5 Kiper Tertua yang Bermain untuk Klub LaLiga pada 2023/2024

Pepe Reina ternyata masih prima!

Kiper menjadi salah satu peran krusial di dalam tim. Tugas mereka sebagai tembok terakhir pertahanan merupakan hal yang vital untuk mencegah kebobolan. Banyak pesepak bola yang bermain di posisi tersebut mempunyai jenjang karier yang panjang. 

Pasalnya, peran yang dimainkan kiper cenderung stabil dan tidak banyak bergerak seperti halnya pemain di posisi lain. Hal ini yang membuat banyak kiper top Eropa masih berkarier hingga usia 40 tahun. Meski sudah berumur, mereka masih diandalkan berkat kemampuan dan pengalamannya. 

LaLiga Spanyol 2023/2024 memiliki banyak kiper yang masih berkarier meski usia mereka tak lagi muda. Siapa saja dan bagaimana kiprah mereka? 

1. Pepe Reina masih dipercaya Villarreal meski sudah berusia 41 tahun

5 Kiper Tertua yang Bermain untuk Klub LaLiga pada 2023/2024Pepe Reina (instagram.com/preinaofficial)

Pepe Reina menjadi kiper tertua yang masih aktif bermain di LaLiga 2023/2024. Usianya kini sudah menginjak 41 tahun. Meski sudah tak lagi muda, ia masih dipercaya untuk mengawal gawang Villarreal. Pengalamannya penting untuk membuat tim tampil lebih kompetitif. 

Sejak bergabung pada 2022 lalu, Reina sudah bermain dalam 43 laga dengan 11 clean sheets. Periode ini merupakan yang kedua baginya membela Villarreal. Sebelumnya, ia pernah memperkuat The Yellow Submarine saat awal kariernya medio 2002–2005. Kala itu, ia mampu membuat 147 penampilan dengan catatan 55 clean sheets. 

Baca Juga: 5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024

2. Claudio Bravo menjadi andalan Real Betis pada usia 40 tahun

5 Kiper Tertua yang Bermain untuk Klub LaLiga pada 2023/2024Claudio Bravo (instagram.com/claudiobravo1)

Claudio Bravo menjadi salah satu pemain senior di skuad Real Betis. Saat ini, pemain asal Chile tersebut telah berusia 40 tahun. Namun, ia tetap menjadi andalan di bawah mistar gawang Los Verdiblancos. Pengalaman matangnya dibutuhkan di dalam maupun luar lapangan. 

Sejak bergabung pada 2020 lalu, Bravo telah terlibat dalam 74 pertandingan di seluruh kompetisi. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia mencatatkan 23 clean sheets. Jumlah kebobolannya pun terbilang tidak banyak, yakni hanya 81 kali. Salah satu peran pentingnya adalah membawa Real Betis menjuarai Copa del Rey pada 2021/2022 lalu. 

3. Ivan Cuellar datang ke RCD Mallorca saat usianya 39 tahun

5 Kiper Tertua yang Bermain untuk Klub LaLiga pada 2023/2024Ivan Cuellar (instagram.com/ivan_cuellar_1)

Ivan Cuellar merupakan pemain anyar RCD Mallorca yang bergabung pada musim panas 2023 lalu. Ia bergabung setelah kontraknya bersama klub kasta kedua Liga Spanyol, Sporting Gijon, habis. Pemain berusia 39 tahun ini dikontrak jangka pendek selama musim 2023/2024 oleh RCD Mallorca. 

Kehadirannya bertujuan untuk menambah kedalaman skuad di sektor kiper. Pemain kelahiran Merida, Spanyol, ini adalah sosok yang berpengalaman. Selain Sporting Gijon, ia pernah membela CD Leganes, SD Eibar, dan Atletico Madrid. Sejauh ini, ia baru memainkan satu laga bersama RCD Mallorca. 

4. Vicente Guaita dipercaya menjadi kiper utama Celta Vigo pada usia 37 tahun

5 Kiper Tertua yang Bermain untuk Klub LaLiga pada 2023/2024Vincente Guaita (instagram.com/vguaita_13)

Vicente Guaita memutuskan untuk pulang kampung ke Spanyol pada musim panas 2023. Setelah 5 tahun membela Crystal Palace di Inggris, ia kembali usai kontraknya habis. Ia lalu bergabung dengan Celta Vigo dengan kontrak 2 tahun yang berlaku hingga 2025 mendatang. 

Kiper berusia 37 tahun ini langsung menyegel posisi utama di bawah mistar gawang. Guaita telah memainkan 20 laga di seluruh kompetisi sejauh musim ini berlangsung. Ia mampu mencatatkan 5 clean sheets dengan kebobolan sebanyak 29 kali. Meski tak lagi muda, kualitasnya masih mumpuni dan membantu Celta Vigo berjuang menghindari jurang degradasi LaLiga.

5. Raul Fernandez bermain untuk Granada pada usia 36 tahun

5 Kiper Tertua yang Bermain untuk Klub LaLiga pada 2023/2024Raul Fernandez (instagram.com/raul_fernandez_1)

Raul Fernandez merupakan sosok penting di balik promosinya Granada ke LaLiga 2023/2024. Pada musim 2022/2023 lalu, ia membantu klub berjuluk Nazaries ini menjuarai Segunda Division atau kasta kedua Liga Spanyol. Ia tampil kokoh dengan bermain dalam 31 laga dengan catatan 16 clean sheets dan kebobolan 19 gol.

Sayangnya, pada musim ini Fernandez hanya menjadi kiper pelapis. Pemain berusia 36 tahun ini baru bermain sebanyak empat laga. Meski demikian, peran pentingnya sebagai pemain yang berpengalaman membantu kiper utama untuk bisa bermain apik. 

Para kiper di atas menunjukkan bahwa usia bukan menjadi halangan untuk tetap berkarier. Meski tidak semuanya tetap menjadi andalan, mereka tetap mempunyai peran penting. Sosoknya yang sarat pengalaman membuat mereka dibutuhkan untuk membantu deretan tim LaLiga yang mereka bela tampil kompetitif. 

Baca Juga: 3 Pemain Spanyol dalam Daftar Top Skor LaLiga dan LaLiga2 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya