke-22 Premier League 2021/2022. Duel ini berlangsung di Etihad Stadium dan didominasi oleh sang tuan rumah. Laga ini berjalan dengan sengit sebab tim tamu memberikan perlawanan kuat.

Dominasi Manchester City terlihat saat menghadapi Chelsea. Namun, The Citizens hanya mampu menang 1-0. Satu-satunya gol dicetak oleh Kevin De Bruyne pada menit ke-70. Kemenangan tipis ini membantu pasukan Pep Guardiola untuk tetap berada di jalur juara. 

Berkat hasil laga ini, Manchester City mencatatkan penampilan impresif dengan 12 kemenangan beruntun. Performa mereka berhasil diteruskan dan sukses menjadi juara dengan perolehan 93 poin. The Citizens hanya unggul satu poin dari pesaing terdekat, Liverpool, yang mengumpulkan 92 poin. Sementara bagi Chelsea, mereka mengakhiri musim di peringat ketiga.

4. Manchester City kembali mengalahkan Chelsea pada 2022/2023

5 Pertemuan Terakhir Chelsea dan Manchester City di EPL, Selalu Ketat!Chelsea melawan Manchester City di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Manchester City mengunjungi Chelsea di Stamford Bridge pada pekan ke-19 Premier League 2022/2023. Pertemuan ini berlangsung dengan ketat dan berjalan sengit. Kedua tim sama-sama menyuguhkan pertarungan ngotot.

Sayangnya, Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah kesulitan membongkar pertahanan Manchester City. Mereka justru kalah dominan dari tim tamu yang bermain lebih nyaman. Gol Riyad Mahrez pada menit ke-63 menjadi pembeda dalam laga ini. The Citizens berhasil pulang dari London dengan tiga poin berkat kemenangan tipis 1-0.

Kemenangan ini menjadi penting bagi Manchester City yang saat itu bersaing di jalur juara bersama Arsenal. Tim besutan Pep Guardiola membuntuti The Gunners yang memuncaki klasemen dengan ketat. Adapun bagi Chelsea, kekalahan ini memperburuk posisi mereka di papan klasemen. The Blues terpuruk di peringkat 10 setelah mengawali musim dengan buruk akibat pergantian pelatih.

5. Manchester City merayakan juara Premier League 2022/2023 usai kalahkan Chelsea

5 Pertemuan Terakhir Chelsea dan Manchester City di EPL, Selalu Ketat!Manchester City (premierleague.com)

Chelsea melawat ke Etihad Stadium untuk menghadapi Manchester City pada pekan ke-37 Premier League 2022/2023. Pada laga ini, The Blues datang dengan kondisi pincang dan berada dalam performa inkonsisten. Hal itu berbanding terbalik dengan The Citizens yang bersiap melakukan perayaan juara.

Manchester City berhasil membuka keunggulan melalui Julian Alvarez pada menit ke-12. Setelah itu, tim tuan rumah kesulitan membongkar pertahanan Chelsea. Peluang mereka kerap kali digagalkan berkat solidnya pertahanan tim tamu. Alhasil, skor 1-0 tersebut sudah cukup membawa The Citizens meraih tiga poin.

Kemenangan ini sekaligus membawa Manchester City berpesta juara di Etihad Stadium. Skuad asuhan Pep Guardiola berhasil memenangi persaingan ketat sepanjang musim bersama Arsenal. Gelar ini menjadi ketiga secara beruntun bagi tim Manchester Biru. Bagi Chelsea sendiri, kekalahan ini membuat mereka terpuruk dan mengakhiri musim di peringkat 12. 

Jika melihat riwayat pertemuan di atas, Manchester City terlihat superior dibandingkan Chelsea. Mereka mendominasi dengan empat kali memenangi pertandingan. Kendati demikian, The Citizens tak pernah banyak mencetak gol ketika melawan The Blues dan selalu menang tipis. Duel keduanya nanti diprediksi akan kembali berjalan sengit. Siapakah yang kamu unggulkan?

Baca Juga: 3 Pemain Manchester City yang Dipinjamkan kepada Tim EPL 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya