5 Klub Big Six EPL Tunjuk Kapten Anyar untuk 2023/2024

Tanggung jawab besar menanti

English Premier League (EPL) 2023/2024 sudah berjalan. Sejumlah wajah baru menghiasi kasta teratas sepak bola Inggris. Klub-klub yang mendapatkan julukan Big Six juga memiliki hal baru. Bukan perihal kedatangan pemain anyar, tetapi klub-klub Big Six mempunyai kapten baru.

Hal tersebut menyusul kepergian pemain yang berstatus kapten klub pada musim panas 2023. Mereka kini punya pemimpin baru di atas lapangan. Namun, tidak semua dari Big Six memiliki kapten baru. Lantas, klub Big Six manakah yang berganti kapten?

Lima klub Big Six EPL tunjuk kapten anyar untuk 2023/2024.

1. Manchester United mendapuk Bruno Fernandes sebagai suksesor Harry Maguire

5 Klub Big Six EPL Tunjuk Kapten Anyar untuk 2023/2024Bruno Fernandes (premierleague.com)

Bruno Fernandes mendapatkan kepercayaan untuk menjadi kapten anyar Manchester United. Tugas tersebut diberikan setelah pelatih Erik ten Hag mencopot ban kapten dari Harry Maguire. Bek internasional Inggris itu juga dikabarkan bakal hengkang pada musim panas 2023.

Manchester United sendiri sudah beberapa kali dipimpin Bruno di beberapa laga pada 2022/2023 lalu. Tugas tersebut diembannya saat Harry Maguire absen dalam pertandingan. Pergantian kapten juga dibarengi dengan Maguire yang mulai jarang dimainkan. Tugas baru Bruno kini harus membawa Setan Merah berprestasi tanpa Maguire.

2. Liverpool memilih Virgil van Dijk menggantikan Jordan Henderson yang hijrah ke Al Ettifaq

5 Klub Big Six EPL Tunjuk Kapten Anyar untuk 2023/2024Virgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Jordan Henderson memutuskan untuk pergi dari Liverpool. Gelandang yang sudah membela The Reds selama 12 tahun itu hijrah ke Arab Saudi. Ia memilih bergabung bersama tim asuhan Steven Gerrard, Al Ettifaq.

Liverpool kemudian menunjuk Virgil van Dijk sebagai kapten. Bek berusia 32 tahun ini sudah beberapa kali memimpin tim saat Henderson absen. Selain itu, ia juga merupakan kapten Timnas Belanda sehingga pengalamannya sudah matang. Ia akan ditemani Trent Alexander-Arnold yang ditugaskan sebagai wakil kapten.

Baca Juga: 9 Tim Premier League 2023/2024 yang Dipimpin Kapten Baru

3. Chelsea memercayai Reece James sebagai kapten muda setelah hengkangnya Cesar Azpilicueta

5 Klub Big Six EPL Tunjuk Kapten Anyar untuk 2023/2024Reece James (chelseafc.com)

Reece James mendapatkan tanggung jawab besar dengan menjadi kapten anyar Chelsea. Pemain yang masih berusia 23 tahun itu menggantikan peran Cesar Azpilicueta. Bek Spanyol itu kebetulan memutuskan pergi ke Atletico Madrid pada musim panas 2023.

James sudah punya pengalaman memimpin tim. Pemain internasional Inggris ini pernah menjadi kapten saat di akademi Chelsea. Baik di luar pertandingan maupun saat di atas lapangan, ia menjadi sosok yang vokal. James tak segan beradu argumen demi melindungi rekan-rekannya. Hal tersebut berguna baginya untuk membawa The Blues kembali bersaing.

4. Son Heung Min menjadi kapten anyar Tottenham Hotspur

5 Klub Big Six EPL Tunjuk Kapten Anyar untuk 2023/2024Son Heung Min (tottenhamhotspur.com)

Son Heung Min didapuk sebagai kapten anyar Tottenham Hotspur. Hugo Lloris yang sebelumnya mengemban tugas tersebut kini mulai terpinggirkan dari skuad utama. Kiper asal Prancis itu juga tengah dikabarkan bakal hengkang pada musim panas 2023.

Pemilihan Son sebagai kapten juga dibarengi dengan hengkangnya Harry Kane. Striker internasional Inggris tersebut sebelumnya merupakan wakil kapten. Ia memutuskan untuk menjajal tantangan baru dengan pindah ke Bayern Muenchen. Son Heung Min lalu menggantikannya. Nantinya pemain asal Korea Selatan itu ditemani James Maddison dan Cristian Romero sebagai wakil kapten.

5. Manchester City menugaskan Kevin De Bruyne menggantikan Ilkay Guendogan

5 Klub Big Six EPL Tunjuk Kapten Anyar untuk 2023/2024Kevin De Bruyne (instagram.com/kevindebruyne)

Ilkay Guendogan memutuskan untuk tak memperpanjang masa kerjanya di Manchester City. Pemain internasional Jerman itu pergi ke Barcelona dengan status bebas transfer. Hal tersebut sekaligus mengakhiri kiprah impresifnya sebagai kapten The Citizens.

Menyusul kepergian Guendogan, Kevin De Bruyne secara otomatis naik tingkat sebagai kapten. Sebelumnya, ia adalah wakil kapten. Tidak ada pengumuman resmi tentang tugas penting tersebut. Tanggung jawab sebagai kapten langsung dijalaninya saat memimpin skuad Manchester City melawan Burnley pada laga perdana EPL 2023/2024. 

Satu-satunya klub dari Big Six EPL yang tidak berganti kapten adalah Arsenal. The Gunners sudah memberi ban kapten kepada Martin Odegaard. Gelandang muda asal Norwegia itu mulai menjalankan peran tersebut secara penuh pada 2022/2023 lalu.

Baca Juga: 7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal Inggris

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya