4 Gelandang yang Direkrut RB Leipzig pada Musim Panas 2023

Fokus benahi lini tengah

RB Leipzig menjadi klub yang aktif pada musim panas 2023. Banyak pemain andalan yang dilepas Die Roten Bullen. Namun, manajemen juga merekrut beberapa nama baru untuk mengisi posisi yang ditinggalkan para pemain tersebut.

Sebanyak sepuluh pemain didatangkan ke Red Bull Arena untuk meningkatkan kualitas skuad. Menariknya, RB Leipzig fokus membenahi lini tengah tim. Dari para pemain yang direkrut tersebut, empat di antaranya berposisi sebagai gelandang. Siapa saja?

1. Xavi Simons dipinjam dari Paris Saint-Germain selama semusim

4 Gelandang yang Direkrut RB Leipzig   pada Musim Panas 2023Xavi Simons (rbleipzig.com)

Xavi Simons didatangkan RB Leipzig dengan status sebagai pemain pinjaman. Ia direkrut dari Paris Saint-Germain dan akan berada di Red Bull Arena untuk 2023/2024. Namun, peminjaman ini tidak disertai opsi pembelian pada akhir musim. 

Kedatangan Simons menambah kreativitas lini tengah RB Leipzig. Ia merupakan seorang gelandang serang yang produktif. Pada 2022/2023 lalu, ia menjalani masa peminjaman di PSV Eindhoven dan mampu berkembang pesat.

Pemain muda berusia 20 tahun ini berhasil membawa PSV finis di urutan kedua Eredivisie Belanda. Meski seorang gelandang, produktivitas golnya terbilang banyak. Ia berhasil membukukan 22 gol dan 12 assist dari 49 kali bertanding.

2. Fabio Carvalho juga datang dari Liverpool sebagai pemain pinjaman

4 Gelandang yang Direkrut RB Leipzig   pada Musim Panas 2023Fabio Carvalho (instagram.com/_fabio.10)

Fabio Carvalho menjalani 2023/2024 bersama RB Leipzig. Ia dipinjamkan Liverpool untuk mendapatkan menit bermain reguler. Hal tersebut menyusul perannya yang belum maksimal ketika berseragam The Reds.

Posisi Carvalho sendiri merupakan seorang gelandang serang. Usianya saat ini masih 21 tahun dan memiliki kualitas yang bisa diasah di RB Leipzig. Pada 2022/2023 lalu, ia bermain dalam 21 pertandingan di berbagai kompetisi bersama Liverpool.

Datangnya Carvalho ini bisa menjadi tambahan kedalaman skuad bagi RB Leipzig. Peran dominannya memang sebagai gelandang serang, tetapi ia bisa bermain di beberapa posisi. Ia dapat bermain sebagai gelandang sayap, winger, hingga striker. Kemampuan serbabisanya ini akan sangat berguna untuk Die Roten Bullen.

Baca Juga: 5 Bek Tengah Prancis Terakhir yang Membela RB Leipzig

3. Christoph Baumgartner diboyong dari Hoffenheim

4 Gelandang yang Direkrut RB Leipzig   pada Musim Panas 2023Christoph Baumgartner (instagram.com/baumi_14)

Christoph Baumgartner direkrut RB Leipzig dari sesama klub Jerman, TSG 1899 Hoffenheim. Ia ditebus dengan biaya transfer senilai 24 juta euro atau Rp394 miliar. Pemain asal Austria ini dikontrak selama 5 tahun, yang akan berlaku hingga 2028 mendatang.

Gelandang berusia 24 tahun ini merupakan lulusan akademi Hoffenheim. Baumgartner berhasil promosi ke tim utama pada Januari 2019 lalu. Ia menjalani debutnya pada 11 Mei 2019 saat melawan Werder Bremen di ajang Bundesliga Jerman.

Baumgartner tercatat membela Hoffenheim selama 4 musim. Dalam periode tersebut, ia bermain dalam 138 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia cukup produktif dengan torehan 30 gol dan 22 assist. Kualitas dan pengalamannya menjadi tambahan signifikan bagi RB Leipzig.

4. Nicolas Seiwald didatangkan dari RB Salzburg

4 Gelandang yang Direkrut RB Leipzig   pada Musim Panas 2023Nicolas Seiwald (instagram.com/nicolasseiwald)

Nicolas Seiwald bergabung bersama RB Leipzig dari RB Salzburg. Biaya 20 juta euro atau Rp329 miliar menjadi kesepakatan transfer kedua klub. Sang pemain akan diikat kontrak dengan durasi selama 5 tahun, yang berlaku hingga 2028 mendatang.

Pemain berusia 22 tahun ini sudah punya pengalaman bermain meski masih muda. Ia menjadi andalan lini tengah RB Salzburg sejak 2020 lalu. Gelandang asal Austria ini bermain dalam 108 pertandingan. Ia mampu menyumbang 5 gol dan menghasilkan 15 assist.

Kehadiran para gelandang anyar tersebut merupakan pengganti dari beberapa pemain yang hengkang. RB Leipzig melepas tiga gelandang andalannya pada musim panas 2023. Para gelandang di atas diharapkan bisa mengisi posisi yang ditinggalkan dan mampu bermain dengan impresif pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal RB Leipzig dari Ligue 1, Openda Pecahkan Rekor!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya