Kinerja 4 Pemain Baru Arsenal pada Awal 2023/2024, Declan Rice Ciamik!

Ada yang langsung nyetel dengan tim

Arsenal tidak terlalu banyak membeli pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Namun, sejauh ini The Gunners mampu bersaing kompetitif pada awal 2023/2024. Perekrutan pemain yang tepat sesuai kebutuhan menjadi salah satu faktor konsistensi tim.

Ada empat pemain baru yang didatangkan ke Emirates Stadium oleh manajemen. Para pemain ini direkrut untuk menambah kedalaman skuad yang ada. Siapa saja dan seperti apa kiprahnya sejauh ini? Simak melalui ulasannya di bawah ini!

1. Declan Rice langsung nyetel dan jadi andalan di lini tengah Arsenal

Kinerja 4 Pemain Baru Arsenal pada Awal 2023/2024, Declan Rice Ciamik!Declan Rice (arsenal.com)

Arsenal bertaruh besar ketika mendatangkan Declan Rice dari West Ham United. Biaya transfer 105 juta pound sterling atau Rp2,01 triliun menjadi harga yang dikeluarkan The Gunners. Nilai fantastis tersebut tentu dibarengi dengan ekspektasi besar terhadap kualitas sang pemain.

Nyatanya, biaya mahal tersebut tidak mengecewakan. Rice mampu menunjukkan bahwa ada harga yang setara kualitas. Pemain berusia 24 tahun ini langsung nyetel dengan pola permainan tim. Ia diplot menjaga stabilitas lini tengah Arsenal dan berhasil melakukannya dengan baik. 

Tak cuma berperan penting menjaga permainan tim, Rice juga bermain produktif. Ia sudah mengemas 2 gol dan 2 assist dari 16 laga di semua ajang. Gelandang internasional Inggris itu bahkan sudah mempersembahkan trofi pada debutnya. Ia berhasil mengantarkan Arsenal menjuarai Community Shield pada awal 2023/2024 setelah mengalahkan Manchester City.

2. David Raya mampu menggeser Aaron Ramsdale di pos penjaga gawang

Kinerja 4 Pemain Baru Arsenal pada Awal 2023/2024, Declan Rice Ciamik!David Raya (arsenal.com)

David Raya direkrut Arsenal dari Brentford dengan status pinjaman. Kehadirannya diproyeksikan untuk memberikan persaingan di pos penjaga gawang yang dihuni Aaron Ramsdale sebagai pilihan utama. Secara perlahan, sang pemain mulai mengambil alih tempat tersebut. 

Pada awal kedatangannya, Raya masih kalah bersaing dengan Ramsdale. Namun, kiper asal Spanyol itu mampu unjuk kualitas. Ia saat ini lebih sering diturunkan berkat atribut bermainnya. Ia merupakan kiper yang bisa membantu tim membangun serangan dari lini belakang. 

Sejauh ini, Raya sudah dipercaya turun dalam 10 pertandingan di lintas ajang. Ia berhasil mencatatkan 5 clean sheets dan baru kebobolan 8 gol. Statistik ini menjadi modal berharga baginya untuk terus menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Arsenal untuk 2023/2024.

Baca Juga: Declan Rice Cedera, Mikel Arteta Was-was

3. Performa Jurrien Timber terhalang cedera ACL di awal musim

Kinerja 4 Pemain Baru Arsenal pada Awal 2023/2024, Declan Rice Ciamik!Jurrien Timber (arsenal.com)

Jurrien Timber harus disayangkan masih belum bisa menunjukkan performa terbaiknya bersama Arsenal. Dibeli seharga 34 juta pound sterling atau Rp653 miliar dari Ajax Amsterdam, ia terpaksa absen sejak awal musim. Ia menepi akibat cedera anterior cruciate ligament (ACL).

Cedera ACL yang menimpa Timber tersebut terjadi pada 12 Agustus 2023 di pekan perdana English Premier League 2023/2024. Bek asal Belanda ini menderita cedera tersebut pada lutut kanannya. Hal itu membuatnya absen selama beberapa bulan dan baru kembali pada 2024.

Timber sejatinya mempunyai kualitas sebagai bek muda. Potensinya terlihat ketika memainkan laga debut kompetitifnya bersama Arsenal. Ia membantu tim mengalahkan Manchester City di Community Shield. 

4. Kai Havertz masih kesulitan menunjukkan kualitas terbaiknya

Kinerja 4 Pemain Baru Arsenal pada Awal 2023/2024, Declan Rice Ciamik!Kai Havertz (twitter.com/premierleague)

Kai Havertz hingga saat ini masih belum bisa bertindak banyak bersama Arsenal. Didatangkan dari Chelsea dengan harga 65 juta pound sterling atau Rp1,25 triliun, ia belum menunjukkan kualitasnya. Dari 17 kali bertanding, pemain asal Jerman ini baru mengemas 1 gol dan 1 assist. 

Perannya sebagai gelandang serang masih memerlukan adaptasi. Jika menilik performanya di atas lapangan, maka kreativitasnya tidak terlalu menonjol. Hal ini yang membuat kiprahnya dikritik sebab dianggap tidak memberi dampak instan kepada Arsenal.

Kendati demikian, tidak diragukan lagi bahwa Havertz adalah pemain berkualitas. Seiring waktu, performanya akan membaik jika sudah beradaptasi dengan. Ia bisa menjadi pembeda dalam taktik yang diterapkan oleh pelatih Mikel Arteta berkat kemampuannya. 

Para pemain baru di atas menambah kedalaman skuad Arsenal untuk mengarungi musim kompetisi 2023/2024. Meskipun belum semuanya tampil padu bersama tim, tetapi potensi yang dimilikinya dapat membawa perubahan terhadap permainan tim. Kualitas mereka bisa membantu The Gunners bersaing di jalur juara.

Baca Juga: Kai Havertz Masih Loyo, Kena Cibir Fans Arsenal

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya