Kinerja 4 Bek Anyar Bologna hingga Paruh Musim 2023/2024

Berperan penting membawa I Rossoblu tampil kokoh

Bologna melakukan gebrakan di Serie A Italia 2023/2024. Setelah separuh musim berjalan, klub berjuluk I Rossoblu ini berhasil menembus empat besar di klasemen. Konsistensi yang ditunjukkan ini sukses membawa mereka bersaing kompetitif di papan atas.

Salah satu faktor yang membuat Bologna bisa memberi kejutan adalah keaktifan manajemen pada bursa transfer musim panas 2023. Sejak menunjuk Thiago Motta sebagai pelatih pada 2022 lalu, I Rossoblu berbenah. Manajemen banyak merekrut pemain sesuai kebutuhan.

Bologna merekrut sebelas pemain di berbagai posisi untuk memperkuat setiap lini. Salah satu sektor yang paling banyak kedatangan nama baru adalah bek. I Rossoblu memboyong empat pemain untuk memperkuat lini pertahanan. Siapa saja mereka dan bagaimana kinerjanya hingga paruh musim 2023/2024?

1. Stefan Posch menunjukkan penampilan impresif di posisi bek kanan

Kinerja 4 Bek Anyar Bologna hingga Paruh Musim 2023/2024Stefan Posch (instagram.com/stefaposxx)

Stefan Posch merupakan pemain yang dipermanenkan Bologna pada musim panas 2023. Sebelumnya, ia adalah pemain TSG Hoffenheim yang menjalani masa peminjaman selama 2022/2023. Catatan 31 penampilan dengan sumbangan 6 gol dan 1 assist pada musim lalu membuat manajemen memutuskan untuk membelinya.

Bologna menebusnya dari TSG Hoffeinheim dengan harga 5 juta euro atau Rp85 miliar. Posch dikontrak dengan durasi 3 tahun yang berlaku hingga 2026 mendatang. Sejauh ini, pemain asal Austria ini bermain apik di sisi kanan pertahanan. Ia sudah bermain 15 laga di semua ajang.

Baca Juga: Joshua Zirkzee, Didikan Bayern Munich yang Kini Tajam di Bologna

2. Sam Beukema mengomandoi lini pertahanan Bologna

Kinerja 4 Bek Anyar Bologna hingga Paruh Musim 2023/2024Sam Beukema (instagram.com/sambeukema)

Sam Beukema didatangkan Bologna dari PSV Eindhoven. Harga senilai 9 juta euro atau Rp153 miliar menjadi kesepakatan transfer kedua klub pada musim panas 2023 lalu. Pemain asal Belanda ini akan berada di Renato Dall'Ara Stadium hingga 2027 mendatang. 

Tak butuh waktu lama bagi Beukema untuk beradaptasi dengan sepak bola Italia. Ia mampu menjadi andalan di lini pertahanan Bologna. Peran vokalnya sebagai bek tengah membuatnya dipercaya turun dalam 17 pertandingan sejauh ini. Untuk sementara, ia juga sudah menyumbang 1 gol dan 1 assist.

3. Victor Kristiansen tampil menjanjikan di sektor bek kiri sebagai pemain pinjaman

Kinerja 4 Bek Anyar Bologna hingga Paruh Musim 2023/2024Victor Kristiansen (instagram.com/victorkristiansen34)

Victor Kristiansen menjalani masa peminjaman di Bologna selama 2023/2024. Pemain yang dipinjamn dari Leicester City ini dibutuhkan untuk menambah kedalaman skuad di sektor bek kiri. Ia merupakan salah satu bek muda potensial yang memiliki kualitas mumpuni.

Sejauh ini, pemain berpaspor Denmark ini sudah bermain dalam 14 pertandingan di berbagai kompetisi. Usianya masih 21 tahun, tetapi penampilannya terlihat menjanjikan. Jika bisa meneruskan konsistensi permainan yang ditunjukkan, maka peluang statusnya dipermanenkan terbuka lebar pada akhir musim mendatang.

4. Riccardo Calafiori bermain gemilang sebagai bek tengah

Kinerja 4 Bek Anyar Bologna hingga Paruh Musim 2023/2024Riccardo Calafiori (instagram.com/richycala)

Riccardo Calafiori merupakan pemain baru yang direkrut dari FC Basel pada musim panas 2023 lalu. Pemain bertinggi 188 cm ini dibeli dengan harga 4 juta euro atau Rp68 miliar. Ia dikontrak selama 4 tahun dan akan membela I Rossoblu hingga 2027 mendatang.

Pemain yang baru berusia 21 tahun ini bisa menunjukkan potensinya sebagai bek muda. Calafiori telah dipercaya tampil dalam 16 pertandingan di semua ajang. Kualitasnya yang cukup apik membuatnya bisa menjadi bek andalan di Bologna. 

Kontribusi yang ditunjukkan para pemain di atas mampu membawa Bologna kompetitif. Hingga paruh musim 2023/2024, peran mereka di lini pertahanan membatntu I Rossoblu baru kebobolan sebanyak 12 kali. Jumlah tersebut merupakan paling sedikit ketiga di Serie A Italia. Mampukah mereka meneruskan konsistensinya hingga akhir musim?

Baca Juga: 5 Pemain Bologna yang Jadi Andalan pada Paruh Musim Serie A 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya